Jakarta Saksi Penting Agenda Hari Kedua KTT ke-43 ASEAN

Jakarta Saksi Penting Agenda Hari Kedua KTT ke-43 ASEAN

Jumat, 8 September 2023, 03:47 WIB

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN hari kedua berjalan dengan kondusif di Jakarta pada Rabu (06/09). Agenda hari kedua yang dilaksanakan di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta Pusat dihadiri didominasi oleh pertemuan bilateral dan multilateral antara ASEAN dengan negara mitra.

Presiden Joko Widodo memimpin seluruh agenda KTT antara ASEAN dengan negara mitra sepanjang hari Rabu. Adapun beberapa agenda KTT ASEAN – Negara mitra di hari kedua yaitu:

  • KTT ke-26 ASEAN – Republik Rakyat Tiongkok;
  • KTT ke-24 ASEAN – Republik Korea;
  • KTT ke-26 ASEAN – Jepang;
  • KTT ke-26 ASEAN Plus Three;
  • KTT ke-11 ASEAN – Amerika Serikat; serta
  • KTT Perdana ASEAN – Kanada.

Hadirnya para pemimpin negara mitra dalam KTT ke-43 ASEAN menjadi bukti komitmen kuat Indonesia untuk mengarahkan ASEAN sebagai mitra aktif dalam percaturan geopolitik dan geoekonomi global.

Beberapa negara mitra yang diundang dalam KTT yang berlangsung di Jakarta ini adalah Republik Korea, India, Jepang, Republik Rakyat Tiongkok, Kanada, Australia, Rusia, Amerika Serikat, Bangladesh, dan Cook Island.

Dalam spektrum kerja sama internasional, Kanada adalah mitra baru bagi ASEAN. Dari berbagai forum yang sudah terlaksana sejak tanggal 5 lalu antara ASEAN dengan Kanada, kedua entitas akan menjajaki kemitraan strategis dalam perdagangan dan energi bersih.

Selain itu, tibanya Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Haris dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov di Jakarta menjadi momen langka. Kedua negara diketahui terlibat dalam perseturuan dan perang proxy menyusul agresi militer Rusia ke Ukraina sejak awal tahun 2022. 


 

Kedatangan Kemala Haris dan Sergei Lavrov di Indonesia dalam rangka menghadiri KTT ke-43 ASEAN (sumber: asean2023.id)

Jakarta akan menjadi saksi kedua setelah Lombok bagi kedua petinggi negara untuk hadir dalam satu forum di Indonesia. Setelah sebelumnya kedua petinggi negara hadir dalam KTT G20 di Bali bulan November tahun lalu.

Pusat Media Sebagai Sarana Diseminasi KTT di Jakarta

Banyaknya rangkaian agenda dalam KTT ke-43 ASEAN membutuhkan pengelolaan media yang aktual dan memadai. Karenanya pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika menyediakan Media Center atau Pusat Media sebagai sarana komunikasi dan informasi berbagai agenda KTT.

Pusat media berkapasitas 2.500 orang yang diisi dengan 1.300 jurnalis baik nasional dan asing terdaftar, serta tambahan media resmi dari negara anggota dan mitra dalam KTT ke-43 ASEAN.

Selain dukungan ruang khusus bagi jurnalis, ruang pusat media didukung oleh koneksi internet yang cepat hingga 10 Gbps guna menjamin diseminasi  informasi terfasilitasi dengan baik.

Berkumpulnya para jurnalis dalam satu ruangan diharapkan bisa menumbuhkan sinergitas dalam menyebarluaskan program, kinerja, serta capaian ASEAN melalui berita yang faktual, aktual, dan terpercaya.

Ibu Negara Perkenalkan Keindahan TMII Jakarta

Secara terpisah, para pendamping pemimpin negara dalam agenda Spouse Program mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo memperkenalkan TMII Archipelago ke para pendamping pemimpin negara dan entitas (sumber: BPMI Setpres/Kris)

Seluruh pendamping dari pemimpin negara yang hadir di TMII, di antaranya:

  • Vandala Siphandone, Ibu Negara Laos;
  • Yuko Kishida, Ibu Negara Jepang;
  • Pich Chanmony Hun Manet, Ibu Negara Kamboja;
  • Rebeka Sultana, Ibu Negara Bangladesh;
  • Jodie Hydon, Ibu Negara Australia;
  • Wan Azizah Wan Ismail, Ibu Negara Malaysia;
  • Louise Araneta Marcos, Ibu Negara Filipina;
  • Ritu Banga, Bank Dunia;
  • Kim Kun-Hee, Ibu Negara Republik Korea, serta;
  • Ho Ching, Ibu Negara Singapura.

Ibu Negara mengajak seluruh pasangan ketua delegasi untuk menikmati suasana TMII yang baru rampung direvitalisasi beberapa waktu lalu. Para peserta berkesempatan mengunjungi pasar seni, sejumlah anjungan provinsi, hingga jamuan makan siang di TMII Archipelago.

Gala Dinner dengan Keindahan Pencakar Langit Jakarta

Padatnya agenda kenegaraan mulai dari pertemuan multilateral hingga forum tingkat tinggi pada KTT ke-43 ASEAN di Jakarta tentu membutuhkan momen tenang untuk mencairkan suasana.

Karenanya, Presiden Joko Widodo mengajak seluruh petinggi tamu negara pada KTT untuk Gala Dinner di Hutan Kota Gelora Bung Karno, Jakarta. Jamuan makan malam kenegaraan ini sengaja digelar di luar ruangan dengan pemandangan gedung pencakar langit di pusat Kota Jakarta.

Presiden Joko Widodo bersama tamu negara menikmati suasana gedung pencakar langit Jakarta pada Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN (sumber: indonesia.go.id)

Selain menikmati hidangan serta asik berjoget diiringi musik, para tamu undangan juga disuguhi penampilan video mapping yang menghiasi gedung pencakar langit Jakarta dengan tema Keketuaan ASEAN Indonesia 2023.

Berbagai atraksi hiburan yang sukes terlaksana selama gala dinner menjadi bukti kesiapan Indonesia khususnya Jakarta sebagai kota global dengan berbagai fasilitas yang siap untuk menyelenggarakan acara berskala internasional. Dengan suasana gempita, para pemimpin negara beserta jajaran menikmati keindahan pusat kota Jakarta.

Harmoni Jakarta untuk ASEAN

Terpilihnya Jakarta sebagai lokasi KTT ke-43 ASEAN memberikan makna tersendiri bagi Kota Jakarta. Jakarta akan menjadi saksi bersejarah mulai dari kesepakatan multilateral, bertemunya dua kekuatan besar dunia, yang disertai dengan suguhan keindahan Kota Jakarta.

Tentu hal tersebut dapat terlaksana dengan dukungan penuh dari seluruh lapisan masyarakat Jakarta dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Keindahan kota dengan ragam cerita akan terus menemani perjalanan KTT ke-43 ASEAN Indonesia di Jakarta.

Artikel Terkait

Skip to content