Jakarta.go.id
  •  •  English
  •  •  Login
  •  •  Signup
  • Balai Warga 2941

    Agus:

    Situs yang beralamatkan sosialisasirdtrdkijakarta.com, agar masyarakat luar bisa mendapatkan informa...

    imam:

    mohon info nya, untuk pendaftaran cpns tahun ini, apakah hanya bisa daftar di panselnas.menpan.go.id...

    Agus:

    Yth Humas DKI Jakarta, Mohon bantuannya untuk memberikan downloadan Peraturan Daerah (Perda) nomor 1...

    Anafiatul:

    salam.. CPNS DKI kpn ya dibuka pendaftarannya.......?? terimakasih...

    maharani:

    Mohon maaf apabila terdapat ketidaknyamanan atas sisipan komentar untuk mengisi kuesioner penelitian...

  

PIK Pulogadung Pasarkan Produk Lewat Kios Online

Posted: Jul 07, 2013 Category: Jakarta Kini
 

PIK onlineUntuk meningkatkan daya saing serta melebarkan pangsa pasar para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di kawasan Perkampungan Industri Kecil (PIK) Pulogadung, Unit Pengelola Kawasan Pusat Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Serta Pemukiman (UPK PPUMKMP) Pulogadung meluncurkan kios online sebagai media pemasaran produk usaha kecil.
 
Peluncuran situs dengan nama domain www.kiospikpulogadung.com, diharapkan Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP), Ratnaningsih, dapat meningkatkan omzet para pelaku usaha hingga 10 persen. Ratna berharap ke depannya para pelaku usaha dapat tetap menjaga mutu dan nama usahanya setelah mereka memasarkan produknya di dunia maya. "Jaga ketepatan waktu dan kualitas. Kita harus komitmen dengan waktu-waktu pengerjaan produk yang telah disepakati bersama pembeli," ujarnya, Jumat (5/7).
 
Mengenai tampilan situs, Ratna pun berpesan agar pengelolaanya sesuai estetika, tentunya dengan menampilkan grafis yang bergerak, sehingga menarik untuk dilihat. "Gambar situsnya jangan statis, dibuatlah bergerak. Tolong dilihat-lihat, setiap 3 atau 6 bulan sekali diubah tampilannya," tukasnya.
 
Kepala UPK PPUMKMP Pulogadung, Irwandi, mengakui hingga saat ini belum keseluruhan pelaku usaha tercantum dalam situs tersebut. "Saat ini baru 18 pelaku usaha yang usahanya tercantum dalam kios online," jelasnya.
 
Ia menyebutkan, kawasan PIK Pulogadung sendiri memiliki aset total luas lahan sebesar 126 Ha. Dari keseluruhan luas tersebut, saat ini baru dimanfaatkan sekitar 37 hektar untuk UKM. Sedangkan total jumlah pelaku usaha yang tercatat ada 546, dan menyerap sebanyak 5.600 tenaga kerja. "Total pelaku usaha ada 546, tetapi yang aktif sekitar 75 persen. Kadang mereka buka tutup," paparnya.
 
Keseluruhan pelaku usaha yang ada dalam kawasan PIK Pulogadung sendiri didominasi pelaku usaha kategori kecil yang mencapai 70 persennya. Dan sisanya 30 persen lagi merupakan kategori menengah. Sedangkan jenis usaha yang dominan ialah garmen mencapai 60 persen. Diikuti usaha tas sebesar 15 persen, dan bordir komputer 10 persen. "Tas kulit dan sepatu hanya 6 persen. Sedangkan sisanya produk logam dan makanan,"jelasnya.
 
Pemasaran produk-produk dari PIK Pulogadung sendiri saat ini sudah tersebar ke seluruh Indonesia. "Tapi yang terbesar itu ke Sumatera Barat dan Batam. Tapi untuk Tanah Abang, mereka pun ambil barangnya banyak dari sini," ucapnya.
 
Ia berharap dengan diluncurkannya kios online, dapat memacu pemasaran produk dari pelaku usaha di PIK Pulogadung hingga ke mancanegara. "Kalau pemasaran melalui pameran-pameran output-nya imbang dengan income, sehingga saya rasa kurang efisienlah. Oleh karena itu kita coba bukakan pasar melalui pemasaran online," tandasnya
 
Kegiatan peluncuran kios online itu juga dibarengi dengan peluncuran buku profil pengusaha UKM PIK Pulogadung, serta penyerahan 52 Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) untuk pelaku UKM PIK Pulogadung sebagai rangakaian menyambut HUT DKI Jakarta ke-486. Program ini sendiri menargetkan 100 pembuatan SIUP gratis, tapi karena belum melengkapi berkas, 48 di antaranya belum diterbitkan.
 
 
 
Reporter : budi
Sumber : beritajakarta.com


© 1995 - 2014 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map