Jakarta Aman

Jakarta Aman

Untuk menciptakan Kota Jakarta yang lebih aman, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan PT Indonesia Lebih Aman meluncurkan aplikasi keamanan untuk warga Jakarta. Aplikasi Jakarta Aman dapat diunduh melalui App Store dan Google Play yang telah tersambung dengan aplikasi JAKI milik Pemprov DKI Jakarta. Pemanfaatan teknologi adalah solusi efektif untuk mewujudkan Jakarta yang aman. 

Jakarta Aman atau JakAman diluncurkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan didampingi Muhammad Fardhan dari PT Indonesia Lebih Aman pada 12 Maret 2019. JakAman dapat digunakan masyarakat untuk melaporkan tindak kejahatan atau siapa saja yang membutuhkan pertolongan. Sistem keamanan ini menjadi inovasi baru untuk meningkatkan rasa aman dan merespons cepat aduan darurat warga.

Fitur Lengkap untuk Keamanan dan Keselamatan Warga Jakarta

Untuk menanggapi aduan keamanan warga, JakAman dilengkapi dengan fitur-fitur yang sangat membantu warga dalam keadaan darurat. 

  • Tombol Darurat

Dalam aplikasi JakAman terdapat tombol merah besar bertuliskan “Darurat” sebagai panic button yang terhubung langsung dengan Call Center Jakarta Siaga 112, yang kemudian terhubung dengan Polisi, Dinas Pemadam Kebakaran, serta Ambulans. Tekan tombol darurat selama tiga detik ketika dalam keadaan darurat. Selain terhubung dengan 112, kondisi darurat tersebut akan tersiar ke pengguna lain yang berada di radius lima kilometer.

  • Lapor Keadaan Darurat

Jika warga Jakarta menemukan tindak kriminal, kecelakaan, kekerasan terhadap perempuan dan anak, darurat medis, serta gangguan ketenteraman dan ketertiban umum, gunakan fitur Lapor dengan memilih salah satu dari tiga kategori di JakAman (insiden, layanan publik berupa kebakaran, kecelakaan dan tindak kriminal, serta laporan pengemudi ojek daring), kemudian ambil foto kejadian dan deskripsikan. Petugas akan datang untuk menangani laporan. Warga dapat pula melihat laporan-laporan yang telah dibuat warga lain di Fitur Laporan Jakarta. 

  • Keluarga Aman

Keluarga Aman merupakan fitur untuk mengamati posisi anggota keluarga saat mereka sedang bepergian. Dengan begitu warga Jakarta dapat memastikan keamanan anggota keluarganya.

  • Komunitas Aman

Komunitas aman merupakan fitur Siskamling (Sistem Keamanan Lingkungan) digital. Gunanya mirip seperti grup chat yang berisi tetangga-tetangga tempat warga tinggal. Dengan adanya Siskamling digital, diharapkan warga dapat berperan menolong warga lain yang berada dalam bahaya, karena keamanan adalah tanggung jawab bersama. 

Jakarta yang Lebih Aman

Kota yang aman termasuk ke dalam salah satu indikator smart city, yaitu smart living, di mana pemerintah dan masyarakat harus berkolaborasi untuk menciptakan kota yang aman serta nyaman bagi semua. Mari unduh aplikasi Jakarta Aman yang telah terintegrasi dalam aplikasi JAKI dan mari bersama-sama menuju Jakarta yang lebih aman. 

Informasi Lebih Lanjut

Kunjungi

Web Jakarta Aman

Web Jakarta Smart City


Jakarta Smart City

Gedung Balai Kota DKI Jakarta, Blok B Lt. 3

Jalan Medan Merdeka Selatan No.8-9, Jakarta Pusat

(021) 3822255, smartcity@jakarta.go.id


Artikel Terkait