logo jakarta

HUT ke-497 Kota Jakarta


Mengusung tema Jakarta Kota Global Berjuta Pesona, peringatan HUT ke-497 Kota Jakarta menandakan peralihan status ibu kota negara menuju arah pembangunan baru menjadi kota global. Jakarta tetap merealisasikan harapan warganya dan senantiasa merawat keindahan budayanya. Rayakan HUT ke-497 Kota Jakarta dengan penuh suka cita!


Jakarta Kota Global:

Selama hampir 500 tahun, Jakarta telah melewati berbagai perubahan. Ketangguhan warganya membuat Jakarta terus berkembang menjadi kota megapolitan yang progresif. Tahun ini, Jakarta juga akan menghadapi perubahan perannya sebagai ibu kota yang akan mengarah ke kiblat baru, yakni kota global.

Berjuta Pesona:

Melepaskan status sebagai ibu kota negara, tidak membuat Jakarta kehilangan pesonanya. Kota ini tetap menjadi pusat berbagai aktivitas positif dan menjadi rumah bagi jutaan mimpi warganya. Kini, Jakarta bertransformasi menjadi kota global dengan keunikan dan keragaman budayanya.





Filosofi Logo

Logo HUT ke-497 Kota Jakarta mencerminkan optimisme dari warga kota Jakarta yang harmonis, tangguh, bersinergi, dan progresif untuk terus bergerak maju dalam menghadapi transformasi kota Jakarta menjadi Kota Global.











Konfigurasi Logo

Logo HUT ke-497 Kota Jakarta bersifat dinamis, sehingga dapat diaplikasikan pada berbagai jenis media dengan menyesuaikan pada kebutuhan visual. Berikut ini konfigurasi logonya :





Pedoman Identitas Visual HUT ke-497 Kota Jakarta

Unduh Tema, Logo dan Pedoman Identitas Visual HUT ke-497 Kota Jakarta



Rangkaian Acara HUT ke-497 Kota Jakarta
Harvesting Ceremony Gernas (Gerakan Nasional) BBI dan BBWI (Bangga Buatan Indonesia dan Berwisata di Indonesia Povinsi DKI Jakarta Tahun 2024)

Lapangan Banteng 19-21 Juli 2024

DKI Jakarta gelar Harvesting Ceremony sebagai acara puncak Gernas BBI dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) di Lapangan Banteng. Harvesting Ceremony merupakan salah satu upaya pemerintah pusat maupun Pemprov DKI Jakarta dalam memberikan, mengembangkan, mempromosikan produk buatan Indonesia. Acara yang akan dilaksanakan pada malam puncak diantaranya Pameran, Fashion Show, Hiburan, dan Pemberian penghargaan UMKM terbaik.

Jakarta Fair 2024

JIEXPO, 12 - 14 Juli 2024

Inilah acara yang selalu ada dan sudah pasti ditunggu-tunggu oleh seluruh warga Jakarta, apalagi kalau bukan Jakarta Fair. Acara ini akan menyuguhkan berbagai panggung hiburan untuk dinikmati oleh semua orang yang hadir di JIExpo Kemayoran. Siapa yang sudah kangen dengan berbagai jajanan di Jakarta Fair dan banyak diskon seru? Jangan sampai tidak datang ya!

Jakarta Great Sale

5 Juni - 10 Juli 2024

Ajang belanja Jakarta Great Sale kembali dihelat. Lebih dari 80 pusat perbelanjaan di Jakarta akan memberikan program diskon serentak hingga 70%. Festival Jakarta Great Sale akan berlangsung mulai 5-10 Juni 2024. Warga Jakarta, yuk merapat!

Jakarta Internasional Kite Festival

22 Juni - 7 Juli 2024

Kabar gembira untuk kita semua! Jakarta International Kite Fest 2024 akan segera hadir, Nantinya, di sini kamu bisa melihat berbagai bentuk unik layang - layang, hingga lihat layang-layang yang super besar .Gas jangan sampai terlewatkan, segera persiapkan dirimu untuk main ke Ancol

Khitanan Massal di 3 Kelurahan

1-30 Juni 2024

PAM Jaya menyelenggarakan khitanan massal yang diadakan di 3 kelurahan wilayah Jakarta. Kegiatan ini bertujuan memberikan layanan khitanan secara gratis kepada anak-anak.

