Jakarta Equestrian Park

Jakarta Equestrian Park

Dinas Pemuda dan Olahraga
Selasa, 23 Maret 2021, 17:31 WIB

Jakarta International Equestrian Park atau Taman Berkuda International Jakarta merupakan arena olahraga berkuda yang berlokasi di Pulomas, Jakarta Timur, DKI Jakarta. Taman berkuda ini berada di lahan seluas 35 hektar dan dapat menampung sekitar 1500 orang. Taman berkuda ini memiliki standar internasional dan merupakan fasilitas berkuda terbesar se-Asia, sehingga sangat cocok untuk menjadi rumah bagi pertandingan berkuda tingkat nasional maupun Internasional.

Fasilitas-Fasilitas

Setiap fasilitas yang tersedia di taman berkuda ini sudah memenuhi standar internasional. Rancangan dan spesifikasi fasilitasnya juga mengacu pada persyaratan internasional sesuai buku panduan yang dikeluarkan oleh Federasi Equestrian Internasional (FEI) tentang Equestrian Venues and Operational Requirements edisi Januari 2015. Selain itu, Kualitas standar internasional lainnya dibuktikan dengan adanya sertifikasi dari Organisasi Dunia untuk Kesehatan Hewan (World Organisation for Animal Health).


Jakarta International Equestrian Park yang ramah disabilitas ini memiliki arena utama pacuan kuda, tribun utama dengan empat lantai. Di kompleks ini terdapat 156 kandang kuda dua lantai, rumah sakit kuda, kandang isolasi, ruang makan, asrama, dan kantor manajemen. Selain fasilitas utama tersebut, terdapat juga fasilitas  pelengkap, seperti ruang konferensi pers, media & broadcasting, announcer box & judges room, mushola, toilet, ruangan untuk federasi equestrian.


Lengkapnya fasilitas di sarana olahraga berkuda yang sudah bertaraf internasional ini membuat sarana ini menjadi tempat yang pas dan ideal untuk menyelenggarakan kejuaraan dan kompetisi berkuda, baik tingkat lokal maupun mancanegara.  Pada Asian Games 2018, Sarana ini juga telah digunakan untuk pertandingan cabang olahraga berkuda. 

Terbuka untuk Umum

Selain untuk kompetisi pacuan kuda, Jakarta International Equestrian Park juga terbuka untuk umum. Dengan Equine Education, sarana berkuda ini menyediakan program pelatihan berkuda untuk umum. Selain itu, pengunjung bisa membeli peralatan dan perlengkapan untuk kegiatan berkuda. 

Informasi lebih lanjut kunjungi jakartaequestrian.com


Artikel Terkait

Dinas Pemuda dan Olahraga

Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta adalah dinas yang menyusun rencana kerja, merumuskan kebijakan teknis, serta melaksanakan pembinaan, pemberdayaan, dan pengembangan urusan kepemerintahan di bidang kepemudaan dan olahraga.