Galeri

Galeri

Dinas Kebudayaan
Senin, 22 Maret 2021, 06:59 WIB

Tentang Galeri


Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian galeri adalah ruangan atau gedung yang digunakan sebagai tempat memamerkan benda, karya seni, dan sebagainya. 

Berikut daftar galeri di DKI Jakarta

Galeri Indonesia Kaya (GIK)

Jika Anda berkunjung ke mal Grand Indonesia, maka jangan lewatkan salah satu galeri terkenal di ibu kota, yakni Galeri Indonesia Karya (GIK). GIK merupakan salah satu ruang publik di Jakarta yang memadukan konsep edukatif dan digital yang dibangun untuk menjadi ruang edutainment. Dengan berbasis teknologi digital, galeri ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mengapresiasi ragam seni budaya di Indonesia, terutama kepada generasi muda. 

Selain itu, galeri ini juga ditujukan untuk mempertemukan dan menyalurkan kreativitas ekspresi generasi muda dalam lingkup tradisi budaya Nusantara. Galeri Indonesia Kaya dilengkapi dengan auditorium berkapasitas 150 orang yang menampilkan berbagai pertunjukan budaya, dari musik, tari, teater, hingga film, selain diskusi, seminar, dan workshop gratis. 


Galeri Seni Hadiprana

Galeri Seni Hadiprana didirikan pada 1961 sebagai galeri seni pertama yang didirikan Hendra Hadiprana. Di dalam galeri ini, kita akan melihat berbagai hasil karya lukisan dari seniman muda seperti, Jeihan, Sri Hadhy, dan Suparto. Pada 1997, Galeri Hadiprana pindah ke kawasan Kemang, Jakarta Selatan, yang kemudian dinamai Art Boutique Mall. Sejak itu, ruang seni ini telah menjadi galeri untuk karya seni, kerajinan, artefak, serta lukisan berkualitas tinggi. Bukan hanya itu, galeri seni ini juga mengadakan kelas seni bagi anak-anak dan orang dewasa.

Galeri Mobil Hauwke

Galeri Mobil Hauwke terletak di Cipete, Jakarta Selatan. Awalnya, galeri ini dibuka untuk bisnis pada Agustus 2008. Galeri ini menampilkan koleksi mobil yang dipilih dengan cermat, dikurasi ahli, serta direstorasi dari Eropa dan Amerika Utara. Jika mengunjungi Galeri Mobil Hauwke, kamu akan menemukan berbagai tipe mobil, seperti sedan, limosin presiden, mobil sport, kendaraan militer, bahkan truk-truk unik. 

Uniknya, terdapat lebih dari 50 mobil yang berasal dari awal 1908 hingga 1960-an di dalam galeri ini. Untuk melengkapi pengalaman indah bagi para pengunjung, galeri ini juga menawarkan ruang fotografi yang lengkap.

Galeri Bartele

Di Galeri Bartele, kamu dapat melihat banyak peta antik, foto-foto, buku, serta barang-barang antik lainnya yang berasal dari Indonesia.  Berbagai koleksi peta antik dari pulau-pulau di Indonesia, terutama dari Kota DKI Jakarta juga dapat ditemukan di sini. Menariknya, Galeri Bartele juga menyimpan berbagai koleksi yang usianya  lebih dari 100 tahun.

Galeri Cemara 6

Galeri Cemara 6 ini milik Toeti Heraty yang kemudian pada 16 April 2014 telah diresmikan sebagai museum. Galeri ini mengoleksi berbagai benda seni, seperti lukisan dari jaman old master hingga kontemporer. Koleksi di dalam galeri ini melebihi 300 lukisan, di mana 60 karya di antaranya merupakan perupa terkenal Indonesia yang menjadi koleksi Toeti Heraty di Cemara 6 Galeri-Museum.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut terkait galeri-galeri yang tersebar di wilayah DKI Jakarta dapat mengakses melalui tautan ini

Artikel Terkait

Dinas Kebudayaan

Dinas yang bertugas melaksanakan urusan pemerintahan dan pembangunan di bidang kebudayaan.