Transjakarta

Transjakarta

Dinas Perhubungan
Rabu, 24 Maret 2021, 17:27 WIB


Bus Rapid Transit (BRT) merupakan transportasi bus pertama di Asia Tenggara dan Selatan yang beroperasi sejak 2004 di Jakarta. BRT dirancang sebagai moda transportasi massal pendukung aktivitas Ibu Kota yang sangat padat. Jalur lintasannya terpanjang di dunia (251,2 km), serta memiliki 260 halte yang tersebar dalam 13 koridor. BRT yang awalnya beroperasi pukul 05.00-22.00 WIB, kini beroperasi 24 jam. PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) saat ini menjadi perusahaan transportasi yang mengelola sistem Bus Rapid Transit (BRT) di Jakarta. 

Cara Mengakses Bus Rapid Transit (BRT)

Awalnya, pelanggan hanya melakukan transaksi tiket dengan cara tap in saat masuk ke dalam halte. Sejak 17 Agustus 2016, pelanggan juga harus melakukan tap out saat keluar dari halte. Saldo uang elektronik hanya akan terpotong pada saat tap in (masuk ke halte). Tidak ada perubahan tarif setelah pemberlakuan tap out. Dengan melakukan tap out, penumpang sudah membantu TransJakarta mendapatkan data mengenai lokasi tujuan pelanggan. Data ini akan digunakan untuk memperbaiki rute dan pelayanan secara maksimal, sesuai dengan kebutuhan pelanggan TransJakarta.

Sejak 2013, sistem tiket di halte TransJakarta  menggunakan kartu elektronik (e-ticketing) sebagai pengganti uang tunai. Operator koridor tidak menerbitkan kartu tersebut, melainkan menggunakan kartu prabayar yang dikeluarkan oleh bank seperti BRI (BRIZZI), BCA (Flazz), BNI (Tapcash, Kartu Aku, dan Rail Card), Bank Mandiri (e-money, e-Toll Card, Indomaret Card, dan GazCard), Bank DKI (JakCard), serta Bank Mega (MegaCash). Pengisian saldo dapat dilakukan di ATM, bank-bank terkait, dan loket halte. Kecuali JakCard (Bank DKI) dan MegaCash (Bank Mega), kartu-kartu tersebut dapat digunakan pula sebagai tiket kereta Commuter Line.

Petunjuk Penggunaan Tiket

  • Pengguna e-ticket tidak perlu antre di loket halte, cukup dengan tap in di pintu masuk halte (barrier), lalu masuk ke dalam halte.

  • Apabila saldo habis, maka saat tap in pintu barrier tidak dapat diputar dan pengguna kartu dapat mengisi ulang di loket halte atau atm dan merchant yang bekerja sama dengan bank tersebut.

  • Semua penumpang TransJakarta melakukan tap out sebelum keluar halte tujuan akhir. Pelanggan tidak perlu tap untuk transit. Tap out hanya dilakukan di halte tujuan akhir.

Tarif TransJakarta

  • Pukul 05.00–07.00 WIB: Rp 2.000.

  • Pukul 07.00–24.00 WIB: Rp 3.500.

  • Pukul 24.00–05.00 WIB: Rp 3.500.

Keuntungan naik Bus Rapid Transit (BRT)

Masyarakat dapat langsung menikmati keuntungan dari penggunaan BRT Jakarta, di antaranya:

  • Tarif transportasi yang terjangkau murah.

  • Beroperasi 24 jam.

  • Terdapat bus khusus wanita.

  • Pemantauan CCTV di bus TransJakarta.

  • Menggunakan sistem GPS, sehingga armada dapat dilacak dan dipantau.

   

Mau Tahu Lebih Banyak BRT?

Silakan hubungi kontak BRT Transjakarta lewat instagram di @pt_transjakarta atau twitter ke @PT_TransJakarta untuk informasi lebih lanjut.

Artikel Terkait

Dinas Perhubungan

Dinas yang melaksanakan urusan perhubungan di Ibukota DKI Jakarta.