Jakarta.go.id
  •  •  English
  •  •  Login
  •  •  Signup
  • Balai Warga 2749

    mochammad:

    sampai saat ini pembuatan saluran air di pulogebang rt.4 rw.6 cakung jaktim masih terlantar...

    Rafly:

    Selamat Siang Admin Pemda DKI, Saya mau menginformasikan mengenai keluhan warga disekitar tempat ti...

    Agung:

    Dear Admin, saya mau bertanya mengenai Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Secara kebetulan saat ini say...

    Bayu:

    Sebaiknya mulai sekarang harus ada peraturan tentang kendaraan yang memakai lampu berwarna putih yan...

    firmanto:

    Rasanya naif jika hal tersebut akan dilakukan lagi, ke warga yang lain. Bagaimana nasib saya sebagai...

  

ACARA PUNCAK HARI ULANG TAHUN KE-46 PD. PASAR JAYA TAHUN 2013

Posted: May 06, 2013 Category: Sambutan
 

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarakatuh,

Selamat siang dan salam sejahtera.

Yth. -  Direktur Utama, para Direksi danKetua Badan Pemeriksa PD. Pasar Jaya;

       -  Para Pejabat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta;

       -  Direksi PT. Bank DKI;

       -  Para Perwakilan Pedagang (Pengurus Koppas/Puskoppas);

       -  ParaKepala Pasar;

       -  Keluarga Besar Pegawai PD.Pasar Jaya;

       -  Undangan dan hadirin yang berbahagia.

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga kita dapat menghadiri acara puncak “Hari Ulang Tahun ke-46 PD. Pasar Jaya” di Unit Pasar Besar, Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur.

Dirgahayu PD. Pasar Jaya semoga sukses!, Saya harapkan momentum ini dapat dimanfaatkan untuk mengevaluasi dan memberikan inspirasi bagi peningkatan kinerja organisasi, serta meningkatkan pelayanan kepada para pedagang dalam menjalankan usahanya.

Saya juga menyampaikan apresiasi kepada Direksi, para pegawai PD. Pasar Jaya dan pedagang pasar, atas jalinan kemitraan yang semakin baik, sehingga pasar-pasar yang dikelola PD. Pasar Jaya senantiasa memberi kontribusi terhadap peningkatan perekonomian kota Jakarta.

Saudara-saudara yang saya hormati,

Di era globalisasi dan perdagangan bebas berbagai jenis pasar, seperti pasar modern, mal dan pasar tradisional, memiliki peran penting dan strategis dalam menggerakkan perekonomian. Membanjirnya berbagai produk luar negeri, seperti produk industri dan buah-buahan China dengan kwalitas lebih baik dan harga lebih murah ke  pasar-pasar, harus disikapi dengan strategi jitu dan menguntungkan pedagang pasar. Untuk itu PD. Pasar Jaya harus berperan besar dalam menjamin kesinambungan perdagangan di pasar yang dikelolanya sehingga tidak ditinggalkan para pelanggan yang setia.

Saya gembira diusianya yang mencapai 46tahun, PD.Pasar Jaya kembali menyelesaikan rehab/pembangunan beberapa pasar tradisional, sehingga pasar-pasar tradisional yang dikelola PD.Pasar Jaya, semakin memiliki daya tarikbagi konsumen, mampu menjawab tantangan, dan siap bersaing dengan pusat perbelanjaan modern yang tumbuh berkembang di seluruh wilayah Ibukota.

Tantanganyang dihadapi PD. Pasar Jaya saat inimasih bersifat klasik, antara lain meliputi pengelolaan pasar,masalahkebersihan,ketertiban dankeamanan, penegakan zoningserta kenyamanan konsumen untuk berbelanja. Hambatan lainnya adalah keberadaan pasar yang belum tertata rapi/benar, fasilitas umum yang beralih fungsi, sehingga perlu penataan kembali areal pasar agar lebih tertib,nyamanserta memberi kepastian, keamanan dan kenyamanan kepada para pedagang untuk berusaha.

