PETUGAS UJI SAMPEL IKAN BANDENG DI JL SULAIMAN

Kamis, 11 Februari 2021 11:00 WIB

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Barat bersama Dinas KPKP DKI Jakarta melakukan uji sampel ikan bandeng yang dijajakan oleh para pedagang musiman di Jl Sulaiman, Kelurahan Kemanggisan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.        

"Semua ikan yang dijual di sini segar-segar,"                     

Kepala Sudin KPKP Jakarta Barat, Iwan Indriyanto mengatakan, uji sampel ikan bandeng kali ini dilakukan dari 23 pedagang.

"Ada lima sampel dan hasilnya negatif atau tidak tercemar zat berbahaya seperti formalin. Semua ikan yang dijual di sini segar-segar," ujar Iwan di lokasi, Kamis (11/2).

Dikatakan Irwan, dalam pengambilan sampel, petugas menguji sampel dari ikan-ikan yang dicurigai mengandung zat berbahaya. Tak hanya melakukan uji sampel, pihaknya juga melakukan pengecekan organ ikan seperti mata hingga insang ikan.

"Secara kasat mata, insang ikan tidak terlihat pucat. Kemudian mata ikan juga tidak terlalu cembung dan tidak ada mata bandeng yang lepas. Jadi kalau seperti ini ikan segar," katanya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati menambahkan uji sampel ini bertujuan melindungi warga dari zat-zat berbahaya, sehingga warga bisa berbelanja ikan, daging maupun sayur mayur secara aman dan nyaman.

"Supaya warga tetap sehat. Ini salah satu upaya kami melindungi warga Jakarta," tandasnya.

Sekadar diketahui, menjelang perayaan Imlek, Jl Sulaiman, Kelurahan Kemanggisan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat selalu ramai dengan keberadaan penjual ikan bandeng musiman.




Reporter : Wuri Setyaningsih | Editor : Erikyanri Maulana