Jakarta.go.id
  •  •  English
  •  •  Login
  •  •  Signup
  • Balai Warga 3052

    Nala Jati:

    Hai Pemprov DKI Jakarta, saya hendak menanam satu pohon dihalaman muka rumah yang lahannya sudah say...

    dedi:

    pak gub tlg di sidak sekali2 kelurahan kalibaru kecamatan cilincing,kasie pemerintahan&trantib; seri...

    linda:

    Selamat sore... Mohon informasi bagaimana cara pengurusan pembuatan AKTE KEMATIAN dan persyaratan ap...

    Faqih:

    Lapor, Dibelakang Asrama Brimob Cipinang banyak warga yang mendirikan bangunan di atas aliran sungai...

    Mohamad:

    Mohon konfirmasinya apakah KTP model lama masih berlaku pada tahun 2015 nanti? saya sudah hampir 2 t...

  

LOKAKARYA “PEMANTAPAN PENYALURAN DANA BERGULIR PEMK MENGACU PADA PERATURAN GUBERNUR NOMOR 36 TAHUN 2

Posted: Sep 17, 2012 Category: Sambutan
 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.            

Selamat Siang,Salam Sejahtera bagi kita semua.

 

Yth.-  Walikota Jakarta Timur;

      -  Para Pejabat PemerintahProvinsi DKI Jakarta;

      -  Ketua Pengurus, Ketua Pengawas dan Manajer Koperasi Jasa Keuangan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Kelurahan (KJK PEMK);

      -  Hadirin dan Undangan yang berbahagia.

Pertama-tama marilah kita memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esayang telah melimpahkan rahmat  dan karunia-Nya sehingga pada siang hari ini kita dapat hadir diGedung Pewayangan Kautaman, Taman Mini Indonesia Indahdalam rangka Pemantapan Penyaluran Dana Bergulir kepada Koperasi Jasa Keuangan PemberdayaanEkonomiMasyarakat Kelurahan (KJK PEMK) di Provinsi DKI Jakarta.

Saya bersyukur dan mendapat kesempatan berharga dapat bersilaturahmi dengan  Pengurus KJK PEMK dari Lima Wilayah Kota, dan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu. Mendapat laporan bahwa pada sesi sebelumnya  saudara telah mendapatkan pembekalan materi   dari nara sumber untuk meningkatkan wawasan, semangat, dan kiat-kiat mengelola Dana Bergulir.

Program Penyaluran Dana Bergulir merupakan salah satu program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan sasaran pokok meningkatkan perekonomian masyarakat kelurahan yang difokuskan pada permodalan usaha mikro dan kecil bekerjasama dengan KJK PEMK dalam rangka mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat Jakarta.

Mengapa Program Penyaluran Dana Bergulir Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Kelurahan (DB PEMK) ini menjadi program prioritas bagi PemerintahProvinsi DKI Jakarta ?

Pertama, Dana BergulirPEMK ini merupakan implementasi Alinea Kedua Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yangdidalamnya terkandung makna pemenuhan hak azasi sosial berupa keadilan dan pengakuan azasi ekonomi dalam wujud kemakmuran dan kesejahteraan. Kemakmuran dalam lingkup Provinsi DKI Jakarta, adalah kemakmuran untuk seluruhmasyarakat yang terdistribusi secara adildan merata. Oleh karena itu dasar pengelolaan kesejahteraan harus berasaskan kekeluargaan yang bersumber pada prinsip kesetaraan dan kebersamaan yang diwujudkan melalui  KJK PEMK.

Kedua, Pemberdayaan Ekonomi Masayarakat Kelurahan melalui Dana Bergulir merupakan perwujudan : Visi Jakarta yaitu : ”Jakarta Yang Nyaman dan Sejahtera Untuk Semua"

Penjelasan makna atas pernyataan visi dimaksud adalah Jakarta yang nyaman, bermakna terciptanya rasa aman, tertib, tenteram dan damaiserta Jakarta yang sejahtera, bermakna terwujudnya derajat kehidupan penduduk Jakarta yang sehat, layak dan manusiawi.

Ketiga, pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta harus diselaraskanpuladengan pemerataan ekonomi. Pembangunan fisik harus berjalan paralel dengan Pembangunan Ekonomi sebagai upaya mengurangi kemiskinan. Pertumbuhan ekonomi yang tidak memberi peluang melalui pemerataan kepada usaha mikro dan kecil akan menimbulkan ketimpangan dan kecemburuansosial di masyarakat.

Hadirin yang saya hormati,                                       

Saat ini Program Dana Bergulir sudah memasuki tahun ke 3. Perjalanan waktu 3 tahun  masih belum cukup untuk menyebarluaskan modal Dana Bergulirkepada para pelaku usaha yang membutuhkan. Berbagai upaya perbaikan, pembenahan, dan pembinaan harus tetap dilakukan. SKPD terkait akan melakukan evaluasi dan penyempurnaan kebijakan serta menyiapkan perangkat dan pendanaan yang dibutuhkan.

