Jakarta.go.id
  •  •  English
  •  •  Login
  •  •  Signup
  • Balai Warga 2999

    maulana:

    Yth , maaf sy bertnya , apakah bisa mengurus izin usaha melalui online mohon jawabanny...

    maulana:

    Yth pemda dki , sy mau mengurus izin usaha , harus kemana ???...

    Nori:

    Yth Pak Gubernur, Ke mana bisa melaporkan dengan cepat pelanggaran Perda Larangan Merokok. Banyak te...

    dewi:

    sangat memberatkan persayratan pemasangan baru maupun + daya listrik di jakarta karna IMB samapi 5 j...

    dewi:

    saya sudah tanya pembuatan IMB jakarta pusat kemayoran sebesar diatas 5 juta mohon tinjauannya benar...

  

PERINGATAN HARI KESATUAN GERAK (HKG) PKK KE 40 DAN LOMBA 10 PROGRAM POKOK PKK

Posted: Sep 17, 2012 Category: Sambutan
 

Assalamualaikum Wr.Wb,          

Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua.

Yth.-  Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta atau yang mewakili;

      -  Para Anggota Forum KomunikasiPimpinan Daerah Provinsi DKI Jakarta;

      -  Asisten Kesmas Sekda Provinsi DKI Jakarta;

      -  Para Kepala Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD)PemerintahProvinsi DKI Jakarta- selaku Anggota Dewan Penyantun Tim PenggerakPKK Provinsi DKI Jakarta;

      -  Walikota/Bupati Provinsi DKI Jakarta;

      -  Ketua Umum Tim Pengerak PKK berserta jajarannya;

      -  Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakartabeserta jajarannya;

      -  Para Ketua Tim Penggerak PKK Kota/Kabupaten Provinsi DKI Jakarta;

      -  Para sesepuh Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta;

      -  Para Mitra Kerja Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta;

      -  Bapak/Ibu Kader PKKyang berbahagia.

Alhamdulillah, pada momentum yang bersejarah ini, marilah kita memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya,kita dapat hadir pada acara “Peringatan  Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-40 dan Lomba 10 Program Pokok PKK”dalam rangka memeriahkan Peringatan HUT ke-485 Kota Jakarta.

Pada kesempatan ini, saya atas nama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengucapkan  terima kasih dan memberikan apresiasi kepada segenap jajaran Pengurus PKK, mulai dari tingkat Provinsi, Kota/Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan, RW, RT dan Dasawisma di seluruh Provinsi DKI Jakarta, atas kegiatan yang telah dilakukan selama ini untuk mendukung program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Jakarta.

Tim Penggerak PKK dengan 10 program pokoknya telah melakukan banyak hal yang hasilnya telah dirasakn oleh warga masyarakat. Berbagai upaya dalam rangka peningkatan ketahanan keluarga dan ketahanan pangan, peningkatanpendapatan keluarga, peningkatan pendidikan keluarga, peningkatan kualitas lingkungan, peningkatan kualitas kesehatan dan KB yang dilakukan oleh Kader PKK pada keluarga-keluarga sasaran di RW Binaan.

Hadirin yang saya hormati,                            

Selaku Ketua Dewan Penyantun Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta, saya ingin menyampaikan, bahwa Pemerintah ProvinsiDKI Jakarta memiliki kepentingan dan perhatian yang sangat besar dalam memfasilitasi dan mendorong Gerakan PKK, agar terus tumbuh dan berkembang, sehingga mampu memberikan kontribusi dalam menyukseskan program-program pembangunan, dan berkontribusi mewujudkan Jakarta-ku Harapan-ku.

Pemerintah ProvinsiDKI Jakarta menyadari, bahwa tidak semua program dan kegiatan yang telah ditetapkan akan dapat dilaksanakan oleh aparat Pemerintah Daerahsendiri, melainkan akan lebih efektif apabila dilaksanakan melalui dukungan dan membangun kerjasama dengan PKK. Keberadaan dan kiprah PKK sangat dibutuhkan, terlebih-lebih ketika kita dihadapkan pada dinamika masalah dan tuntutan kebutuhan masyarakat yang harus diatasi dan dipenuhi secara simultan.

Kehadiran PKK yang telah teruji keberadaannya, memberikan harapan besar bagi Pemerintah ProvinsiDKI Jakarta untuk bersama-sama mengatasi berbagai permasalahan yang berkembang dalam kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, saya berharap kiranya PKK dalam mengembangkan kegiatannya tidak berdiri sendiri, melainkan harus bermitra secara sinergis dengan lembaga swadaya masyarakat dan Pemerintah ProvinsiDKI Jakarta. Apabila kemitraan seperti ini dapat dikembangkan, Insya Allah akan mampu mempercepat program pemberdayaan masyarakat dan mendorong percepatan pencapaian MDGs. Selain itu, berkat kerja keras para Kader PKK, ternyata mampu memberikan kontribusi terhadap penurunan Total Fertility Rate (TFR)yang sangat signifikan.

