Konsisten Ciptakan Inovasi Kehumasan, Jakarta Raih Juara Umum Anugerah Media Humas (AMH) 2023 Tiga Kali Berturut-Turut

Konsisten Ciptakan Inovasi Kehumasan, Jakarta Raih Juara Umum Anugerah Media Humas (AMH) 2023 Tiga Kali Berturut-Turut

Jumat, 3 November 2023, 07:26 WIB

Jakarta terus berinovasi untuk menciptakan media kehumasan yang informatif, terbarukan, dan terpercaya. Langkah strategis ini menjadikan Jakarta sebagai kota global yang berkedudukan setara dengan kota-kota maju di dunia dalam bidang pemanfaatan teknologi informasi.

Pemanfaatan teknologi informasi pada kehumasan Jakarta telah mendukung upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam memenuhi hak atas informasi publik bagi warga Jakarta bahkan masyarakat Internasional.

Segmentasi kehumasan yang dimanfaatkan adalah media sosial, media luar ruang, media audio visual, portal berita, dan website.

Anugrah Media Humas (AMH): Apresiasi Kehumasan Terbaik Indonesia

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali menggelar Anugerah Media Humas (AMH) tahun 2023. Malam penganugerahan AMH digelar di Kota Surabaya pada Senin, 30 Oktober 2023. AMH dilasakanan sebagai penghargaan dari Kominfo atas hasil karya humas terbaik Indonesia.

AMH tahun 2023 merupakan bentuk apresiasi terhadap keberhasilan komunikasi publik pada kategori kementerian dan lembaga, pemerintah daerah serta BUMN, dan perguruan tinggi, yang fokus dalam menyukseskan desiminasi informasi penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Indonesia. Tema Humas Bersinergi untuk Kemajuan Negeri menjadi nilai tambah bagi Jakarta sebagai tuan rumah perhelatan besar KTT ASEAN.

Momen bersejarah bagi Jakarta yang berhasil menyelenggarakan ajang bergengsi di kawasan Asia Tenggara diharapkan dapat mengangkat nama Indonesia di mata kawasan dan dunia, terlebih Jakarta, sebagai tuan rumah KTT ASEAN dan berbagai agenda global berupa forum internasional lainnya. Jakarta memiliki peran sentral dalam berbagi informasi dalam bentuk layanan informasi digital bagi publik.

Jakarta membutuhkan upaya agar bisa menyentuh seluruh segmen masyarakat. Oleh sebab itu, humas Pemprov sangat berperan untuk mendiseminasi informasi yang dikemas secara kreatif dan substantif.

Pemprov DKI Jakarta pun bergerak cepat menyebarkan seluruh informasi demi menyemarakkan KTT ASEAN 2023. Selain mempercantik sejumlah ruas jalan utama dengan bendera dan spanduk, beberapa jalan lain juga dihias mural karya warga Jakarta. Kemampuan Jakarta menyambut tamu dan menggelar acara demi menunjukkan wajah lokal Jakarta di mata dunia juga mendorong akselarasi Jakarta menjadi kota bisnis berskala global dan berkelanjutan.

Sebagai poros kesuksesan Indonesia, Jakarta bertekad mendukung kerja sama antar negara dan kota-kota di kawasan ASEAN. Hal tersebut bertujuan untuk melanjutkan dan memperkuat relevansi ASEAN dalam merespons tantangan kawasan dan global, meningkatkan kontribusi pada stabilitas Indo Pasifik, serta memperkuat posisi ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi kawasan untuk kemakmuran rakyat, tak terkecuali bagi masyarakat Jakarta.

Tema besar sinergisitas Jakarta untuk mewujudkan episentrum pertumbuhan dilakukan melalui optimalisasi informasi digital. Terlaksananya KTT ke-43 ASEAN di Jakarta menjadi prestasi besar bagi Indonesia. Dengan semangat sinergi, Pemprov DKI Jakarta menjadi bagian tak terpisahkan dalam upaya bersama mempromosikan kejayaan Indonesia di mata dunia. Sukses Jakarta untuk Indonesia.

Menangkan 6 Kategori AMH 2023, Jakarta Sabet Gelar Juara Umum

Pemprov DKI Jakarta mendukung segala upaya Pemerintah Indonesia dalam menyukseskan Keketuaan ASEAN 2023, salah satunya melalui diseminasi informasi agar menyentuh seluruh segmen publik. Ajang ini dinilai sebagai kesempatan bagi media siar Jakarta untuk bercermin, mengukur diri, dan momentum untuk menilai bagaimana kemampuan serta kualitas kerja yang dihasilkan dalam kurun waktu satu tahun.

Dengan menciptakan semangat kompetisi dan kolaborasi di lingkungan humas yang berbasis kinerja, AMH juga berhasil membuka peluang bagi para humas untuk menunjukkan eksistensinya dan peran pentingnya dalam mempromosikan inovasi di Jakarta.

Tahun ini, keberhasilan yang dilakukan oleh Jakarta adalah menjadi juara umum untuk ketiga kalinya secara berturut-turut sejak tahun 2021, 2022, dan kini tahun 2023. Pemprov DKI Jakarta berhasil mandapat enam juara dari enam kategori.

Penghargaan AMH lainnya diberikan kepada juara terbaik untuk enam kategori, yakni kategori Siaran Pers, Media Sosial, Kampanye Komunikasi Publik, Penerbitan Media Internal (Inhouse Magazine), Media Audiovisual, dan Website.

Portal Jakarta.go.id Turut Sumbangkan Piala Juara I

Portal resmi jakarta.go.id berhasil mendapat Juara Terbaik 1 kategori Website Pemerintah Provinsi. Dengan tersedianya layanan informasi melalui portal resmi jakarta.go.id, beragam kemudahan layanan terintegrasi melalui ragam aplikasi. Hal ini merupakan bentuk optimalisasi pelayanan publik digital oleh Pemprov DKI Jakarta untuk warga Jakarta.

Kepala Sub Kelompok Pelayanan Informasi Publik, Harry Sanjaya menerima penghargaan AMH 2023 Kategori Website Provinsi

Peran portal resmi pemerintah sangat berperan sebagai citra dari kualitas kinerja pemerintah dalam melakukan komunikasi publik secara keseluruhan. Maka untuk mendorong optimalisasi peran kehumasan dan komunikasi publik dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat, jakarta.go.id berupaya menjadi media kehumasan yang menciptakan konten-konten kreatif agar bisa menjangkau semua masyarakat di semua generasi.                                                   

Harapannya, penghargaan AMH menjadi pemacu semangat untuk bekerja secara prima dalam memberikan layanan informasi yang lebih optimal kepada masyarakat.

Artikel Terkait

Skip to content