Lomba Desain Kartu Jakcard Spesial HUT DKI Jakarta

Mei - Juni 2024

PT Bank DKI mengadakan kompetisi desain Jakcard. Kompetisi ini mengajak peserta untuk membuat karya kreatif berupa fotografi atau ilustrasi desain kartu Jakcard

Bazaar UMKM Tingkat Provinsi

Juni 2024


Beragam produk lokal telah dihasilkan oleh pelaku usaha mikro kecil dan menengah. Ini menandakan adanya kemajuan signifikan di sektor UMKM Jakarta. Dapatkan produk-produk menarik dari para pelaku usaha kreatif Jakarta melalui Bazar UMKM yang merupakan rangkaian peringatan HUT Ke-497 Jakarta

Ziarah Makam Pahlawan

TMPNU Kalibata, Juni 2024

Dalam rangka peringatan HUT Ke-497 Kota Jakarta akan dilaksanakan Upacara Ziarah Taman Makam Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta Selatan. Upacara akan dilanjutkan dengan tabur bunga untuk menghormati pahlawan yang telah membangun kota Jakarta.

Lomba Fotografi "Color of Jakarta 2024"

1 Juni 2024 (Start 25 April 2024 dan Awarding 27 Juni 2024)

Ajang lomba fotografi tahunan di Jakarta hadir kembali. Colour of Jakarta 2024 hadir sebagai rangkaian dari kegiatan HUT ke-497 Kota Jakarta.

Jakarta International Marathon (JAKIM)

Silang Monas, 23 Juni 2024

Saat ini, marathon telah menjadi salah satu kegiatan olahraga paling digemari masyarakat dunia. Jakarta International Marathon menjadi momentum paling tepat buat para penggemar olahraga lari untuk menikmati keindahan Jakarta dengan tetap sehat dan bugar.

Gebyar Seni Budaya Betawi

Perkampungan Budaya Betawi, 22-23 Juni 2024

Kesenian Betawi menjadi identitas yang melekat dengan kebudayaan Jakarta. Saksikan Gebyar Seni Budaya Betawi dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut dalam rangka peringatan HUT Ke-497 Jakarta.

Jakarta Light Festival

22 - 23 Juni 2024

Akan ada yang berbeda di Taman Fatahillah, Kota Tua, di akhir bulan Juni nanti. Apa itu? Anda akan terpukau dengan indahnya video mapping yang ditampilkan. Selain itu, instalasi lighting juga akan menambah suasana meriah, sambil Anda menikmati sajian penampilan dari Komunitas Kota Tua. Yakin mau dilewatkan begitu saja?

Malam Jaya Raya

22 Juni 2024

Ini dia, salah satu rangkaian acara hari ulang tahun Kota Jakarta tahun ini. Acara ini bertajuk Malam Jaya Raya. Akan ada panggung hiburan yang diisi oleh penyanyi kenamaan Indonesia, video mapping, drone show, kembang api, dan masih banyak lagi, yang hadir dalam satu momen kemeriahan hari ulang tahun kota Jakarta. Yang lebih menariknya lagi, hadir pula peragaan busana dari jajaran pemerintah provinsi kota Jakarta yang bisa disaksikan oleh semua yang hadir. Tunggu apa lagi, ajak keluargamu untuk datang ya!

Wonders Of Jakarta (Konser Musik)

22 Juni 2024

Kapan lagi berada bersama 7000 orang dalam satu lokasi sambil menikmati panggung hiburan, gratis pula? Ya, akhir Juni nanti! Jangan sampai tidak hadir di acara Wonders of Jakarta di Ecopark Ancol. Ajak teman dan keluarga untuk bernyanyi bersama artis kenamaan Indonesia di acara ini.

Rapat Paripurna DPRD Provinsi DKI Jakarta dalam Rangka HUT Ke-497 Kota Jakarta

Gedung DPRD Provinsi DKI Jakarta, 22 Juni 2024

Peringati HUT Ke-497 Kota Jakarta, DPRD DKI Jakarta akan menggelar rapat paripurna. Agenda rutin tahunan ini menjadi salah satu acara yang dinantikan lho. Apa saja ya rangkaian acaranya?