Pada tahun 1970-an TFR DKI Jakarta sekitar 4,20, sedangkan pada tahun 1990-an menjadi 2,20 dan saat ini telah mencapai 1,90. Keberhasilan lain yang diraih Kader PKK DKI Jakarta telah mampu mengukir prestasi nasional yaitu telah mendapatkan Juara I atau Pakarti Utama I untuk Lomba Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT), Lomba Pemanfaatan Hasil Toga, dan Lomba Hatinya PKK, sedangkan Juara II atau Pakarti Utama II untuk Lomba Tertib Administrasi dan Lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K). Terkait dengan prestasi tersebut, saya mengucapkan selamat dan terima kasih kepada para pemenang lomba 10 program pokok PKK tingkat nasional, yang telah mengharumkan nama baik Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta.

Hadirin yang saya hormati,

Seiring dengan dinamika dan perkembangan Kota Jakarta, saya perlu mengingatkan bahwa tugas dan tanggung jawab Kader  PKK ke depan semakin berat, mengingat kompleksnya permasalahan sosial kemasyarakatan di DKI Jakarta, seperti masih tingginya angka pengangguran dan angka putus sekolah, banyaknya penyandang masalah kesejahteraan sosial. Permasalahan-permasalahan pokok tersebut hendaknya menjadi pemicu dan pemacu semangat kerja para Kader PKK untuk meningkatkan kinerja. Mencermati dan menyikapi hal tersebut saya mengharapkan PKK beserta mitra strategisnya (SKPD/UKPD dan LSM) dapat mengarahkan seluruh program dan kegiatannya pada wilayah-wilayah binaan.

Memasuki pertengahan tahun 2012 ini, PKK perlu menetapkan strategi untuk lebih meningkatkan pemberdayaan masyarakat, dengan melaksanakan kegiatan di wilayah RW Binaan agar mampu menentukan program-program strategis yang bermanfaat bagi peningkatkan kualitas hidup masyarakat. Alhamudulillah, Indek Pembangunan Manusia (IPM) selama 4 tahun mengalami peningkatan. Pada tahun 2007 nilai IPM DKI Jakarta sebesar 76,60 menjadi 78,0 pada tahun 2011 jauh diatas rata-rata tingkat nasional yang baru mencapai 72,60. Insya Allah dengan kerja keras para Kader PKK akan mampu memberikan kontribusi dalam peningkatan IPM Indonesia.

Gambaran yang memprihatinkan tersebut, harus dijadikan alasan dan semakin memacu semangat Kader PKK untuk melaksanakan program pemberdayaan masyarakat dan KB secara konsisten. Apabila program ini tidak dilaksanakan secara konsisten dan konsekwen  maka IPM Indonesia akan mengalami penurunan  dan pertambahan penduduk semakin tidak terkendali, yang pada gilirannya akan berdampak negatif terhadap upaya-upaya pembangunan lainnya.

Hadirin yang saya hormati,                                      

 Saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada PKK, karena telah merintis program pemberdayaan keluarga di DKI Jakarta melalui kegiatan Road Show Pemberdayaan Keluarga maupun Program Percepatan Pemberdayaan Masyarakat. Dalam road show tersebut telah ditetapkan RW-RW binaan, yang menjadi target utama dalam program pemberdayaan masyarakat. Dalam rangka mendukung kesinambungan kegiatan tersebut saya berharap agar SKPD/UKPD, Instansi Swasta dan Lembaga Swadaya Masyarakat dapat menggalang kemitraan dengan PKK untuk mendukung penyelenggaraan Program Percepatan Pemberdayaan Masyarakat (P3M).

Dalam kapasitas sebagai Ketua Dewan Penyantun Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta, saya memberikan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan Program Percepatan Pemberdayaan Masyarakat pada RW-RW Binaan. Oleh karena itu,  Para Walikota maupun Bupati Kepulauan Seribu, hingga seluruh jajaran  kelurahan, saya minta memberikan dukungan dan  mensukseskan program dan kegiatan tersebut.

Mengakhiri sambutan ini, saya ucapkan selamat melaksanakan tugas, semoga PKK mampu mensinergikan program pemberdayaan masyarakat, yang semakin bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan keluarga.

Demikian hal-hal yang dapat saya sampaikan, SemogaAllah SWT,Tuhan Yang Maha Esa,senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingan-Nya kepada kita semua.Aamiin.

Wabilahi Taufiq Walhidayah

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Jakarta, 6 Juni 2012


© 1995 - 2014 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map