JakWifi

JakWifi

Jakarta Smart City
Jumat, 29 Januari 2021, 09:21 WIB

JakWIFI merupakan Program Internet untuk Semua yang diluncurkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada 28 Agustus 2020 secara virtual. Dengan menjunjung tinggi semangat kolaborasi, Pemprov DKI Jakarta bersama Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (Apjatel) dan PT Bali Towerindo Sentra (Molecool) berhasil meluncurkan program JakWIFI ini.

Tujuan JakWIFI

Pada awalnya, program JakWIFI dibuat untuk membantu para peserta didik dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dilakukan secara daring. Salah satu tujuan utama program ini adalah memudahkan para peserta didik yang tidak memiliki atau kesulitan mendapatkan akses internet, agar dapat melakukan PJJ dengan mudah. 


Namun, seiring perjalanan waktu, Program JakWIFI juga bertujuan membantu segala aktivitas secara daring yang dilakukan para pekerja dan pelaku UMKM di DKI Jakarta. Secara garis besar, Program JakWIFI hadir untuk mendukung konektivitas dan produktivitas masyarakat pada masa pandemi Covid-19, dengan menyediakan akses internet gratis di ribuan titik seluruh penjuru Ibu Kota. 

Tetapi, dukungan internet ini diharapkan dapat menjadi program jangka panjang yang tetap memberikan kemudahan konektivitas internet kepada warga, meskipun nanti pandemi sudah usai.

Bagaimana Cara Mengakses JakWIFI?

Program JakWIFI didesain agar mudah diakses oleh semua masyarakat. Untuk menikmati akses internet gratis dari JakWIFI, pengguna dapat menemukan lokasi access point (AP) dengan mudah melalui fitur JakWifi di aplikasi Jakarta Kini (JAKI).

Pengguna perlu mengunduh aplikasi JAKI terlebih dahulu dan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka Aplikasi JAKI di ponsel;

  • Pilih fitur JakWIFI;

  • Pastikan fitur GPS sudah dinyalakan. Lalu, kamu dapat mulai mencari titik-titik Wi-Fi publik yang telah disediakan oleh Pemprov DKI Jakarta melalui peta interaktif Jakarta di menu fitur;

  • Untuk mencari titik JakWifi terdekat, kamu dapat menekan tombol ‘pindai area ini’;

  • Setelah mendapatkan titik JakWifi terdekat dari posisi kamu sekarang, maka kamu dapat melanjutkan pengaksesan internet.

Terdapat beberapa informasi penting yang bisa didapatkan dalam fitur JakWifi sebagai berikut:

  • Lokasi Access Point yang tergabung dalam program JakWIFI;

  • Nama Access Point;

  • Titik kenal lokasi seperti Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), sekolah, dan lainnya; serta 

  • Penyedia jasa Wi-Fi yang tergabung dalam program JakWIFI.

JakWIFI Bersama Para Kolaborator

Pemprov DKI Jakarta dengan para kolaborator, yakni Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (Apjatel) dan PT Bali Towerindo Sentra (Molecool) telah meluncurkan 5.665 titik Wi-Fi publik yang dapat dimanfaatkan warga secara gratis. Sebaran titik Wi-Fi tersebut dapat dirincikan sebagai berikut: 

  • 1.497 lokasi JakWIFI yang disediakan langsung oleh Pemprov DKI Jakarta;

  • 4.155 lokasi yang disediakan oleh BaliTower; serta 

  • 13 lokasi yang disediakan oleh APJATEL.

Dari jumlah tersebut, Pemprov DKI Jakarta bersama para kolaborator menargetkan 9.413 titik JakWIFI untuk dibangun di seluruh DKI Jakarta. 

 

Artikel Terkait

Jakarta Smart City

Jakarta Smart City merupakan BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) di bawah Dinas Kominfotik Provinsi DKI Jakarta yang bertugas dalam penerapan konsep Smart City di Jakarta.