Upacara Peringatan HUT Ke-497 Kota Jakarta

Plaza Monas, 22 Juni 2024

Upacara Peringatan HUT Ke-497 Kota Jakarta merupakan salah satu kegiatan inti dari seluruh rangkaian acara Hari Ulang Tahun Kota Jakarta. Dengan tema Jakarta Kota Global Berjuta Pesona, peringatan HUT Ke-497 Jakarta menandakan peralihan status ibu kota negara menuju arah pembangunan baru menjadi kota global.

Pengumuman dan Pemberian Penghargaan Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi DKI Jakarta

Balaikota, 22 Juni 2024

Tanggal 27 Mei hingga 12 Juni 2024 telah diadakan Lomba Kelurahan tingkat Provinsi DKI Jakarta. Lomba tersebut diikuti oleh seluruh kelurahan yang ada di DKI Jakarta. Sebagai rangkaian akhir, sekaligus pengumuman pemenang lomba tersebut, Malam Jaya Raya akan turut pula diselingi dengan pemberian hadiah bagi pemenang lomba kelurahan ini. Pemenang lomba ini adalah kelurahan yang lolos tahap penilaian administrasi, penilaian klarifikasi lapangan, juga penilaian pemaparan. Kelurahan mana, ya, yang siap menjadi pemenang?

Malam Resepsi/Jamuan Dubes digabung dengan "Malam Jaya Raya"

Monas, 22 Juni 2024

Setelah rangkaian Upacara peringatan HUT Ke-497 Kota Jakarta di pagi hari, pada malam harinya akan ada Malam Resepsi/Jamuan Dubes. Sejumlah duta besar (Dubes) negara sahabat akan menghadiri malam resepsi peringatan HUT Ke-497 Kota Jakarta. Hal ini merupakan penanda bahwa Jakarta bukan hanya harus mampu berkiprah di lingkup nasional. Tapi, juga harus dapat bergaung di kancah internasional.

Promo Transaksi pada Jakone Mobile Special HUT DKI Jakarta ; special discount rate untuk kredit Bank DK

22 Juni 2024

Wah, ada promo transaksi pada JakOne Mobile! Khusus untuk turut serta memeriahkan hari ulang tahun kota Jakarta, akan ada juga potongan harga spesial untuk kredit bank DKI. Info selengkapnya, lihat di JakOne Mobile kalian, ya!

Konser Persembahan HUT ke-497 Kota Jakarta

Pantai Carnaval Ancol, 22 Juni 2024


Warga Jakarta ayo datang dan ramaikan Konser Persembahan HUT ke-497 Kota Jakarta. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian program tiket gratis masuk Ancol. Tidak hanya menonton konser, harga tiket sudah termasuk tiket untuk masuk ke tempat rekreasi yang ada di Ancol seperti Dufan, Sea World, Samudra, dan Jakarta Bird Land. Untuk pembelian tiket dapat dilakukan melalui website www.ancol.com.

Gratis Masuk Ancol

Ancol Taman Impian, 01-21 Juni 2024

Ancol menjadi salah satu objek wisata paling digemari warga Jakarta. Dapatkan kesempatan liburan ke Ancol secara gratis selama 3 minggu dalam rangka perayaan HUT Ke-497 Jakarta khusus di jam 5 sore s.d. tutup.

Lomba Pasar Bersih

26 Feb - 20 Juni 2024

Sebagai rangkaian dari kegiatan HUT ke-497 Kota Jakarta. PD Pasar Jaya menggelar lomba Pasar Bersih kepada Pasar yang berada di bawah naungannya. Penilaian lomba berupa pengecekan kebersihan dan kenyamanan pasar.

Launching Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer (ILP) di Puskesmas

Puskesmas Pasar Minggu dan Puskesmas Tebet, 20 Juni 2024

Dinas Kesehatan Kota Jakarta akan meresmikan Integrasi Pelayanan kesehatan Primer (ILP). Dalam kegiatan ini, pengumuman dan penyerahan apresiasi kepada kader berprestasi dan posyandu berprestasi  juga akan dilangsungkan. Kegiatan akan diadakan di Puskesmas Pasar Minggu dan Puskesmas Tebet.

Jamming at Station: Edisi HUT DKI Jakarta

10 - 17 Juni 2024

Kapan lagi ulang tahun Jakarta dirayakan dengan mesra di stasiun? Ya, untuk merayakan ulang tahun kota tercinta, PT MRT Jakarta akan mengadakan sebuah pameran di salah satu stasiun MRT yg ada. Pameran ini akan dihadirkan selama minggu ke dua di bulan Juni tahun ini. Sipa-siap ya bermesraan dengan gambar-gambar Jakarta di stasiun MRT.

