Jakarta.go.id
  •  •  English
  •  •  Login
  •  •  Signup
  • Balai Warga 2956

    Rachmat:

    Selamat malam Admin Humas DKI Jakarta, mohon maaf sebelumnya karena saya orang awam disini. Saya ing...

    maryadi:

    selamat malam admin yg terhormat, mohon info untuk pengurusan SIUJK di gedung apa dan lantai berapa....

    Pury:

    Selamat siang pak, Saya ingin mengurus akte kelahiran saya, usia saya sekarang 22 thn. karena akte s...

    Nadia:

    Yth. Admin Balai Warga, Sehubungan dengan pertanyaan Ibu Anna, mohon info terkait dengan statistik ...

    anna:

    selamat sore pak... adakah peraturan mengenai perlindungan anak di jakarta?.. jika iya.. bisakah pe...

  

Jabatan Kepala Sekolah Dilelang Akhir Tahun

Posted: Jul 15, 2013 Category: Jakarta Kini
 

lelang kepsekSetelah sukses menggelar seleksi dan promosi terbuka jabatan atau yang lebih dikenal dengan lelang jabatan lurah dan camat, Pemprov DKI Jakarta kembali akan menggelar seleksi serupa untuk jabatan kepala sekolah (kepsek) tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
 
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta, Taufik Yudi Mulyanto mengatakan, pihaknya masih mematangkan rencana bersama instansi terkait lain seperti, Badan Kepegawaian Daerah (BKD),  Biro Hukum dan Biro Organisasi Tata Laksana (Ortala). "Lelang kepala sekolah, mungkin akhir tahun ini. Untuk semua sekolah negeri. Hari ini dirapatkan BKD, Biro Ortala, dan Biro Hukum," ujar Taufik, Jumat (12/7).
 
Dikatakan Taufik, lelang jabatan lurah dan camat akan dijadikan pembelajaran mengenai teknis pelaksanaannya. Seleksi ini, kata Taufik, akan dilakukan secara terbuka tetapi terbatas, yakni terbuka untuk semua guru internal pendidikan, tapi terbatas untuk guru-guru yang ada di Jakarta saja dan terbatas pada ilmu pendidikan. "Formatnya masih digodok, tidak hanya menyangkut pendidikan saja. Karena kita belajar dari lelang lurah dan camat. Ada tenaga kesehatan yang bisa jadi camat. Kita akan lihat dari kepangkatan serta masa jabatan misalnya," katanya.
 
Para peserta, sambung Taufik, nantinya akan menjalani beberapa tes seperti tes potensial akademik, psikotes, wawancara, dan paparan visi misi. Selain itu, kebijakan ini juga akan digabungkan dengan peraturan menteri yang telah ada sebelumnya. Sehingga kebijakan ini tidak akan menabrak aturan-aturan yang berlaku. "Akan kita bahas berbagai aspeknya. Karena ada norma-norma dari tingkat kementerian yang harus diikuti, sehingga nanti digabung," katanya.
 
Adapun tujuan diadakan lelang jabatan kepala sekolah, ditambahkan Taufik, agar tercipta transparansi dalam dunia pendidikan. Sebab, selama ini penempatan kepala sekolah dilakukan dengan cara penunjukan.
 
Dikatakan Taufik, lelang kepala sekolah akan dilakukan di 117 SMA, 63 SMK, 289 SMP, dan 2.200 SD. Guru-guru di Jakarta yang memeuhi persyaratan bisa mengajukan menjadi peserta. "Mereka yang bisa mendaftar adalah guru berpotensi, guru berprestasi, wakil kepala sekolah, atau kepala sekolah. Tapi juga dilengkapi dengan syarat pengalaman mengajar," tandasnya.  
 
 
 
Reporter : erna 
Sumber : beritajakarta.com


© 1995 - 2014 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map