Jakarta.go.id
  •  •  English
  •  •  Login
  •  •  Signup
  • Balai Warga 3026

    Rizki:

    Salam Persatuan Merdeka!, saya mengucakan selamat atas pelantikan Gebenur DKI Jakarta Bapak Basuki "...

    ismail:

    Yth. Pemprov DKI. kenapa pertanyaan saya mengenai syarat pecah PBB tgl 05-11-2014 belum ada tanggapa...

    firman:

    bendungan di jakarta bernama JEMBATAN. ambil contoh lagi di tendean. Jembatan di samping sekolah. be...

    firman:

    Yth Pak Ahok, saya kira ada banjir di kampung pulo dan rawajati disebabkan karena jembatan. Coba per...

    Suprapta:

    Yth Pemprov DKI, mohon kiranya bantuan uang pembinaan kepada atlet-atlet DKI yang diberikan secara l...

  

DKI Miliki Perda Pengelolaan Sampah

Posted: May 22, 2013 Category: Jakarta Kini
 

 

perda sampahSetelah melalui proses yang cukup panjang, Peraturan Daerah (Perda) Pengelolaan Sampah akhirnya disahkan DPRD DKI Jakarta. Dengan disahkannya perda tersebut, diharapakan bisa segera diimplementasikan untuk mewujudkan kota Jakarta yang bersih tanpa tumpukan sampah.
 
Anggota Badan Legislasi Daerah (Balegda) DKI Jakarta, Nadjmatul Faizah mengatakan, perda ini merupakan penyempurnaan dari Perda Nomor 5 tahun 1988 tentang Kebersihan Dalam Wilayah Jakarta dan turunan dari Undang-Undang Nomor 8 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan sampah sejenis. "Dalam perda yang lama belum diatur pengelolaan sampah dengan cara 3R (reduce, reuse, recycle), jadi disempurnakan," kata Faizah, Selasa (21/5).
 
Ia menyebutkan dengan penyempurnaan perda ini memperjelas pembagian tugas antara Pemprov DKI Jakarta maupun peran masyarakat dalam menjaga lingkungan agar tetap bersih. Selain itu, meningkatkan peran aktif masyarakat dan pelaku usaha untuk mengurangi dan menangani sampah.
 
Kendati demikian, pihak legislatif mengingatkan Pemprov DKI Jakarta untuk tetap mengadakan sosialisasi kepada masyarakat pentingnya menjaga kebersihan. Diharapkan pula dengan ditetapkannya perda ini tidak ada penumpukan sampah di sungai, pantai, waduk, dan taman, seperti saat ini. "Pengelolaan limbah cair agar benar-benar dilaksanakan dengan baik oleh PD PAL Jaya," ujarnya.
 
Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo mengatakan, dengan adanya perda yang baru ini diharapkan bisa memberikan dampak positif terhadap peningkatan partisipasi aktif masyarakat. "Kita harapkan pengelolaan sampah semakin baik dan berubah dari sebelumnya," harap Jokowi.
 
 
Reporter : erna
Sumber : beritajakarta.com


© 1995 - 2014 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map