Pemberitahuan Rencana Pembangunan Akses Jalan Sejajar Rel Pasar Minggu

Pemberitahuan Rencana Pembangunan Akses Jalan Sejajar Rel Pasar Minggu

Kota Administrasi Jakarta Selatan
Rabu, 24 April 2024, 15:26 WIB

Maksud dan Tujuan Rencana Pembangunan

Maksud dari pembangunan akses jalan sejajar Rel Pasar Minggu untuk terlaksananya Pembangunan Akses Jalan Sejajar Rel Pasar Minggu di Kelurahan Pejaten Timur, Kecamatan Pasar Minggu, Kota Administrasi Jakarta Selatan sesuai dengan trase yang ideal dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Tujuan pembangunan akses jalan sejajar Rel Pasar Minggu, adalah :

  1. Jalan tembus dapat menjadi alternatif jalan dan berguna untuk mengurangi kemacetan yang terjadi di Jalan Raya Pasar Minggu, khususnya pagi dan sore hari.
  2. Menghilangkan putaran yang melintasi rel kereta api sesuai dengan Surat Kemnhub Dirjen Perkeretaapian Nomor: A.576/KS/DJKA/X/2017 tanggal 27 Oktober 2017 perihal Penanganan dan Penutupan Perlintasan Sebidang Wilayah DKI Jakarta.
  3. Untuk menciptakan akses jalan baru, akses jalan ini akan menghubungkan dengan Jembatan Sejajar Rel Pasar Minggu.
  4. Untuk mendukung kegiatan di sekitar lokasi, berupa adanya fasilitas kesehatan, pendidikan dan perekonomian yang menyebabkan meningkatnya aktivitas perpindahan orang atau barang.
  5. Untuk menyediakan kenyamanan warga dengan menyiapkan ruang jalan bagi pejalan kaki, karena terdapat fasilitas kesehatan, pendidikan dan perekonomian.
  6. Untuk mempersingkat waktu tempuh dalam mencapai tempat yang dituju.
  7. Untuk menjadi tambahan alternatif jalan, sehingga dapat mengurangi kemacetan di sekitar lokasi.
  8. Untuk menambah luas jalan sebagai akses penghubung antara suatu wilayah dengan wilayah lain sesuai dengan persyaratan dan kriteria desain perencanaan.
  9. Mengurangi beban pada konstruksi jalan, sehingga lebih membagi beban konstruksi ke jalan lain.

Letak dan Luas Tanah yang Dibutuhkan

Rencana pembangunan pembangunan akses jalan sejajar Rel Pasar Minggu secara administrasi berada pada Kelurahan Pejaten Timur, Kecamatan Pasar Minggu, Kota Administrasi Jakarta Selatan. Berikut tabel letak dan luas tanah yang dibutuhkan untuk pembangunan akses jalan sejajar Rel Pasar Minggu, pada tabel berikut :

Kelurahan Kecamatan Kabupaten/Kota Luas (m2)
Pejaten Timur Pasar Minggu Jakarta Selatan 14.472,562
Unduh

Artikel Terkait

Kota Administrasi Jakarta Selatan

Kota Administrasi mempunyai tugas membantu Gubernur dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan umum di wilayahnya, mengkoordinasikan pelaksanaan tugas perangkat di wilayahnya, membina kecamatan dan kelurahan serta melaksanakan tugas lain yang diperintahkan Gubernur.

Skip to content