HUT Republik Indonesia ke-78

HUT Republik Indonesia ke-78

Selasa, 27 Juni 2023, 06:48 WIB

Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 dengan mengusung tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”, sebagai momentum yang tepat untuk semakin menguatkan persatuan dan kesatuan seluruh elemen bangsa.

Tanggal 17 Agustus sebagai peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia. Tahun 2023, HUT RI di maknai dengan cerminan semangat dalam pembangunan Indonesia yang terus maju.

Konsep Logo HUT RI-78

Konsep Logo HUT RI-78

Logo Hari Kemerdekaan RI ke-78 ini mencerminkan rasa tegas, stabil, lugas, kesatuan. Bermakna meneruskan laju pertumbuhan secara kolektif, mendorong seluruh elemen bangsa untuk memiliki sifat tanggung jawab bersama, bergerak secara harmoni menuju Indonesia Maju.

Estafet : selayaknya olahraga estafet yang bersifat kolektif, melibatkan setiap elemen bangsa untuk bergotong royong untuk menuju Indonesia Maju.

Terus Melaju : Bergerak progresif menuju Indonesia Maju

Pancasila : Berdasarkan nilai-nilai Pancasila

Tanggung Jawab Bersama : Bentuk solid melambangkan tujuan yang sama, beralih menjadi garis-garis bermakna latar belakang negara Republik Indonesia yang beragam. Ekspresi rasa tanggung jawab bersama selayaknya olahraga estafet yang bersifat kolektif, melibatkan setiap elemen bangsa melaju bersama menuju Indonesia Maju. (Bhineka Tunggal Ika)

Keberlanjutan : Untuk membangun bangsa dan negara yang adil makmur sentosa

Globalisasi : Kemajuan pembangunan untuk kesejahteraan rakyat, memproduksi SDM unggul menuju parade terdepan panggung dunia

 

Konfigurasi Logo HUT RI Ke-78

Konfigurasi logo berikut ini digunakan untuk dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengaplikasian di berbagai jenis media.

Palet Warna Identitas HUT RI Ke-78

Dari segi visual, logo utama didesain cukup minimalis dengan angka 78 didominasi warna merah dan putih yang solid, serta warna hitam pada tema yang terletak di samping kanan angka.

Warna logo dapat menggunakan beberapa kombinasi yang telah dirancang. Pemilihan kombinasi ini dapat menyesuaikan dengan latar belakang warna pada media pengaplikasian. Dengan font Red Hat Display, Font ini dapat diunduh dan digunakan secara bebas dari Google Fonts.

Konsep Elemen Grafis

Elemen grafis berasal dari 2 bentuk logo Kemerdekaan RI ke-78, yaitu garis padat & 5 garis kolektif. Elemen grafis diciptakan untuk memperkuat gagasan estafet dan atletik yang merefleksikan sifat tanggung jawab bersama untuk keberlanjutan pembangunan menuju Indonesia Maju.

Olahraga estafet membutuhkan penyesuaian irama gerak dan sinergi pikiran tiap pelari untuk

memenangkan pertandingan. Setiap konfigurasi elemen grafis memvisualisasikan makna gotong royong, harmoni, dan sifat tanggung jawab bersama seluruh elemen bangsa untuk memajukan kesejahteraan rakyat dalam mewujudkan harapan untuk Terus Melaju menuju Indonesia Maju.

Unduh Pedoman Visual

 

Artikel Terkait

Skip to content