Sebagai salah satu kota dengan jumlah penduduk tebesar di dunia dan menjadi kota dengan pendapatan per kapita tertinggi di Indonesia, Jakarta menghadapi berbagai macam tantangan. Kian lama, Jakarta yang didaulat sebagai kota metropolitan membutuhkan solusi yang efetif dan efisien untuk kemakmuran seluruh warga Jakarta. Meski beberapa masalah telah teratasi dan tantangan zaman telah terjawab, Jakarta masih membutuhkan perbaikan dan selalu ada ruang untuk berkembang lebih baik lagi.
Dikembangkan untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi demi memaksimalkan pelayanan publik yang lebih efektif dan efisien, Jakarta Smart City mengadopsi konsep kota pintar dengan menerapkan 6 indikator, yaitu:
Smart Governance
Smart Economy
Smart Environment
Smart People
Smart Mobility
Smart Living
Teknologi dikembangkan, prosedur ditransformasi menjadi digital, akses dibuka lebar, Pemprov DKI Jakarta melebur dengan masyarakat, semua dilakukan agar Jakarta bisa lebih baik dan lebih ramah untuk membahagiakan warganya. Beberapa aplikasi dan layanan yang terintegrasi dengan Jakarta Smart City antara lain:
Akses 7717 closed-circuit television (CCTV) yang tersebar di seluruh penjuru Jakarta melalui portal Jakarta Smart City di smartcity.jakarta.go.id. Fasilitas keamanan ini memungkinkan warga dan aparat untuk memantau keamanan Jakarta sekaligus keadaan kota secara daring. Selain akses pada CCTV, portal Jakarta Smart City memuat peta informatif lainnya, seperti titik lokasi taman di Jakarta, lokasi Rumah Sakit, dan lain-lain. Portal ini juga memuat berbagai artikel blog yang berisi informasi terkini terkait Jakarta Smart City.
Jakarta Smart City juga mengembangkan sistem integrasi laporan yang berasal dari kanal pengaduan resmi Pemprov DKI Jakarta. Integrasi melalui Cepat Respon Masyarakat (CRM) memungkinkan tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menindaklanjuti laporan masyarakat secara cepat dan tepat.
JAKI or Jakarta Now is a Jakarta Smart City development application as an official information center for OPD and Regional Owned Enterprises (BUMD) of the DKI Jakarta Provincial Government. JAKI is also the center for the integration of all community services so that people only need one application to access all services in Jakarta. Currently, JAKI has several excellent features, namely:
JakWarta - the center of official and up-to-date news about Jakarta which is informed directly by the Jakarta SKPD / BUMD.
JakSiaga - a list of important numbers in Jakarta when you are in an emergency.
JakPangan - Information on food prices in Jakarta that is adjusted to the user's location
JakLapor - a channel for reporting and monitoring the progress of all non-emergency problems in Jakarta that is integrated with CRM.
JakRespons - a collection of complaints from DKI Jakarta residents who can be monitored together
JakPantau - a feature to monitor affected areas and important information about floods in Jakarta
JakSurvei - a space for the public to assess the performance of the DKI Jakarta Provincial Government for the services provided and to participate in official surveys.
JakISPU - a direct and accurate monitoring feature for the Jakarta Air Pollution Standard Index (ISPU) every day. This feature is integrated with the ISPU sensor of the Jakarta Environment Agency.
JakWifi -features to find out free wifi points in Jakarta
JakSekolahmu - easier access to learning from home
JakApps - a collection of public service applications made by the DKI Jakarta Provincial Government
JakCo - a shortcut to applications belonging to technology companies collaborating with the DKI Jakarta Provincial Government.
Footprint - a feature of utilizing information technology in handling Covid-19
In addition to continuing to develop and perfect JAKI features, Jakarta Smart City also provides space for aspirations for people who have ideas for developing JAKI through the JAKI Project.
Jakarta Smart City merupakan BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) di bawah Dinas Kominfotik Provinsi DKI Jakarta yang bertugas dalam penerapan konsep Smart City di Jakarta.