Taman Maju Bersama

Taman Maju Bersama

Dinas Pertamanan dan Hutan Kota
Rabu, 17 Maret 2021, 11:43 WIB

Untuk membentuk lingkungan kota yang nyaman dan sehat, sesuai UU Nomor 26 Tahun 2007 terkait penataan ruang, Pemprov DKI Jakarta terus berupaya untuk membangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) di berbagai area di Jakarta.


Taman Maju Bersama (TMB) merupakan konsep Ruang Terbuka Hijau berbentuk taman yang terbuka dan dilengkapi fasilitas untuk semua lapisan masyarakat di Jakarta. Taman Maju Bersama ini merupakan taman kolaboratif antara pemerintah dan masyarakat setempat, karena dari perencanaan, pengembangan, hingga penggunaannya melibatkan masyarakat sekitar lokasi TMB yang dibangun. 


TMB yang ditanami berbagai jenis tumbuhan nan menyejukkan ini tidak hanya menjadi rumah bagi flora dan fauna saja, tapi juga menjadi ruang ketiga atau ruang selain rumah dan tempat kerja bagi semua warga. 

Fasilitas Taman Maju Bersama

Berbagai fasilitas disediakan untuk mewujudkan taman nan asri dan ruang interaksi yang nyaman ini, di antaranya toilet umum, bangku taman, tempat bermain anak, jalur joging, serta arena berolahraga. 


Fasilitas-fasilitas lain di TMB juga memiliki keunikan tersendiri, karena dibangun sesuai dengan kebutuhan warga sekitarnya. Contohnya ada taman yang memiliki danau buatan, perpustakaan, amfiteater, area parkour dan skateboard


Taman Maju Bersama tidak hanya membuat Jakarta lebih hijau, namun juga dapat mendorong masyarakat agar bahagia dengan kualitas hidup yang lebih baik.


Untuk mengetahui lebih lanjut terkait Taman Maju Bersama, silakan kunjungi laman web Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta di sini. Lokasi taman-taman di Jakarta juga dapat dilihat melalui peta taman di Jakarta Smart City.

Artikel Terkait

Dinas Pertamanan dan Hutan Kota

Dinas Pertamanan dan Pemakaman dibentuk sejak diberlakukannya Peraturan Daerah (Perda) Provinsi DKI Jakarta Nomor 10 Tahun 2008 tentang Organisasi Perangkat Daerah.