Jakarta Menjadi Saksi Agenda Kepemudaan Internasional ASEAN+ Youth Summit 2023

Jakarta Menjadi Saksi Agenda Kepemudaan Internasional ASEAN+ Youth Summit 2023

Selasa, 12 September 2023, 03:06 WIB

Jakarta sebagai pusat politik nasional dan internasional di Indonesia menjadi saksi dari agenda kepemudaan dalam Keketuaan ASEAN Indonesia 2023, yaitu ASEAN+ Youth Summit 2023 (A+YS 2023) pada 7 & 8 September 2023. Acara ini menghadirkan lebih dari 80 delegasi dari negara anggota ASEAN dan puluhan negara mitra, serta lebih dari 1500 masyarakat umum.

Beberapa negara mitra yang hadir dalam A+YS 2023 ini adalah Korea Selatan, Uni Emirat Arab, Inggris, Australia, Uni Eropa, India, Jepang, Tiongkok, dan Amerika Serikat.

Berkumpulnya perwakilan pemuda ASEAN dan mitra terpilh ini adalah momen kolaborasi baru dalam membentuk masa depan berkelanjutan bagi wilayah ASEAN. Pagelaran A+YS 2023 yang diinisiasi oleh Indonesian Youth Diplomacy (IYD) merupakan upaya mewujudkan perubahan gradual dalam panggung diplomasi global yang dimulai dari generasi muda.

Agenda inti yang diadakan selama 2 hari ini diisi oleh beberapa forum diskusi panel menghadirkan perwakilan pemerintah, praktisi, hingga akademisi yang terbuka untuk umum.

Beberapa topik strategis yang menjadi fokus pembahasan dalam agenda A+YS 2023, yaitu: (i) Literasi Digital dan Inklusi, (ii) Ketahanan Pangan, (iii) Ekonomi Hijau, (iv) Masa Depan Pendidikan Pekerjaan, dan (v) Kesehatan.

Kelima topik strategis dalam A+YS 2023 terbagi menjadi 12 forum diskusi panel, yaitu:

  1. Elevating ASEAN Opportunities
  2. Global Wellbeing Accord
  3. Youth Talk (Digital Literacy & Inclusion)
  4. Future of Education and Work
  5. Feeding the Youth (Food Security)
  6. Youth Matters
  7. Strengthening ASEAN (Health)
  8. Foundation of the Future
  9. Building Inclusive Circular Economy
  10. Ripples of Impact (Water Security)
  11. ASEA Climate Tech Ecosystem
  12. Youth Matters

Sebagai agenda yang didukung langsung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga RI dan Kementerian Luar Negeri RI, agenda A+YS 2023 turut menghadirkan beberapa perwakilan pemerintah, yaitu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, dan Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto.

Sebagai wadah kolaborasi antar negara, forum turut menghadirkan pembicara dari negara ASEAN dan mitra, yaitu; Penasihat Menteri Ekonomi dan Perencanaan Arab Saudi Othman Almoamar, Anggota Parlemen Korea Selatan Jang Kyung-tae, dan Professor ESSEC Business School Prancis Jamus Lim asal Singapura.

Hasil dari pertemuan ini turut menghasilkan sejumlah rekomendasi konkret yang akan disampaikan pada pemipin ASEAN guna menjembatani semangat pemuda dengan para pemimpin kawasan Asia Tenggara.

A+YS 2023 yang sukses terlaksana di Jakarta adalah bukti nyata dari kolaborasi lintas bidang oleh generasi muda untuk merubah masa depan. Dimulai dari Jakarta, komitmen generasi muda kini adalah satu dari sekian banyak semangat optimisme untuk mewujudkan masa depan yang cerah bagi kawasan ASEAN dan dunia.

Artikel Terkait

Skip to content