Bus Wisata Jakarta

Bus Wisata Jakarta

Dinas Perhubungan
Kamis, 18 Maret 2021, 09:25 WIB

Bus Wisata Jakarta atau Bus Jakarta Explorer merupakan bus tingkat gratis yang dikelola oleh PT Transportasi Jakarta. Sejauh ini sudah ada 22 bus tingkat yang dikelola sebagai sarana transportasi wisata yang dapat digunakan secara gratis oleh seluruh warga di ibu kota. 


Semua warga DKI Jakarta dan wisatawan dapat menggunakan Bus Wisata Jakarta untuk berkeliling ke tujuh rute yang berbeda dengan tema wisata yang bervariasi. Selain itu, Bus Wisata Jakarta ini beroperasi dengan menelusuri ikon dan landmark yang ada di kota Jakarta.    

Rute dan Waktu Operasional Bus Wisata Jakarta

Bus Wisata Jakarta memiliki 7 rute utama dengan tema dan waktu operasional yang bervariasi. Berikut jadwal operasional, rute dan tema setiap perjalanan dengan Bus Wisata Jakarta yang wajib kamu ketahui:

  • Rute Bus Wisata 1 - Sejarah Jakarta (History of Jakarta)

Para wisatawan atau masyarakat yang tertarik untuk berkunjung di beberapa tempat bersejarah Jakarta dapat mengikuti rute bus wisata pertama ini. Rute dimulai dari Halte Juanda, Masjid Istiqlal, Monas 2, Ikatan Restoran dan Taman Indonesia (IRTI) Monas, Balai Kota, Museum Nasional, Gedung Arsip, Museum Bank Indonesia (BI), Museum BNI 46, Masjid Jami Kebon Jeruk, dan Pasar Baru. Rute ini beroperasi setiap Senin-Sabtu pukul 10.00-18.00 WIB dan Minggu pukul 09.00-19.00 WIB. 


  • Rute Bus Wisata 2 - Jakarta Baru (Jakarta Modern)

Apabila kamu ingin melihat Jakarta dengan sisi modernnya, kamu bisa menggunakan Bus Wisata Jakarta pada rute kedua ini. Beberapa titik pemberhentian yang akan dilalui antara lain Monas 1, Monas 2, IRTI, Balai Kota, Sarinah, Plaza Indonesia (PI), Menara Topas, Museum Nasional, Pecenongan, Pasar Baru, dan Juanda/Istiqlal. Jadwal operasi rute kedua ini adalah Senin-Sabtu pukul 10.00-18.00 WIB dan Minggu pukul 12.00-19.00 WIB. 


  • Rute Bus Wisata 3 - Kesenian dan Kuliner (Art & Culinary)

Bagi wisatawan atau pengguna Bus Wisata Jakarta yang tertarik dengan kesenian dan kuliner khas Jakarta, mereka dapat berwisata dengan memilih rute ketiga ini. Tema dengan rute ketiga ini akan dimulai dari Monas 2, IRTI, Balai Kota, Museum Nasional, Gedung Arsip, Museum BI, BNI 46, Masjid Kebon Jeruk, Pasar Baru, dan Juanda/Istiqlal. Rute ini hanya ada setiap Sabtu pukul 10.00-23.00 WIB. 


  • Rute Bus Wisata 4 - Pencakar Langit Jakarta (Jakarta Skyscrapers)

Jakarta merupakan kota sejarah yang juga dikenal sebagai kota metropolitan dengan gedung-gedung pencakar langit. Wisatawan bisa berkunjung ke sana dengan menggunakan Bus Wisata Jakarta yang beroperasi pada setiap Senin-Sabtu pukul 10.00-18.00 WIB dan Minggu pukul 12.00-19.00 WIB. Titik pemberhentian yang akan dilalui rute keempat ini adalah Monas 1, Monas 2, IRTI, Balai Kota, Sarinah, Wisma Nusantara, Tosari 1, Dukuh Atas 3, Karet Sudirman 1, GBK 1, Bundaran Senayan 2, FX Sudirman, GBK 2, Aquatic Stadium, Istora, GBK Pintu 7, Tosari 2, Plaza Indonesia, Sarinah 2, Museum Nasional, Pecenongan, Pasar Baru/GKJ, dan Juanda/Istiqlal. 


  • Rute Bus Wisata 5 - Ruang Terbuka Jakarta (Jakarta Open Space)

Meskipun dikenal sebagai kota metropolitan, Jakarta juga memiliki beberapa titik ruang terbuka yang bisa dikunjungi para wisatawan. Beberapa titik pemberhentian rute bus wisata kelima ini antara lain Tosari, Bundaran HI, Sarinah, IRTI, Balai Kota, Sarinah, Tosari, dan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo. Rute ini beroperasi selama Senin-Jumat pukul 10.00-18.00 WIB, Sabtu pukul 10.00-23.00 WIB, dan Minggu pukul 12.00-19.00 WIB. 


  • Rute Bus Wisata 6 - Cagar Budaya Jakarta (Jakarta Heritage)

Para wisatawan juga dapat mengunjungi cagar budaya di Jakarta dengan    memilih rute bus wisata keenam yang beroperasi setiap Sabtu-Minggu pukul 10.00-19.00 WIB. Rute ini melewati Monas 2, Monas 1, IRTI, Balai Kota, Sarinah, Tosari, Makam Mbah Priok, Tosari, Bundaran HI, Sarinah, dan Juanda/Istiqlal. 


  • Rute Bus Wisata 7 - Belanja Jakarta (Jakarta Shopping

Bus Wisata Jakarta rute ketujuh dapat memudahkan para wisatawan untuk berbelanja di Jakarta. Bus ini melewati rute Sarinah 2, IRTI, Balai Kota, Sarinah 1, Wisma Nusantara, Tosari 1, Dukuh Atas 3, Karet Sudirman 1, Lapangan Panahan, Plaza Sentral, Istora Senayan, Plaza Senayan, Senayan City, Karet Sudirman 2, Dukuh Atas 4, Stasiun Sudirman 2, Tosari 2, serta Plaza Indonesia. Bus ini beroperasi setiap Senin-Jumat pukul 10.00-18.00 WIB dan Sabtu pukul 10.00-22.00 WIB.

Kontak Layanan Bus Wisata Jakarta

Jika kamu memiliki pertanyaan ataupun informasi mengenai layanan Bus Wisata Jakarta, kamu bisa menghubungi beberapa kontak di bawah ini: 


Call Center : 1500102

Website www.transjakarta.co.id

Twitter : @pt_transjakarta

Facebook : PT.TransportasiJakarta

Instagram : @pt_transjakarta

Email naektije@transjakarta.co.id.


Dengan menggunakan Bus Wisata Jakarta, para wisatawan dapat berkeliling kota Jakarta dengan aman, nyaman, dan tentunya gratis. Yuk, keliling Jakarta dengan bus wisata Transjakarta #JakartaExplorer!

Artikel Terkait

Dinas Perhubungan

Dinas yang melaksanakan urusan perhubungan di Ibukota DKI Jakarta.