Jakarta.go.id
  •  •  English
  •  •  Login
  •  •  Signup
  • Balai Warga 3291

    Hilda:

    Ternyata, maaf jika saya sebagai warga keturunan harus mengatakan, bahwa sebagai etnis Tionghoa saya...

    Hilda:

    Ternyata, maaf jika saya sebagai warga keturunan harus mengatakan, bahwa sebagai etnis Tionghoa saya...

    Hilda:

    April, Mei, Juni dan hampir Juli, pemilik Pluit Timur 3 No 6sudah memasukkan anjing jam 8 malam, sed...

    Hilda:

    Selamat Ulang Tahun, Pak Ahok. Mohon maaf, kami berharap masyarakat sadar akan hidupepa selira. Moho...

    Benny:

    Mohon informasi untuk nama nama penerima KJP 2015 kapan bisa diketahui? dan dimana untuk bisa menget...

  

Pengerukan Kali Grogol Gunakan Excavator Amphibi

Posted: Apr 14, 2013 Category: Jakarta Kini
 

pengerukan kali grogolProyek pengerukan sungai tengah berlangsung di Jakarta. Di Jakarta Selatan, satu unit Excavator Amphibi dikerahkan dalam proyek pengerukan di Kali Grogol, di Jl Margaguna, Kebayoranlama, Jakarta Selatan. Alat berat itu digunakan untuk mengeruk delta atau tanah yang dihasilkan dari pengendapan lumpur yang menyebabkan pendangkalan. 
 
Kepala Sudin Pekerjaan Umum (PU) Tata Air Jakarta Selatan, Irvan Amtha menuturkan, pengerukan Kali Grogol dilakukan di dua titik utama yakni di Jl Margaguna dan di Jl Jatayu Kebayoranlama Selatan. "Kami kerahkan excavator amphibi karena kalinya cukup lebar dan dibantu excavator biasa untuk mengangkut material dn dipindahkan ke truk sebelum nantinya dibuang," ujar Irvan, Jumat (12/4). 
 
Pengerukan di Kali Grogol, lanjut Irvan, akan berlangsung selama dua pekan. "Kalau program yang dibuat untuk Kali Grogol yakni dua minggu. Lihat situasinya semoga lebih cepat karena deltanya sekitar 300 meter persegi dan pengerukan direncanakan hingga 3 meter," katanya.
 
Dikatakan Irvan, pengerukan ini merupakan langkah untuk mencegah banjir. Dengan pengerukan yang dilakukan, diharapkan debit air di aliran kali tak lagi meluap hingga menggenangi jalan maupun pemukiman di Jakarta. "Program pengerukan kali ini adalah untuk jangka pendek, memang sementara tapi semoga bisa mengurangi bencana banjir," tuturnya.
 
Dikatakan Irvan, selain di Kali Grogol, saat ini pengerukan juga dilakukan di empang resapan Jl Arab Pasarminggu dan saluran penghubung Jl Swadharma Ulujami. "Di lokasi pengerukan kami kerahkan empat unit excavator biasa. Sedangkan untuk excavator amphibi baru digunakan di Jl Margaguna dan hanya 1 unit," katanya.
 
Ditambahkan Irvan, selanjutnya Sudin PU Tata Air Jakarta Selatan juga akan melakukan pengerukan di Kali Cideng, Kali Jelawe, Kali Cabang Tengah dan saluran penghubung Sekretaris. "Anggaran untuk keseluruhan pengerukan mencapai sekitar Rp 15 miliar," tandasnya. 
 
 
 
Reporter : rio
Sumber : beritajakarta.com


© 1995 - 2015 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map