Penyesuaian Fasilitas Internet Publik (Jakwifi) Pada Peralihan Fase Pandemi COVID-19 Menjadi Endemi

Penyesuaian Fasilitas Internet Publik (Jakwifi) Pada Peralihan Fase Pandemi COVID-19 Menjadi Endemi

Selasa, 3 Januari 2023, 09:00 WIB

Berdasarkan 5 (lima) arahan presiden perihal Transformasi Digital diantaranya perluasan akses dan peningkatan insfrastruktur digital, Pemprov DKI Jakarta hadir dengan menyediakan perluasan akses internet dan peningkatan infrastruktur digital melalui internet untuk semua (Jakwifi).

Dalam rangka melakukan evaluasi agar layanan internet dengan wifi gratis melalui JakWifi menjadi lebih optimal, Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi DKI Jakarta melakukan survey kepuasan pengguna JakWifi kepada masyarakat.

Hasil survey secara umum menunjukkan bahwa beralihnya fase pandemi COVID-19 menjadi Endemi secara perlahan membuat aktivitas masyarakat berangsur normal, seperti masyarakat sudah mulai kembali bekerja di kantor, aktivitas belajar sudah dilakukan di sekolah dan aktivitas lainnya di luar rumah. Hal ini pun berimbas kepada penggunaan JakWifi oleh masyarakat.

Hasil survey pengguna JakWifi ini pun menjadi landasan bagi Dinas Kominfotik untuk melakukan penyesuaian titik lokasi JakWifi, yakni di lingkungan masyarakat yang pemanfaatannya kurang optimal dalam mengakses JakWifi.

Tindak lanjut dari hasil survey ini diharapkan dapat membuat layanan internet gratis melalui JakWifi semakin efektif dan tepat sasaran titik lokasinya, sehingga dapat mendukung masyarakat untuk melakukan berbagai kegiatan produktif.

Artikel Terkait

Skip to content