Jakarta.go.id
  •  •  English
  •  •  Login
  •  •  Signup
  • Balai Warga 2950

    Handi:

    Mohon agar dokumen Pedoman Lembaga Musyawarah Kelurahan disediakan dalam format yang lebih baik. Saa...

    Lie:

    Pertanyaan lain Pak : 1. Apakah semua warga DKI berhak mendapatkan BPJS tanpa kecuali ? 2. Dimana ...

    Lie:

    Sore Pak, saya ingin bertanya, saya sudah melihat bagian Pegurusan SIUP dan sudah melengkapi persyar...

    Eddy:

    Selamat siang Pak, saya mahasiswa di Jakarta sedang menulis tugas akhir kuliah. Dan berniat mau wawa...

    Faray:

    selamat sore pak, saya mau tanya kalau saya mau lihat laporan saya yang terdahulu bagaimana caranya ...

  

Puskesmas Kembangan Tambah Fasilitas Rawat Inap

Posted: Mar 08, 2013 Category: Jakarta Kini
 

puskesmas kembanganUntuk meningkatkan pelayanan sekaligus memberikan kemudahan bagi warga dalam memperoleh layanan kesehatan prima, Puskesmas Kecamatan Kembangan berencana menambah fasilitas rawat inap dari sebelumnya hanya terdapat lima tempat tidur menjadi 12 tempat tidur di tahun 2013.

Selain menambah fasilitas ruang rawat inap, puskesmas yang berada di Jl Topaz Raya Blok F II No 3T, Kelurahan Meruyautara, Kecamatan Kembangan, sebelumnya juga telah membuka layanan unit gawat darurat (UGD), layanan kesehatan 24 jam, rawat jalan, ruang bersalin dan berbagai konsultasi layanan spesialisasi seperti, pengobatan umum, gigi, periksa kehamilan, imunisasi, KB dan lain sebagainya. "Untuk ruang rawat inap dari seblumnya hanya lima unit akan kita tambah menjadi 12 unit di tahun ini," ujar Irma Sufriani, Kepala Puskesmas Kecamatan Kembangan, Jumat (8/3).

Dikatakan Irma, jumlah pasien yang berobat ke Puskesmas Kecamatan Kembangan mencapai rata-rata mencapai 400-500 pasien per hari dan dilayani oleh 76 tenaga medis dimana 48 diantaranya berstatus PNS dan sisanya pegawai kontrak. "Untuk pasien rawat inap, sejak November 2012 hingga kini tercatat sudah 35 pasien yang dirawat di puskesmas ini. Dari jumlah itu, 28 diantaranya merupakan pengguna Kartu Jakarta Sehat (KJS) dan sisanya tidak menggunakan KJS," kata Irma.

Mengenai tarif rawat inap, dikatakan Irma, pihaknya mengacu pada Pergub No 68 Tahun 2012 tentang Tarif Pelayanan Puskesmas Kecamatan menyebutkan rata-rata per harinya Rp 200 ribu, sudah termasuk biaya perawatan, kunjungan dokter, makanan, pemeriksaan lab, dan lain sebagainya. "Tapi sesuai aturan yang berlaku, bagi pasien pengguna KJS tetap gratis. Umumnya pasien rawat inap di puskesmas ini menderita demam berdarah dan penyakit tipes," ucap Irma.

Aden Agustendi (50), warga RT 02/02, Kelurahan Kembanganutara yang menjadi salah satu pasien rawat inap di Puskesmas Kembangan mengaku puas dengan pelayanan yang diberikan pihak puskesmas. "Saya sudah tiga hari dirawat di Puskesmas Kembangan. Sejauh ini pelayanannya memuaskan. Mudah-mudahan ke depan pelayanannya tetap semakin baik dan memuaskan terutama bagi pengguna KJS seperti saya," tandas Aden.

 

Reporter: moan

Sumber: beritajakarta.com


© 1995 - 2014 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map