LRT Jakarta

LRT Jakarta

Dinas Perhubungan
Senin, 24 Juli 2023, 03:51 WIB

LRT Jakarta adalah jawaban dari cita-cita transportasi publik terpadu berbasis rel di Jakarta. Biasa disebut sebagai Light Rail Transit (LRT) atau Lintas Rel Repadu, LRT Jakarta menjadi transportasi publik pertama di Indonesia yang menggunakan sistem articulated bogie, memungkinkan kereta melaju dengan aman di kontur trek yang ekstrem sekalipun. Sehingga, Anda akan merasakan kenyamanan saat menaiki LRT Jakarta. 

Sebagai transportasi rendah karbon dan ramah lingkungan, LRT Jakarta menjadi salah satu moda transportasi untuk menekan emisi karbon di Jakarta. LRT Jakarta berada di bawah pengelolaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, yaitu PT Jakarta Propertindo (Perseroda) atau JakPro.

Tarif: Rp5.000

Jam Operasional: 06.00 – 22.00 WIB

Jangkauan: Jakarta Timur – Jakarta Utara (Tahap 1)

Jumlah Stasiun: 6 Halte (Tahap 1), yaitu:

  1. Stasiun Pegangsaan Dua, Kelapa Gading
  2. Stasiun Boulevard Utara
  3. Stasiun Boulevard Selatan
  4. Stasiun Pulomas
  5. Stasiun Equestrian
  6. Stasiun Velodrome

Lintasan LRT Jakarta

Rute LRT Jakarta tahap 1 saat ini memiliki lintasan rel sepanjang 5,8 km di 6 (enam) stasiun yang membentang dari Stasiun Pegangsaan Dua, Kepala Gading hingga Stasiun Velodrome, Rawamangun.

Nantinya, rute LRT akan diperpanjang dalam Fase 2 yang dibagi menjadi Fase 2A (Kelapa Gading – Jakarta International Stadium (JIS) sepanjang 7,5 Km dan Fase 2b (Velodrome – Manggarai) sepanjang 5,9 Km.

Rangkaian LRT Jakarta melaju dengan kecepatan rata-rata 50 km/jam dan bisa mencapai kecepatan hingga 90 km/jam. Dengan lintasan yang terintegrasi dengan beberapa moda transportasi darat, Anda bisa menghemat waktu perjalanan 13 – 15 menit.

Metode Pembayaran

Untuk menggunakan layanan LRT Jakarta, Anda bisa menggunakan Kartu Uang Elektronik (KUE). Kartu Ulang Elektronik (KUE) yang bisa Anda gunakan untuk menggunakan LRT antara lain:

  1. JakCard Bank DKI;
  2. Single Journey Trip LRT Jakarta;
  3. Kartu JakLingko;
  4. Flazz BCA;
  5. E-Money Mandiri;
  6. TapCash BNI;
  7. Brizzi BRI, dan;
  8. KMT Kereta Commuter Indonesia.

Adapun dompet digital (e-wallet) yang bisa Anda gunakan untuk menggunakan LRT yaitu:

  1. Aplikasi JakLingko;
  2. Aplikasi Link Aja.

Informasi selengkapnya mengenai metode pembayaran transportasi publik Jakarta bisa dilihat di sini.

Sejarah LRT Jakarta

Proses pembangunan LRT Jakarta dimulai pada tahun 2016, tepatnya pada 22 Juni 2016 yang bertepatan sebagai tanggal HUT Kota Jakarta. Proses perencanaan LRT Jakarta sudah tertuang sejak tahun 2015, sesuai Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2015 tentang Percepatan Penyelengaraan Transportasi Umum di Provinsi DKI Jakarta.

Pada September 2017, berdirilah PT LRT Jakarta yang kemudian disahkan secara resmi pada 16 April 2018. Kemudian pada Juni 2019 LRT Jakarta mengadakan uji publik untuk menguji coba pelayanan, pembayaran, dan perjalanan LRT Jakarta.

Sejak 1 Desember 2019, LRT Jakarta resmi dioperasikan secara komersial. Sejak diresmikan, LRT Jakarta terus berbenah dan bekerja sama dengan beberapa pihak untuk meningkatkan pelayanannya.

Informasi selengkapnya mengenai sejarah LRT Jakarta bisa dilihat di sini.

Artikel Terkait

Dinas Perhubungan

Dinas mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan Bidang perhubungan.

Skip to content

slot