Jakarta.go.id
  •  •  English
  •  •  Login
  •  •  Signup
  • Balai Warga 2997

    Nori:

    Yth Pak Gubernur, Ke mana bisa melaporkan dengan cepat pelanggaran Perda Larangan Merokok. Banyak te...

    dewi:

    sangat memberatkan persayratan pemasangan baru maupun + daya listrik di jakarta karna IMB samapi 5 j...

    dewi:

    saya sudah tanya pembuatan IMB jakarta pusat kemayoran sebesar diatas 5 juta mohon tinjauannya benar...

    Agus:

    Yth,Admin" mau nanya Keputusan Gubernur No. 1653 Tahun 2010 Tentang : Pemberian Uang Insentif Ope...

    firman:

    Yth dinas perhubungan, kapan dibetulkan jembatan pejaten barat raya, di depan pejaten village yang l...

  

Pembayaran PBB P2 Kini Bisa Lewat Kantor Pos

Posted: May 02, 2013 Category: Jakarta Kini
 

pbbPaska penandatanganan perjanjian kerja sama antara Pemprov DKI Jakarta dengan PT Pos Indonesia tentang penerimaan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) pada 1 Mei kemarin, kini masyarakat sudah bisa melakukan pembayaran pajak PBB P2 di seluruh kantor pos di Indonesia. Dengan begitu, masyarakat tak perlu repot lagi jika ingin mengurus pembayaran pajaknya, karena kantor pos juga dilengkapi sistem pendukung secara online.

“Tujuannya adalah untuk mempermudah warga DKI Jakarta melakukan pembayaran-pembayaran. Salah satu yang paling mudah bagi masyarakat adalah kantor pos. Apalagi kantor pos ini punya 69 unit kendaraan mobile yang secara online terhubung. Masyarakat tinggal datang, ada nomor objek pajaknya atau alamatnya, jadi masyarakat tidak perlu lagi menunggu surat pemberitahuan pembayaran pajak terhutang (SPPT) PBB. Tinggal lapor, print out sudah online,” ujar Basuki T Purnama, Wakil Gubernur DKI Jakarta, usai melakukan simulasi dan pertemuan dengan Direksi PT Kantor Pos Indonesia Pusat di Jl Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Kamis (2/5).

Dikatakan Basuki, ke depan pihaknya juga akan melakukan hal yang sama dengan kantor pos untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor. “Ke depan sedang kita pikirkan bagaimana kendaraan bermotor dan sebagainya atau pajak apapun termasuk hotel dan restoran. Kalau dia mau online dengan kantor pos kita juga mau kerja sama,” tambah Basuki.

Sementara itu, Direktur Teknologi dan Jasa Keuangan Pos Indonesia, Budi Setiawan menambahkan, pihaknya pada prinsipnya siap menjalankan pembayaran pajak secara online melalui kantor pos, baik itu nantinya pajak kendaraan bermotor maupun pajak lainnya seperti hotel dan restoran.

“Pada prinsipnya kita siap, karena outlet kita ada di semua wilayah. Kita akan mempermudah masyarakat dengan sosialisasi di berbagai tempat bahwa pada tanggal 1 Mei PBB P2 DKI Jakarta sudah bisa dibayarkan di semua kantor pos. Outlet kantor pos di DKI Jakarta ada 291, termasuk pos keliling, bahkan yang melingkupi Pelayanan Terpadu Malam Hari (PTMH),” ucap Budi.

Sistem yang dibuat, tambah Budi, merupakan real time online yang langsung terhubung dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. “Kita mengakses sistem pemerintah DKI Jakarta dan langsung terhubung dengan kantor Dinas Pelayanan Pajak DKI Jakarta dan akan langsung muncul bahwa yang bersangkutan telah membayar,” tandasnya.

 

Reporter: lopi

Sumber: beritajakarta.com


© 1995 - 2014 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map