Pekan Olahraga JIEP 2024

Kawasan Industri Pulogadung, 10 Juni 2024

Ada yang spesial lagi tahun ini. Sebuah acara yang dikhususkan untuk diikuti oleh para investor dan para tenant di Jakarta International Expo, Kemayoran, diadakan. Akan ada pertandingan bulu tangkis, tenis, dan futsal yang pasti seru untuk pula disaksikan oleh siapapun yang datang. Yuk, gabung dalam Pekan Olahraga JIEP 2024.

Festival Sastra Jakarta

2 - 16 Juni 2024

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggelar Festival Sastra Jakarta. Acara ini akan diadakan selama dua minggu penuh. Akan ada Workshop Kesusastraan yang bisa Anda hadiri. Talkshow Sastra juga akan menarik untuk diikuti. Selain itu, pameran karya sastra turut serta meramaikan festival ini. Bagi Anda penggemar sastra, jangan sampai lewatkan acara ini!

Jalan Sehat Bersama Ketua DPRD bersama KONI DKI Jakarta

16 Juni 2024

Siapa nih yang mau ikut jalan-jalan bersama Ketua DPRD dan Ketua Koni DKI Jakarta? Yuk ikut Jalan Sehat bersama para tokoh Jakarta ini yang akan dimulai dari  gedung DPRD Provinsi DKI Jakarta. Acara akan diadakan tanggal 16 Juni 2024. Anda cukup datang di titik kumpul awal dan nikmati jalan-jalan di sepanjang jalan Kota Jakarta!

Pameran Jakarta Tangguh

Seasons City Mall, 15 Juni 2024


Sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan kemampuan masyarakat dalam menghadapi bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menggelar sebuah pameran beratajuk Jakarta Tangguh 2024. Pameran ini sekaligus sebagai rangkaian dari HUT ke-497 Kota Jakarta. Sejumlah sarana prasarana penanggulangan  bencana, termasuk simulasi tanggap bencana akan disiapkan oleh tim BPBD. Catat tanggal dan lokasinya, jangan sampai terlewat ya!

Festival DKJ (Derap Kerjasama Jakarta)

Hotel Borobudur, 14 Juni 2024

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggelar ajang penghargaan untuk perusahaan-perusahaan yang menggelar program CSR (corporate social responsibility). Perusahaan bisa mendaftarkan langsung program CSR-nya untuk mengikuti ajang penghargaan yang mengambil tema "Harmoni Jakarta Kota Global" dan bakal digelar di Hotel Borobudur ini. Pemberian penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi kepada badan usaha yang telah melaksanakan CSR dengan baik dan berkesinambungan.

Peresmian Layanan Jantung, Stroke dan KIA Terpadu

RSUD Cengkareng, 14 Juni 2024

Jakarta selalu berkomitmen untuk menjadikan warganya warga yang sehat dan bahagia. Untuk itu, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta akan menambah layanan kesehatan yang ada di RSUD Cengkareng, yaitu layanan jantung, stroke, dan KIA terpadu. Kegiatan ini akan diadakan tanggal 14 Juni 2024. Mari wujudkan Jakarta kota sehat!

Jakarta Kreatif Festival (Jakreatifest)

Mall Kasablanka, 7-9 Juni 2024

masih inget dengan keseruan Jakarta Kreatif Festival 2023??? Berburu produk UMKM favorit sembari nonton talkshow edukatif dan fashion show berbagai wastra cantik hasil karya desainer lokal andalan? atau penampilan bintang-bintang top tanah air langsung dari dekat?

Jakarta Berjaga (Bergerak, Bekerja dan Berolahraga)

Monas, 9 Juni 2024

Kegiatan Jakarta BERJAGA bertujuan agar para pekerja ASN (Aparatur Sipil Negara) DKI Jakarta, pegawai swasta, warga masyarakat, usia produktif untuk menjadi role model dalam menerapkan perubahan gaya hidup yang lebih sehat dan aktif.

