Jakarta Tanggap Covid-19

Jakarta Tanggap Covid-19

Jakarta Smart City
Sabtu, 10 April 2021, 05:52 WIB

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ikut bergerak dan cepat tanggap dalam menghadapi pandemi Covid-19. Berbagai kebijakan dan usaha-usaha untuk menghadapi pandemi Covid-19 terus dilakukan. Sebagai bentuk keterbukaan informasi terkait penanganan pandemi COvid-19 di Jakarta, Pemprov DKI Jakarta meluncurkan sebuah portal web Jakarta Tanggap Covid-19 yaitu corona.jakarta.go.id.


Dalam portal ini, warga dapat mendapatkan Berbagai informasi mengenai COVID-19 seperti informasi dasar penyakit, gejala, pemeriksaan mandiri, dan berbagai informasi lainnya, di antaranya:



Berbagai Data Covid-19

Keterbukaan akses data terkait Covid-19 dihadirkan selengkap-lengkapnya melalui menu data. Adapun data yang dihadirkan, yaitu data pemantauan Covid-19, data ketersediaan tempat tidur, data visualisasi dan terminologi lama. 



Berbagai Peta Kasus Covid-19


Penyajian data Covid-19 juga ditampilkan dalam bentuk peta, yaitu peta kasus berupa titik lokasi penyebaran Covid-19 di setiap kelurahan DKI Jakarta, peta kronologis dan persebaran,  peta zona pengendalian RT dan RW.



Berbagai Informasi Kolaborasi

Untuk sama-sama bekerja sama mengatasi Covid-19 dan dampaknya bagi berbagai sektor kehidupan, Pemprov DKI Jakarta mengundang kolaborator-kolaborator dari warga yang ingin berbagai untuk warga lain yang membutuhkan. Kolaborasi ini disebut dengan Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB). Pada menu kolaborasi terdapat informasi mengenai dasbor kolaborasi, platform kolaborasi, kolaborator yang terlibat dan berbagai jenis KSBB yang dilaksanakan.

Informasi Bantuan sosial

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka informasi terkait pendistribusian bantuan sosial selama masa pandemi Covid-19 di Jakarta untuk membantu warga mendapatkan BST dengan mudah. 

Informasi Aplikasi Uji Risiko Covid-19 Mandiri

Di dalam web corona.jakarta.go.id terdapat informasi mengenai CLM yaitu Corona Likelihood Metric (CLM). Fitur ini merupakan pengujian atau screening mandiri berteknologi machine learning. CLM ditujukan untuk membantu warga dalam mengukur risiko kemungkinan positif Covid-19 dan merekomendasikan apa yang harus dilakukan.



Informasi Vaksinasi

Kini, tahap vaksinasi untuk memutus mata rantai pandemi sudah di depan mata. Menu vaksinasi ditujukan untuk edukasi pada warga terkait vaksinasi Covid-19 dan bagaimana mendapatkan vaksinasi Covid-19 di Jakarta. 



Berbagai Informasi Umum

Untuk selalu up-to-date dengan perkembangan Covid-19 di Jakarta, menu Informasi di portal Jakarta Tanggap Covid-19 menghadirkan kebijakan pemerintah selama pandemi, kajian, publikasi, artikel, FAQ, dan kontak. 


Artikel Terkait

Jakarta Smart City

Jakarta Smart City merupakan BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) di bawah Dinas Kominfotik Provinsi DKI Jakarta yang bertugas dalam penerapan konsep Smart City di Jakarta.