Kota Administrasi Jakarta Barat

Kota Administrasi Jakarta Barat

Kota Administrasi Jakarta Barat
Jumat, 28 April 2023, 02:47 WIB

Jakarta Barat adalah bagian dari Kota/Kabupaten Administrasi di Provinsi DKI Jakarta yang terletak di bagian barat daratan Jakarta. Jakarta Barat memiliki populasi sebanyak 2.568.330 jiwa di tahun 2021 dengan kepadatan penduduk 19.975,13 jiwa/km².

Letak wilayah Jakarta Barat berada antara 106° - 48° sampai 60° - 12° Lintang Utara. Luas dari wilayah ini adalah 129,54km² yang berkontribusi pada 19,51% dari total luas wilayah Provinsi DKI Jakarta.

Jakarta Barat terkenal sebagai wilayah dengan banyak peninggalan bersejarah di Jakarta. Kawasan Kota Tua menjadi bukti peninggalan era kolonial Belanda di Jakarta. Keanekaragaman budaya sangat kental dirasakan di Jakarta Barat, salah satunya dibuktikan dengan adanya kawasan pecinaan di Glodok.

Wilayah Jakarta Barat berbatasan dengan beberapa wilayah Kota Administrasi Provinsi DKI Jakarta serta beberapa kota di Provinsi Banten. Bagian utara berbatasan dengan Jakarta Utara dan Kota Tangerang, bagian timur dengan Jakarta Utara dan Jakarta Pusat, bagian selatan dengan Jakarta Selatan dan Kota Tangerang, dan bagian barat dengan Kota Tangerang.

Pemerintahan

Kota Administrasi Jakarta Barat dipimpin oleh seorang Walikota dan dibantu oleh Wakil Walikota. Walikota Jakarta Barat saat ini adalah Uus Kuswanto dan Wakil Walikota Hendra Hidayat.

Wilayah Kota Administrasi Jakarta Barat memiliki 8 (delapan) kecamatan dan 56 (lima puluh enam) kelurahan. Adapun daftar dari kedelapan kecamatan di Jakarta Barat adalah sebagai berikut:

  1. Kecamatan Cengkareng (Memiliki 6 kelurahan)
  2. Kecamatan Grogol Petamburan (Memiliki 7 kelurahan)
  3. Kecamatan Taman Sari (Memiliki 8 kelurahan)
  4. Kecamatan Tambora (Memiliki 11 kelurahan)
  5. Kecamatan Kebon Jeruk (Memiliki 7 kelurahan)
  6. Kecamatan Kalideres (Memiliki 5 kelurahan)
  7. Kecamatan Palmerah (Memiliki 6 kelurahan)
  8. Kecamatan Kembangan (Memiliki 6 kelurahan)

Sejarah Singkat

Jakarta Barat adalah wilayah yang terkenal akan peninggalan bangunan bersejarah dan masyarakat yang multikultur. Pada masa kolonial, wilayah ini dijadikan titik pembangunan gedung pemerintahan, sehingga menyimpan banyak bangunan bersejarah dengan arsitektur Belanda. Kawasan Kota Tua yang menyimpan banyak museum sebagai situs bersejarah berlokasi di wilayah ini.

Selain menjadi lokasi pemerintahan kolonial, wilayah ini juga dikenal sebagai tempat permukiman masyarakat Tionghoa. Ragam budaya yang berlokasi di tempat ini menjadikannya sebagai wilayah dengan tingkat heterogenitas yang tinggi dan simbol kerukunan beragama di Jakarta.

Sejak tahun 1966, Jakarta Barat mendapatkan status otonomi khusus sebagai Kota Administrasi yang merupakan bagian dari Provinsi DKI Jakarta. Status tersebut ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 1978 tentang Pembentukan Wilayah Kota dan Kecamatan dalam Wilayah Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Informasi selengkapnya mulai dari profil, pemerintahan, hingga informasi terkini mengenai Kota Administrasi Jakarta Barat bisa dilihat di sini.

Artikel Terkait

Kota Administrasi Jakarta Barat

Kota Administrasi mempunyai tugas membantu Gubernur dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan umum di wilayahnya, mengkoordinasikan pelaksanaan tugas perangkat di wilayahnya, membina kecamatan dan kelurahan serta melaksanakan tugas lain yang diperintahkan Gubernur.

Skip to content

slot gacorhttps://formppid.kemenpora.go.id/__captcha/__demo/slot