LRT

LRT

Dinas Perhubungan
Rabu, 24 Maret 2021, 16:50 WIB

Lintas Rel Terpadu atau Light Rail Transit (LRT) adalah layanan transportasi penumpang yang beroperasi di atas rel. Kereta LRT Jakarta dioperasikan dengan kecepatan rata-rata sekitar 50 km/jam dan dapat mencapai kecepatan maksimum hingga 90 km/jam. Kereta LRT Jakarta merupakan buatan Hyundai Rotem dari Korea Selatan yang memiliki kelebihan, yakni menggunakan sistem articulated bogie. Teknologi tersebut memungkinkan kereta dapat melaju dengan aman dan luwes mengikuti kontur jalur trek di tikungan tajam. Teknologi ini baru pertama kali diterapkan di Indonesia dalam proyek LRT Jakarta ini.

Manfaat LRT

LRT Jakarta didesain sebagai transportasi umum yang nyaman dan aman berstandar internasional, dengan pelayanan yang ramah serta berkelas. LRT Jakarta juga merupakan salah satu moda transportasi massal ramah lingkungan yang mampu mengurangi produksi karbon emisi kendaraan pribadi. Penumpang LRT dapat menghemat waktu berkisar 13-15 menit perjalanan dari Kelapa Gading, Jakarta Utara ke Stasiun Velodrome, Jakarta Timur. Bila dilanjutkan dengan berjalan kaki melalui skybridge dari Stasiun Velodrome menuju Halte Pemuda Rawamangun, kemudian diteruskan dengan naik bus TransJakarta ke Halte Dukuh Atas akan memakan waktu sekitar 40 menit. Jadi bila diakumulasikan, total waktu perjalanan dengan integrasi LRT Jakarta dan bus Transjakarta dari Kelapa Gading sampai Dukuh Atas kurang dari satu jam atau sekitar 55 menit.


Saat ini, LRT Jakarta memiliki enam stasiun, yaitu:

  1. Pegangsaan Dua.

  2. Pulomas.

  3. Boulevard Utara.

  4. Boulevard Selatan.

  5. Equestrian.

  6. Velodrome.


Jam Operasi LRT

LRT Jakarta mulai beroperasi pukul 06.00 WIB hingga 22.00 WIB pada Senin-Jumat dan 07.00 WIB sampai 23.00 WIB pada Sabtu-Minggu.

Cara menggunakan LRT Jakarta


Mau Tahu Lebih Banyak?

Silakan hubungi via email di  info@lrtjakarta.co.id atau bisa menggunakan fitur live chat di website https://www.lrtjakarta.co.id/

Artikel Terkait

Dinas Perhubungan

Dinas yang melaksanakan urusan perhubungan di Ibukota DKI Jakarta.