Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu

Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu
Jumat, 28 April 2023, 02:46 WIB

Kepulauan Seribu adalah bagian dari Kota/Kabupaten Administrasi di Provinsi DKI Jakarta yang merupakan satu-satunya wilayah gugusan pulau milik Jakarta. Kepulauan Seribu memiliki populasi sebanyak 29.008 jiwa di tahun 2022 dengan kepadatan penduduk 3.400,92 jiwa/km².

Letak wilayah Kepulauan Seribu berada pada posisi 106°19’30’’ - 106°44’50” Bujur Timur (BT) dan 05°10’00’’ - 05°57’00” Lintang Selatan (LS). Luas dari wilayah ini secara keseluruhan adalah 7.006,48km² dengan 8,98km² di antaranya merupakan daratan. Wilayah Kepulauan Seribu berkontribusi pada 1,31% dari total luas wilayah Provinsi DKI Jakarta. Wilayah ini sekaligus menjadi yang terkecil di Provinsi DKI Jakarta.

Kepulauan Seribu tercatat memiliki 113 (seratu tiga belas) pulau dengan 11 (sebelas) di antaranya berpenghuni. Penduduk Kepulauan Seribu tersebar di beberapa pulau seperti Pulau Untung Jawa, Pulau Pari, Pulau Harapan, dan Pulau Kelapa.

Taman Nasional Kepulauan Seribu merupakan wilayah konservasi alam bahari nasional. Taman nasional ini juga menjadi daya tarik wisata kepulauan di teluk Jakarta.

 Wilayah ini dikelilingi oleh lautan sepenuhnya dan berbatasan langsung dengan Laut Jawa dan Selat Sunda di sebelah utara, Laut Jawa di sebelah timur, dengan Kota Tangerang dan Jakarta Utara di sebelah selatan, serta Laut Jawa dan Selat Sunda di sebelah barat.

Pemerintahan

Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu dipimpin oleh seorang Bupati dan dibantu oleh Wakil Bupati. Bupati Kepulauan Seribu saat ini adalah Junaedi dan Wakil Walikota adalah Muhammad Fadjar Churniawan.

Wilayah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu memiliki 2 (dua) kecamatan dan 6 (enam) kelurahan. Adapun daftar dari dua kecamatan di Kepulauan Seribu adalah sebagai berikut:

  1. Kecamatan Kepulauan Seribu Utara (Memiliki 3 kelurahan)
  2. Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan (Memiliki 3 kelurahan)

Sejarah Singkat

Wilayah Kepulauan Seribu memiliki sejarah yang menarik dari beberapa wilayah Jakarta lainnya. Sebagai wilayah kepulauan, beberapa pulau memiliki jejak sejarah yang berbeda. Misalnya Pulau Kelor yang menjadi benteng pertahanan kolonial VOC pada abad ke-17. Kemudian Pulau Onrust yang menjadi tempat karantina Jemaah haji pada awal abad ke-20. 

Dahulu, Pulau Seribu menjadi tempat transit pelaut dari penjuru nusantara. Sehingga, pengaruh ragam budaya terjadi pada masyarakat kepulauan seribu. Salah satunya bisa dilihat dari masyarakat pulau seribu yang disebut sebagai ‘Orang Pulo’, yang memiliki logat serta budaya yang berbeda dari masyarakat di daratan Jakarta.

Informasi selengkapnya mulai dari profil, pemerintahan, hingga informasi terkini mengenai Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu bisa dilihat di sini.

Artikel Terkait

Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu

Kabupaten Administrasi mempunyai tugas membantu Gubernur dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan umum di wilayahnya, mengoordinasikan pelaksanaan tugas perangkat di wilayahnya, membina Kecamatan dan Kelurahan serta melaksanakan tugas lain yang diperintahkan Gubernur.

Skip to content

Halaman Perujuk: https://200.7.160.155/admivirtual/hgacor/