Jaklingko

Jaklingko

Dinas Perhubungan
Minggu, 21 Maret 2021, 21:27 WIB

Sekilas PT Jaklingko Indonesia

JakLingko Indonesia merupakan perusahaan patungan antara PT MRT Jakarta (Perseroda), PT Jakarta Propertindo (Perseroda), PT Transportasi Jakarta dan PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek.


Jaklingko Indonesia mengintegrasikan sistem pembayaran, tarif dan rute di MRTJ, Transjakarta, LRT (Jakpro), KCI, dan Railink.


JakLingko Indonesia mulai dicanangkan pada 15 Juli 2020 oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Menteri BUMN RI dan Menteri Perhubungan RI pada seremoni pendatanganan Shareholders Agreement (SHA) oleh para pemegang saham.


Berdasarkan Pergub DKI Jakarta Nomor 63 Tahun 2020 Tentang Penugasan Kepada BUMD untuk menyelenggarakan Sistem Integrasi Pembayaran Antar Moda Transportasi.


Filosofi JakLingko

Jaklingko merupakan sistem transportasi terintegrasi baik rute, manajemen, maupun pembayarannya. Integrasi ini meliputi bis besar, medium, dan kecil. Transjakarta, juga transportasi berbasis rel seperti MRT dan LRT.


Nama Jak Lingko diambil dari dua makna kata, yaitu Jak yang berarti Jakarta dan Lingko yang bermakna jejaring atau integrasi (diambil dari sistem persawahan tanah adat di Manggarai, Nusa Tenggara Timur).


Keuntungan Menggunakan Jak Lingko

  • Rute yang jelas dan terpetakan.

  • Moda transportasi Jak Lingko meliputi bus kecil (angkot), bus medium, dan bus besar yang bekerja sama atau dikelola dan terawasi oleh BUMD, PT Transportasi Jakarta.

  • Sistem cashless dengan tarif maksimal Rp 5.000 per tiga jam khusus untuk transportasi berbasis jalan.

  • Sopir dan awak bus yang terstandar dan terlatih.

  • Terintegrasi dengan MRT dan LRT Jakarta.

Lihat Cara Jak Lingko Bekerja

Menggunakan kartu Jak Lingko, Anda bisa berkeliling Jakarta hingga naik turun moda transportasi umum dengan tarif yang sama, yaitu Rp 5.000 saja! Misalnya, Anda bepergian menggunakan bus TransJakarta pukul 07.05, lalu berganti ke angkot yang sudah berlogo Jak Lingko pukul 08.30, dan kembali naik bus TransJakarta pukul 10.00, maka saldo dalam kartu Jak Lingko Anda akan berkurang Rp 5.000. Dengan kata lain, meski dengan moda transportasi yang berbeda, jika Anda menggunakan kartu Jak Lingko yang sama selama tiga jam, saldo Anda hanya akan berkurang maksimal Rp 5.000 saja.

Fakta Jak Lingko

  • Punya sekitar 46 trayek bus kecil Jak Lingko yang semuanya dapat Anda cek di sini (kode JAK).

  • Terintegrasi dengan bus rapid transit TransJakarta, MRT, dan LRT.

  • Kartu dapat dibeli di halte TransJakarta yang terintegrasi dengan rute bus kecil Jak Lingko.

Mau Tahu Lebih Banyak?

Kunjungi laman frequently asked questions berikut ini untuk tahu lebih banyak tentang Jak Lingko atau hubungi call center Transjakarta 1500-102. Jika punya saran atau kritik mengenai Jak Lingko, silakan mention ke akun Twitter resmi Transjakarta  @PT_Transjakarta, Pemprov DKI Jakarta @DKIJakarta, MRT Jakarta @mrtjakarta, LRT Jakarta @lrtjakarta, atau Jakarta Smart City @JSCLounge.

Artikel Terkait

Dinas Perhubungan

Dinas mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan Bidang perhubungan.

Skip to content
GPR Widget