Dalam kaitannya dengan pengelolaan pasar, jenis pasar potensi berkembang harus dikurangi secara bertahap dan dialihkan menjadi potensi tumbuh dan maju. Sayapercaya,melalui manajemen pasar yang baik dan profesional, secara bertahap PD. Pasar Jaya terus berupaya dan mampu memperbaiki wajah pasar-pasar yang dikeloladengan merenovasi dan membangun pasar-pasar yang relatif sudah berusia tua dan mengalami kerusakan.

Saudara Dirut PD.Pasar Jaya yang saya hormati,

Saat ini masih ada beberapa pasar yang mengalami kerusakan dan perlu peremajaan, serta pasar yang sudah dibangun namun belum terisi penuh oleh pedagang.  Beberapa tempat usaha di pasar dalam ukuran besar dan standar yangtersedia tetapi masihtutup, seharusnya tidak boleh lagi terjadi, karenaberpotensi mengurangi pendapatan PD. Pasar Jaya.

Terobosan dan inovasi cerdas harus terus dilakukan dalam melaksanakan renovasi pasar dengan mengintensifkankerjasama sponsorship penataan pasar, dankerjasama ruang pasar dengan retail (pedagang besar), tetapi dalam pelaksanaannyaharus tetap mengedepankan kepentingan usaha pedagang pasar.

Tingkatkan koordinasi dengan SKPD/UKPDterkait seperti Dinas P2B, Dinas Kebersihan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana, Dinas Tata Ruangdan Walikota setempat, agar peremajaan pasar sesuai harapan danmemenuhi ketentuan perundangan yang berlaku. Pasar yang telah selesai direnovasi diharapkan mampu meningkatkan kwalitas pasartersebutuntuk tampil lebih cantik, lebih indah, lebih sehat serta lebih aman dan nyaman bagi konsumen dan pedagang dalam melakukan transaksi.

Selanjutnya untuk dapat mencapai visi dan misinya, PD. Pasar Jaya harus senantiasa  mendapatkan dukungan para stakeholder, dan mengoptimalkan penggunaan aset,khususnyadilokasi yang  strategis,dengan konsep mix use tanpa menghilangkan fungsi pasar, serta bekerjasama dengan wilayah kota dalam menertibkan pedagang Kaki Lima yang berdagangdi sekitar pasar.

Kinerja positif PD.Pasar Jaya dalam mecukupi ketersediaan komoditas produk industri dalam negeri, sayur-mayur dan buah-buahan serta komoditas konsumsi lainnyaharus terus terjaga,karena pasar-pasar yang dikelola PD. Pasar Jaya memiliki konsumen tersendiri yang akan tetap menjadi pelanggan setia.

Akhirnya saya berharap, pasar-pasar yang dikelola PD. Pasar Jaya dapat terus tumbuh dan berkembang ke arah yang lebih baik, sehingga dapat meningkatkan hasil usaha dan keuntungan, yang pada akhirnya menambah kontribusisetoran pada PAD tahun 2013dan tahun berikutnya. 

Hadirin yang saya hormati,

Pada kesempatan ini juga diberikan Kartu Jakarta Sehat kepada perwakilan pedagang, semoga dapat dimanfaatkan untuk berobat di seluruh Puskesmas Kecamatan dan Puskesmas Kelurahan, serta pelayanan Kelas III di RSUD/RSKD dan Rumah Sakit Swasta atas rujukan RSUD, yang pembiayaannya ditanggung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Sekali lagi saya ucapkan Selamat Ulang Tahun ke-46 kepada jajaran Direksi dan segenap pegawai PD. Pasar Jaya, dengan harapan PD. Pasar Jaya mampu meningkatkan profesionalisme dan daya saing dalam rangka melayani kebutuhan dan tuntutan masyarakat yang tinggi, berperan besar sebagai penggerak perekonomian kota Jakarta serta memberikan kontribusi yang semakinbesarterhadap APBD DKI Jakarta.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan petunjuk dan ridho-Nya kepada kita.

Wassalamualaikum Warrohmatullahi Wabarokatuh.

19 JANUARI 2013


© 1995 - 2014 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map