Jakarta.go.id
  •  •  English
  •  •  Login
  •  •  Signup
  • Balai Warga 2757

    mochammad:

    sampai saat ini saluran air di pulogebang RT.4 RW.6 Cakung Jaktim masih Terlantar, saya akan report ...

    mochammad:

    sampai saat ini saluran air di pulogebang RT.4 RW.6 Cakung Jaktim masih Terlantar, saya akan report ...

    mochammad:

    sampai saat ini saluran air di pulogebang RT.4 RW.6 Cakung Jaktim masih Terlantar, saya akan report ...

    Alex:

    Yth. Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, tolong dibantu, mengenai masalah TPS liar yang ada di ...

    Bayu:

    Saya sarankan di Indonesia ini memiliki hari libur nasional atau hari spesial untuk nostalgia/mengen...

  

Jokowi-Basuki Resmi Pimpin DKI Jakarta

Posted: Oct 15, 2012 Category: Jakarta Kini
 

Gub baruJoko Widodo-Basuki Tjahaya Purnama akhirnya resmi dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2012-2017. Pelantikan keduanya dilakukan langsung Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi dalam Sidang Istimewa Paripurna DPRD DKI Jakarta, Senin (15/10).

Pengangkatan Jokowi dan Basuki Tjahaya sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2012-2017 tercantum dalam Keputusan Presiden RI No 88/B/2012 tanggal 8 Oktober 2012 tentang Pengangkatan Joko Widodo dan Basuki Tjhaya sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2012-2017.

Pada kesempatan itu, Gamawan mengingatkan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang baru untuk merealisasikan janji-janji yang telah disampaikan saat masa kampanye lalu. Dirinya juga mengingatkan, bahwa masyarakat Jakarta merindukan sistem transportasi yang nyaman, bebas macet, bebas banjir, pemukiman layak, sarana bermain anak dan pendidikan yang layak.

Namun demikian, persoalan yang ada di Jakara menurut Gamawan, tidak bisa diselesaikan hanya oleh kepala daerah saja. Melainkan harus adanya kerjasama antara pemerintah daerah dan stakeholder yang ada. "Pembangunan tidak pernah sekali jadi. Harus ada kerjasama yang baik," ujar Gamawan, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (15/10).

Selain itu, lanjut Gamawan, Pemprov DKI Jakarta juga harus berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang ada disekitarnya seperti Jawa Barat dan Banten. "Jakarta tak mungkin bisa maju tanpa koordinasi dengan pemerintah pusat dan provinsi tetangga," katanya.

Sementara itu, Gamawan juga memuji atas sportivitas dalam pemilihan gubernur (Pilgub) DKI Jakarta. Terlebih, pasangan Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli bisa secara legowo menerima kekalahannya. Sikap yang diambil oleh Fauzi yang mengucapkan selamat atas kemengannya dianggap sebagai sikap negarawan.

Ketua DPRD DKI Jakarta, Ferrial Sofyan menuturkan, beberapa pembangunan di Jakarta yang belum dapat dilaksanakan pada masa kepemimpinan Fauzi Bowo diharapkan bisa diteruskan. Meski demikian memang tidak sedikit juga yang telah dicapai oleh Fauzi Bowo. Seperti indeks prestasi manusia (IPM) yang mencapai angka 78 atau lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata nasional yang hanya 72,6.

Selain itu, DKI Jakarta juga telah mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam pengelolaan keuangan daerah. "Saya mengucapkan terimakasih, kepada Pak Fauzi dan Pak Prijanto yang sudah bekerja keras membangun Jakarta selama lima tahun. Kita tidak menutup mata banyak pembangunan yang belum tercapai, tapi juga ada yang sudah terlaksana," kata Ferrial.

Ditegaskan Ferrial, Pemprov dan DPRD DKI Jakarta akan bersama-sama membangun kota Jakarta. Terlebih, sesuai Undang-undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, DPRD dan gubernur merupakan mitra sejajar di pemerintahan daerah walaupun dengan tupoksi yang berbeda.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, Mantan Presiden RI Megawati Soekarno Putri, Wakil Gubernur Banten Rano Karno, Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso, Mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto, Ketua Gerakan Rakyat Indonesia Baru Hercules dan lain sebagainya.


 

 

Reporter: erna 

Sumber: beritajakarta.com


© 1995 - 2014 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map