Jakarta.go.id
  •  •  English
  •  •  Login
  •  •  Signup
  • Balai Warga 3029

    Ono:

    Yth. Pak Gubernur Ahok, di dekat tempat kami di RW 09 Duren Sawit ada taman dan sasana krida karang ...

    ahmad:

    Slamat malam. Kalo mau lapor dengan melampirkan bukti foto kemana media sosial yang tepat mdi dki a...

    bambang:

    halo, alamat untuk pelayanan pendaftaran hak cipta dan SNI merk saya http://pengrajinkarpet.com di d...

    Rizki:

    Salam Persatuan Merdeka!, saya mengucakan selamat atas pelantikan Gebenur DKI Jakarta Bapak Basuki "...

    ismail:

    Yth. Pemprov DKI. kenapa pertanyaan saya mengenai syarat pecah PBB tgl 05-11-2014 belum ada tanggapa...

  

Tiga Tempat Bersejarah di Jakarta Direvitalisasi

Posted: Mar 04, 2013 Category: Jakarta Kini
 

Bamus BetawiTingginya perhatian dan kepedulian terhadap pengembang budaya Betawi terus ditunjukkan Pemprov DKI Jakarta. Ya, setelah menjalankan lima program utama untuk pengembangan budaya Betawi, di bawah kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo tahun ini juga akan merevitalisasi gedung ataupun objek bersejarah Betawi. 
 
"Untuk kebudayaan Betawi di gedung eks Kodim Jakarta Timur, revitalisasinya segera kita mulai dengan alokasi anggaran dari APBD Perubahan tahun ini," ujar Joko Widodo, Gubernur DKI Jakarta, di sela-sela Musyawarah Besar (Mubes) Badan Musyawarah Masyarakat (Bamus) Betawi di Asrama Haji Pondokgede, Jakarta Timur, Sabtu (2/3). 
 
Selain itu, Museum MH Thamrin yang terletak di Kelurahan Kenari, Menteng, Jakarta Pusat serta Makam Pangeran Jayakarta di Jakarta Timur juga segera direvitalisasi pada tahun ini. "Revitalisasinya akan kita selesaikan dalam dua tahun. Karena memang dananya sudah ada," kata Jokowi. 
 
Sebelumnya, Pemprov DKI sudah menjalankan lima program dalam rangka pelestarian dan pengembangan budaya Betawi. Kelima program itu yakni, penggunaan baju khas Betawi bagi para ke PNS, rencana pembuatan pergub tentang seluruh bangunan di Jakarta dengan ornamen khas Betawi, rencana pembangunan Masjid Raya Jakarta, pembangunan perkampungan budaya Betawi Setu Babakan dan pengembangan Muatan Lokal budaya Betawi. 
 
"Untuk muatan lokal, saat ini kita masih mengumpulkan materi, dan tahun depan mudah-mudahan jadi. Agar anak-anak kita bisa lebih kenal budaya Betawi," katanya.
 
Dalam kesempatan itu, Jokowi juga sempat berpantun dengan mengajak warga Betawi untuk bersatu dalam membangun Jakarta. "Pohon sawi kembang sepatu, ikan sepat ikan gurame. Warga Betawi mari bersatu, membangun Jakarta rame-rame," kata Jokowi yang langsung disambut tepuk tangan meriah dari para peserta Mubes Bamus Betawi.
 
Ketua Umum Bamus Betawi, Nachrowi Ramli mengatakan, organisasi yang dipimpinnya akan menjadi agen pembaruan. "Jadikan kita agen pembaruan, cirinya peduli terhadap dinamika perubahan, perkembangan politik, ekonomi, sosial dan budaya. Jangan alergi terhadap perubahan," pintanya.
 
Dalam musyawarah yang juga mengagendakan pemilihan Ketua Umum Bamus Betawi ini, diikuti oleh 500 peserta yang mewakili 114 ormas yang ada di Jakarta.
 
 
 
 
Reporter: rio
Sumber : Beritajakarta.com


© 1995 - 2014 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map