Jakarta.go.id
  •  •  English
  •  •  Login
  •  •  Signup
  • Balai Warga 3034

    QuamillaRaverla:

    mau tanya dong.. pergub jakarta tentang kenaikan tarif angkutan sudah ada di publish belum ya? teri...

    tedi:

    info ke pada pemda jakarta timur.....di jakarta timur khusus nya di klinik kecamatan Ciracas masih b...

    mochammad:

    Yth Bapak Ahok saya ingin meminta jawaban tentang pengaduan saya ke gubernur dengan nomor agenda 004...

    ancha:

    yth Bp Ahok , saya merupakan pemilik tanah dilokasi waduk Marunda Jakut yg saat ini sedang proses pe...

    Lambok:

    Yth, Pak Gubernur, Mohon informasi perihal pengadaan penyediaan jasa pembersih/pemungut sampah di da...

  

PEMBUKAAN PEKAN RAYA JAKARTA TAHUN 2012

Posted: Sep 17, 2012 Category: Sambutan
 

jayarayavector0(1).png

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Selamat malam, salam sejahtera bagi kita semua.

Yth.-  Bapak Presiden Republik Indonesia;

     -  Pimpinan Lembaga Tinggi Negara;

      -   Yang Mulia para Duta Besar Negara-Negara Sahabat;

      -   Para Menteri Kabinet Indonesia Bersatu Kedua, atau yang mewakili;

      -   KetuaKADINIndonesiadan Asosiasi-Asosiasi Pengusaha Indonesia;

      -   Presiden Direktur PT. Jakarta Internasional Expo, Ibu Hartati Murdaya;

      -   Para peserta, hadirin dan undangan yang saya hormati.

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, perkenankan saya melaporkan bahwa Pekan Raya Jakartake-45 yang akan berlangsung dari tanggal 14 Juni sampai dengan15 Juli 2012telahsiap diresmikanoleh Bapak Presiden Republik Indonesia.

Pekan RayaJakartamerupakan “trade mark” Kota Jakarta yang sangat ditunggu-tunggu oleh kalangan pengusaha, UMKM, pedagang dan masyarakat,diselenggarakan setiap tahun dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kota Jakarta, yang pada tanggal 22 Juni 2012  merayakan hari jadi ke-485 dengantema peringatan HUT Kota Jakarta “Jakartaku Harapanku”. Tema tersebut mengandung makna yang menggugah semangat kita bersama untuk terus menerus memajukan Kota Jakarta sesuai harapan kita.

Sejalan dengan tema HUT ke-485 Kota Jakarta, tema Pekan  Raya Jakarta ke-45 tahun ini juga cukup sederhana yaitu “Majulah Jakartaku”.  Majunya Jakarta bukan hanya memberikan dampak pada kesejahteraan warga ibukota, melainkan juga sebagai stimulus kemajuan nasional dan citra bangsa di dunia internasional.

Seiringdengan semakinkondusifnya situasi kamtibmas Ibukota, dan dinamikaekonomi global, pertumbuhan ekonomi Jakarta dari tahun ke tahun tetap menunjukkan kinerja yang meningkat. Pada tahun 2009 ekonomi Jakarta tumbuh 5,01%,tahun 2010,6,51%, dan pada tahun 2011 meningkat menjadi 6,77%. Dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, ekonomi Jakarta tumbuh rata-rata 6,17% per tahun. Pertumbuhan tersebut telah menciptakan perluasan lapangan kerja, sehingga tingkat pengangguran dapat ditekan dari 12,57% pada tahun 2008 menjadi 10,9% pada tahun 2011 dan diharapkan turun lagi menjadi 10,3% pada tahun 2012.

Inflasi juga dapat dikendalikan dengan dibentuknya Tim Pengendali Inflasi Daerah. Melalui operasi pasar, pemerataan distribusi barang kebutuhan pokok, serta dorongan faktor ekonomi global, angka inflasi pada tahun 2011 dapat dikendalikan sehingga turun menjadi 3,97%. Dengan kerja keras seluruh pemangku kepentingan, kami optimis pada tahun 2012, ekonomi DKI Jakarta akan tumbuh mendekati 7%.

Kinerja ekonomi Jakarta yang semakin baik tersebut akan berkontribusi pada peningkatan target transaksi perdagangan Pekan Raya Jakarta tahun 2012. Berdasarkan catatan selama 6 (enam) tahun terakhir penyelenggaraan Pekan Raya Jakarta, nilai transaksi perdagangan meningkatsignifikan. Tahun 2011 nilai transaksi mencapai nilai Rp. 3,7 triliun dan pada penyelenggaraan Pekan Raya Jakarta tahun 2012, target transaksi yang diproyeksikan PT. Jakarta International Expo diharapkan mencapai Rp. 4 triliun.

Bapak Presiden Republik Indonesia, dan hadirin yang saya hormati;

Sebagai Ibukota Negara, Jakarta telah dikembangkan menjadi kota jasa, konvensi, pameran dan perdagangan. Dengan peran tersebut, Pekan Raya Jakarta sebagai arena pameran tahunan dan promosi terbesardi Asia Tenggara, telah berkontribusi dalam mendorong peningkatan perekonomian Jakarta dan mendukung ketahanan ekonomi nasional

Dari tahun ke tahun tampilan dan produk-produk yang dipamerkan di arena Pekan Raya Jakarta semakin variatif dan menarik,sehingga  mengukuhkan citra Pekan Raya Jakarta sebagaisarana promosi efektif berbagai produk dalam negeri yang dihasilkan kelompok industri kecil, menengah dan koperasi.Selain itu juga dipamerkan produk industri besar, seperti otomotif, sepeda motor, komputer, peralatan elektronik, furniture, handicraft, real estate dan produk kreatif Indonesia.

Penyelenggaraan Pekan Raya Jakarta setiap tahun, memberikan dampak positif bagi perekonomian Daerah danNasional. Disamping manfaat fiskaldan perpajakan, manfaat lain yang diperoleh dari penyelenggaraan Pekan Raya Jakarta adalah :

· Bagi kalangan bisnis, mulai dari Usaha Mikro,Kecil dan Menengah (UMKM) hingga perusahaan besar, Pekan Raya Jakartamerupakanarena promosi produk-produk dan tempat transaksi yang sangat menarik.

· Bagi masyarakat umum, Pekan Raya Jakarta merupakan tempat hiburan/rekreasi sekaligus ajang untuk mendapatkan informasi dan menyaksikanproduk-produk terbaru yang dihasilkan oleh industridalam negeri dan mancanegara.

· Bagi Pemerintah Pusat dan Daerah;Pekan Raya Jakarta merupakan media untuk mengkomunikasikandanmensosialisasikan berbagai kebijakan serta kegiatan pembangunan kepada masyarakat.

· Selain itu, setiap Pekan Raya Jakartajuga menciptakankesempatan kerjaparuh waktusebagai penjaga anjungan/stand,dan membuka kesempatan berusaha bagipedagang kaki limaserta pengrajin.

Kepada semua pihak yang telah membantu dan memberikan dukungan untuk kelancaran penyelenggaraan Pekan Raya Jakarta2012, perkenankan saya menyampaikan penghargaanyang tinggidan ucapan terima kasih.

Akhirnya,dengan segala hormat perkenankan saya memohon Bapak Presiden untuk memberikan arahan dan membuka secara resmi Pekan Raya Jakartake-45 Tahun2012.Semoga Allah SWT,Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan petunjukdan ridho-Nya kepada kita semua. Aamiin.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Jakarta, 14 Juni 2012


© 1995 - 2014 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map