Turnamen Woodball Jakarta Piala Gubernur

4 - 7 Juni 2024

Gelaran Turnamen Woodball Jakarta Piala Gubernur akan hadir untuk diikuti oleh Anda. Tidak hanya siswa siswi SMP dan SMA di Jakarta, masyarakat umum, ASN, sampai Kelapa OPD pada satuan kerja pemerintah provinsi kota Jakarta juga bisa ikutan. Tunggu apa lagi? Tunjukkan kalau kamu kayak dapat pialanya!

Semasa Piknik

Taman Lapangan Banteng, 31 Mei - 2 Juni 2024

Semasa Piknik akan hadir di Taman Lapangan Banteng. Akan ada lebih dari 120 tenant mulai dari merchandise seni, fashion, makanan & minuman, aksesoris dan masih banyak lagi. Nikmati pertunjukan musik Jakarta City Sound yang dikurasi oleh JX Board.

Crisis Management Conference

LangHam Hotel, 28-31 Mei 2024

Jakarta menjadi tuan rumah “Crisis Management Conference (CMC)2024” untuk membahas penanganan bencana di sejumlah kota besar dunia. CMC merupakan pertemuan tahunan bagi 14 kota dari 14 negara anggota NCM. NCM merupakan jejaring internasional sebagai wadah bagi kota-kota dunia untuk mendiskusikan penanganan bencana dan Jakarta telah menjadi anggota sejak 2001.

Kejuaraan Olahraga Bagi Penyandang Tuna Dhaksa dan Netra

28 - 29 Mei 2024

Jakarta kota inklusi! Jakarta membuat sebuah rangkaian program hari ulang tahun yang juga bisa diikuti oleh kawan tuna daksa dan tuna netra. Kegiatan yang dilaksanakan adalah kejuaraan olahraga bagi penyandang tuna Daksa dan tuna netra. Diadakan di akhir bulan Mei, acara ini diadakan di Kolam Renang Gelanggang Jakarta Pusat dan Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro. Jangan sampai dilewatkan, ya!

Ekspo pendidikan dengan tema “Pendidikan Jakarta Untuk Semua”

27 Mei 2024

Mungkin banyak yang bertanya, kalau anak SD punya karya, seperti apa sih karyanya? anak SMP buat kerajinan, kana jadi apa sih? Buat yang selama ini bertanya-tanya, yuk datang saja ke Ekspo Pendidikan yang akan dilaksanakan di akhir bulan mei tahun ini!

Jakarta Internasioal Java Jazz

JIEXPO Kemayoran, 24-26 Mei 2024

Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2024 kembali dengan musisi-musisi favoritmu dari tanggal 24-26 Mei 2024 di JIEXPO Kemayoran Molecool kembali jadi sponsor di Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2024 dan udah nyiapin booth yang penuh kejutan, pastinya beda dari tahun-tahun sebelumnya!

Jakarta Sky Fun Run (diatas koridor 13)

26 Mei 2024

PT Transjakarta menggelar kegiatan lari bertajuk Jakarta Sky Fun Run 2024 dengan jarak tempuh 3K dan 5K. Peserta lari akan merasakan keseruan lari di atas langit kota Jakarta. Langsung daftarkan diri Anda melalui www.jakartaskyfunrun.com

Gowes dengan tema “Membangun SDM unggul di Jakarta melalui Sinergi, Elaborasi dan GO Internasional”

25 Mei 2024

Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta turut memeriahkan HUT ke-497 Kota Jakarta dengan menggelar Gowes bersama dengan Guru di seluruh sudin DKI Jakarta.

Pencanangan HUT Ke-497 Kota Jakarta

Bundaran HI, Sisi Barat Monas, 19 Mei 2024

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar Pencanangan HUT ke-497 Kota Jakarta, sebagai penanda dimulainya rangkaian acara peringatan hari ulang tahun kota ini. Momentum ini juga sebagai Pencanangan terakhir HUT Jakarta sebagai Ibukota Negara Indonesia.

Senam Bersama

Bundaran Hotel Indonesia, 19 Mei 2024

Peringatan HUT Kota Jakarta selalu dirayakan dengan penuh suka cita tiap tahunnya. Salah satunya, Senam Bersama di Bundaran HI. Acara ini akan menjadi rangkaian HUT Ke-497 Kota Jakarta yang menarik untuk diikuti. Jangan lupa ajak rekan dan keluarga

Berita HUT Jakarta





Skip to content