Jakarta.go.id
  •  •  English
  •  •  Login
  •  •  Signup
  • Balai Warga 2751

    mochammad:

    sampai saat ini saluran air di pulogebang RT.4 RW.6 Cakung Jaktim masih Terlantar, saya akan report ...

    Tiok:

    Dear Admin, saya mau menyampaikan keluhan warga RT 013 RW 007 Cipinang Besar Utara, terkait tempat p...

    mochammad:

    sampai saat ini pembuatan saluran air di pulogebang rt.4 rw.6 cakung jaktim masih terlantar...

    Rafly:

    Selamat Siang Admin Pemda DKI, Saya mau menginformasikan mengenai keluhan warga disekitar tempat ti...

    Agung:

    Dear Admin, saya mau bertanya mengenai Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Secara kebetulan saat ini say...

  

PENERIMA PENGHARGAAN LINGKUNGAN HIDUP TAHUN 2012

Posted: Sep 17, 2012 Category: Sambutan
 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Selamat siang, salam sejahtera untuk kita semua,     

 

Yth.-  Sdr. Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta;      

      -  Para Walikota dan Bupati Provinsi DKI Jakarta;

      -  Kepala Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah Provinsi DKI Jakarta;

      -  Para Pejabat dan jajaran di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ;

      -  Undangan dan hadirin yang berbahagia,

 

Marilah kembali kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa,karena karunia, hidayah, dan perkenan-Nya, pada kesempatan pertama,  saya ucapkan selamat kepada para Walikota Provinsi DKI Jakarta, yang telah berhasil menerima penghargaan “Lingkungan Hidup Tahun 2012.

Saya merasa bersyukur dan bangga atas pencapaian kinerja kota-kota di DKI Jakarta, dalam melaksanakan program-program peningkatan kualitas lingkungan.

Hadirin yang saya hormati,

Kita sungguh menyadari bahwa kota yang berkembang terus menerus, harus ditata sedemikian baik sehingga mampu mengakomodir kebutuhan penghuninya dengan segala dinamika yang terjadi seiring dengan perkembangan kotanya.

Satu hal yang harus dipahami, dalam menata kota yang sudah jadi, sungguh jauh lebih sulit apabila dibandingkan dengan mengendalikan kota yang sudah terencana dan dimulai pertumbuhannya sejak awal. Pada saat kota berkembang terus dan makin mendunia, akan muncul juga beragam kekontrasan baik fisik maupun non fisik. Untuk itu telah banyak kesepakatan dunia yang dilaksanakan, sehingga Pemerintah Daerah harus mempunyai komitmen yang tinggi untuk menata setiap kota dengan mengacu pada pembangunan yang berkelanjutan dan berbasis pelestarian lingkungan.

Dalam pelaksanaan pembangunan kota Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah berupaya memasukkan upaya-upaya pelestarian lingkungan dalam berbagai aspek, yaitu:

1.   Memasukkan perencanaan pembangunan berbasis mitigasi bencana dan antisipasi dampak perubahan iklim dalam RTRW.

2.   Mengeluarkan kebijakan tentang pengendalian pencemaran udara, hemat energi dan hemat air serta green building.

3.   Mewujudkan Kanal Banjir Timur untuk mengurangi genangan saat musim penghujan.

4.   Mengupayakan pengurangan penggunaan bahan bakar fosil (minyak tanah) dengan penggunaan gas untuk rumah tangga.

5.   Mengupayakan peningkatan kualitas udara dengan moda transportasi makro, Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) dan penerapan kawasan tanpa rokok.

6.   Meningkatkan luasan Ruang Terbuka Hijau dengan menutup 26 SPBU dan dialihkan menjadi taman.

7.   Melaksanakan silaturahmi minggu pagi, jumat bersih dan RW binaan untuk meningkatkan komunikasi warga kota dengan aparat Pemerintah Daerah.

8.   Meningkatkan peran warga dan kaum Ibu melalui pembinaan PKK dan kegiatan Posyandu, penanganan sampah berbasis Rumah Tangga, Bank Sampah, komposting dan penerapan Lubang Resapan Biopori.

9.   Mendorong Dunia Usaha untuk taat melaksanakan dokumen lingkungan melalui Program Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper) dan aktif berperan serta dalam upaya pelestarian lingkungan melalui implementasi Coorporate Social Responsibility (CSR) yang salah satunya adalah Jakarta Green and Clean.

10.   Berperan aktif mengikuti kesepakatan-kesepakatan dunia dalam mewujudkan kota yang sehat dan responsif terhadap perubahan iklim.

 

Hari ini pada tahun ke-10 (sepuluh) sejak Program ADIPURA diluncurkan, kembali kota kita meraih beberapa penghargaan yang strategis, diantaranya:

1.   Piala Adipura untuk Kota Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Jakarta Utara.

2.   Sertifikat Adipura untuk Kota Jakarta Barat.

3.   Plakat Adipura untuk Pasar Jakarta Barat sebagai Pasar terbaik.

4.   Plakat Adipura untuk Taman Kota Jakarta Pusat sebagai Taman Kota terbaik.

5.   Penyusunan Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) Predikat terbaik Nasional, tingkat Provinsi.

6.   Penghargaan Sekolah Adiwiyata kepada SD Negeri 05 Sungai Bambu Jakarta Utara.

Semua pencapaian ini tidak terlepas dari upaya dan kerja keras seluruh SKPD Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, bersama seluruh Masyarakat Warga Jakarta untuk mewujudkan kota Jakarta yang semakin sehat, bersih dan indah di masa yang akan datang.

Pada kesempatan ini, saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak, baik langsung maupun tidak langsung, yang telah berperan serta atas pencapaian kita saat ini, kiranya ke depan pencapaiannya semakin lebih baik yang dapat kita raih bersama.

Oleh karena itu, mari terus tingkatkan semangat dan bekerja lebih keras untuk berbuat yang terbaik dan tingkatkan terus kemitraan dengan berbagai pihak terutama seluruh warga Jakarta, terutama generasi muda, karena sesungguhnya merekalah pewaris kita untuk menjaga dan melestarikan kota ini kelak kemudian.

Kepada para Walikota yang telah meraih kembali Piala Adipura, pertahankan dan tingkatkan terus kualitas lingkungan kota yang saudara pimpin, bawalah Piala Adipura ini ke kota Saudara dan upayakan agar seluruh warga tahu bahwa pencapaian ini adalah bagian dari peran serta seluruh warga.

Bagi yang belum berhasil, jangan patah semangat, lakukan evaluasi dan rancang strategi yang lebih jitu dan cerdas agar semua pihak dapat berkontribusi dan berbuat yang terbaik untuk kota yang kita cintai.

Akhirnya, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim “Pemberangkatan Para Penerima Penghargaan Lingkungan”, secara resmi saya lepas.

Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa selalu melindungi dan meridhoi setiap ikhtiar kita  bersama menuju Jakarta yang nyaman dan sejahtera untuk kita semua.

Terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Jakarta, 5 Juni 2012


© 1995 - 2014 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map