Dukungan Forum Konsultasi Publik Regsosek Tahun 2023

Dukungan Forum Konsultasi Publik Regsosek Tahun 2023

Kamis, 11 Mei 2023, 02:51 WIB

Pendataan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) adalah sistem pendataan kependudukan yang mencakup profil, kondisi sosial ekonomi, dan tingkat kesejahteraan penduduk. Data tersebut akan terhubung dengan data pada kementerian atau lembaga, dan juga dengan data pemerintah daerah hingga tingkat desa dan kelurahan.

Pelaksanaan Forum Konsultasi Publik (FKP) Regsosek untuk memastikan kembali tidak ada penduduk setempat yang belum terdata. Melalui tema Satu Data Program Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat, forum ini akan memperoleh data keluarga yang sudah terverifikasi kelompok kesejahteraannya dan disepakati bersama. FKP Regsosek yang jatuh pada bulan Mei 2023 akan melibatkan partisipasi masyarakat. Data Regsosek dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas berbagai pelayanan pemerintah seperti pendidikan, bantuan sosial, kesehatan, hingga administrasi kependudukan.

Seperti diketahui, pendataan awal Regsosek telah berlangsung sejak Bulan Oktober 2022 untuk mengumpulkan data seluruh masyarakat terkait kondisi sosial dan ekonomi masyarakat sebagai data tunggal, Satu Data. Dengan adanya data tunggal, pemerintah bisa melaksanakan berbagai program pemerintah secara terintegrasi, tidak tumpang tindih, dan lebih efisien.

Demi mewujudkan satu data, seluruh data terintegrasi dengan gugus data lainnya agar dapat berbagi pakai dan saling memutakhirkan data, serta dapat digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan kelompok masyarakat yang paling rentan ketika menghadapi bencana, wabah, atau kondisi sosial ekonomi lainnya. Misalnya kelompok perempuan yang berperan sebagai KRT (kepala rumah tangga), disabilitas, kelompok penduduk berpenyakit kronis, kaum lansia, dan anak-anak.

Unduh

Artikel Terkait

Skip to content