Jakarta.go.id
  •  •  English
  •  •  Login
  •  •  Signup
  • Balai Warga 2756

    mochammad:

    sampai saat ini saluran air di pulogebang RT.4 RW.6 Cakung Jaktim masih Terlantar, saya akan report ...

    mochammad:

    sampai saat ini saluran air di pulogebang RT.4 RW.6 Cakung Jaktim masih Terlantar, saya akan report ...

    Alex:

    Yth. Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, tolong dibantu, mengenai masalah TPS liar yang ada di ...

    Bayu:

    Saya sarankan di Indonesia ini memiliki hari libur nasional atau hari spesial untuk nostalgia/mengen...

    Nawawi:

    Selamat malam Admin Pemda DKI, kami Warga RT8/RW5 cengkareng Barat telah menyampaikan keluhan & Kebe...

  

Pendaftaran Online Seleksi Terbuka Diminati

Posted: Apr 09, 2013 Category: Jakarta Kini
 

lelang jabatan

Animo peserta seleksi terbuka jabatan lurah dan camat diminati kalangan pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. Bagaimana tidak, hanya dalam rentang waktu tiga setengah jam pendaftaran di hari pertama ini, tercatat sebanyak 226 peserta telah mendaftarkan diri ikut seleksi terbuka atau lelang jabatan lurah dan camat melalui pendaftaran secara online.  

Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta, Budi Utomo mengatakan, hingga pukul 13.30 sudah 226 peserta yang mendaftar melalui laman www.jakgov.jakarta.go.id. Padahal pendaftaran baru dibuka pada pukul 10.00. Dari total peserta yang mendaftar 75 diantaranya ingin menjadi camat, sementara sisanya 151 mendaftar sebagai lurah. "Sudah 230 yang mendaftar," ujar Budi, di Balaikota DKI Jakarta, Senin (8/4).

Dikatakan Budi, total ada sekitar 6.000 PNS di lingkungan Pemprov DKI Jakarta yang memenuhi syarat untuk mengikuti proses seleksi ini. Karenanya, jika ada peserta yang tidak memenuhi syarat, maka akan langsung ditolak oleh sistem yang ada. "Ada ribuan PNS yang memenuhi syarat sebagai camat dan lurah, dari total PNS mencapai 74.283 orang," katanya.

Untuk dapat mendaftar, kata Budi, calon peserta harus memasukan Nomor Induk Pegawai (NIP) dan  Nomor Register Kepegawaian (NRK). Kemudian secara otomatis data-data PNS langsung muncul. Pendaftaran sendiri dibuka selama 15 hari yakni mulai 8-22 April mendatang. Pendaftaran dibuka selama 24 jam melalui sistem online dan ditutup tepat pada pukul 00.00 tanggal 22 April.

Selanjutnya, peserta yang telah mendaftar diwajibkan mengikuti ujian online yaknni pada 24-25 April, yang mencakup tes dengan materi pembangunan, pelayanan publik, dan pemerintahan. Masing-masing peserta akan mendapatkan soal yang berbeda dengan bobot yang sama. Kemudian dilanjutkan dengan tes kompetensi assesment center, wawancara, psikologi, tulisan, serta tes visi dan misi.

Untuk tes kompetensi assesment center, Pemprov DKI Jakarta bekerjasama dengan Mabes Polri. Ia menyebutkan, jika peserta yang telah mengikuti seleksi administrasi, namun tidak hadir saat diundang maka dianggap gugur.

Pihaknya, tambah Budi, juga membuka layanan pengaduan terkait dengan proses lelang jabatan ini di nomor 021-3455552. Selain itu, dibuka juga posko sekretariat seleksi jabatan di lantai 20 Blok G gedung Balaikota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan.

Seperti diketahui, Pemprov DKI Jakarta menggandeng Mabes Polri dalam pelaksanaan sistem lelang jabatan ini. Sebab di lingkungan Pemprov DKI, sistem ini baru pertama kali dijalankan. Untuk tahap awal, seleksi ini hanya untuk jabatan lurah dan camat yang kosong. Saat ini setidaknya ada 25 jabatan lurah dan 3 jabatan camat yang kosong. Namun tahap berikutnya ditujukan bagi seluruh jabatan yang ada. Di Jakarta ada sebanyak 44 kecamatan dann 267 kelurahan.

 

Reporter: erna

Sumber: beritajakarta.com


© 1995 - 2014 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map