Pada pertemuan  tanggal 3 Nopember 2011 di Padepokan Pewayangan Taman Mini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerima 5 usulan yakni Pertama, Perubahan jangka waktu pinjaman (tenor) dari 2 tahun menjadi 3 tahun,Kedua, Bagi hasil Unit Pengelola Dana Bergulir : KJK PEMK menjadi 25 % : 75 % menjadi 10 % : 90 %. Ketiga,  Diberikan kesempatan untuk mengikuti Pameran. Keempat, Pendampingan dilakukan kepada KJK PEMK dan Pemanfaat/Anggota, Kelima,  menyelenggarakan Pelatihan untuk KJK PEMK dan Pemanfaat/Anggota.

Ke lima usulan tersebut telah dipenuhi dengan mengeluarkan kebijakan melalui penerbitan Peraturan Gubernur Nomor 36 Tahun 2012 tanggal 9 April 2012.Salah satu poin penting yang perlu Saudara ketahui adalah Jangka Waktu disetujui menjadi 3 tahun dan Prosentase Bagi Hasil disetujui 10 % untuk Unit Pengelola Dana Bergulir(UPDB)dan 90 % untuk KJK PEMK.

Terkait dengan usulan Pameran, saya sudah mendapatlaporanbahwaSaudara akan diikutsertakan pada Pekan Raya Koperasi yang akan dilaksanakan daritanggal 7 sampai dengan 9 Juni di Ragunan, KJK PEMK diberikan 5 Stand, dan pada Pekan Raya Jakarta mendatang yang akan berlangsung dari tanggal 14 Juni sampai dengan 15 Juli 2012, KJK PEMK diberikan 1 Stand.

Demikian pula dengan kegiatan pendampingan, saat ini sedang berlangsung Advokasi Pendampingan untuk membantu KJK PEMK dalam hal :

-  Bagaimana mengelola keuangan sehingga kondisi keuangan di KJK dinilai “sehat”;

-  Bagaimana KJK dapat mengelola usaha secara efektif dan menguntungkan;

-  Bagaimana setiap transaksi keuangan dicatat dengan benar sesuai prinsip-prinsip Akuntansi; dan

-  Bagaimana menggunakan system aplikasi  (IT) untuk memudahkan perkerjaan di KJK sehingga menjadi lebih efektif dan efisien.

Sementara itu, usulan penyelenggaraan program Diklat sedang dalam taraf persiapan dan akan dilaksanakandalam waktu yang tidak terlalu lama.

Hadirin yang saya hormati,

Dengan dikeluarkannya Peraturan Gubernur Nomor 36 Tahun 2012, kondisi pengelolaan operasional KJK PEMK menjadi sangat kondusif dan akan memberikan energi agar KJK PEMK lebih bersemangat dan lebih baik dalam   pengelolaan Dana Bergulir.

Keberadaan Peraturan Gubernur Nomor 36 Tahun 2012 memberi 2 (dua) keuntungan bagi  KJK PEMK.Pertama, tenor yang lebih panjang menyebabkan angsuran pengembalian menjadi lebih kecil dan memberikan kesempatan bagi KJK PEMK untuk melakukan perputaran dana kepada usaha mikro lebih lama, sehingga memperbesar jumlah jasa bagi hasil yang diperoleh dari usaha mikro. Kedua, prosentase bagi hasil KJK PEMK semakin besar dari 75 % menjadi 90 % sehingga akan menambah pendapatan KJK PEMK.

Dengan adanya kebijakan, fasilitasi dan upaya yang dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk  penyempurnaan Penyaluran Dana Bergulir, saya menaruh harapan kepada Pengurus, Pengawas, Pengelola KJK PEMK dan jajarannya untuk melaksanakan pengelolaan Dana Bergulir yang lebih tertib, lebih berkualitas, dan tetap konsisten memberikan pelayanan kepada usaha mikro dan usaha kecil.

  

Selanjutnya saya mohon perhatian Saudara untuk menyimakhal-hal sebagai berikut :

· Pengelolaan Dana Bergulir oleh KJK PEMK harus dilaksanakan secara profesional. Pembagian tugas Pengurus, Pengawas, dan Pengelola sebagaimana diatur dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga KJK PEMK harus dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab. Untuk itu ciptakan  team work yang solid dan harmonis untuk memberikan pelayanan berkualitas dan terbaik terhadap pemanfaat/anggota usaha mikro.

· Hindari penggunaan Dana Bergulir yang tidak sesuai dengan ketentuan, serta hindari penyimpangan yang mengakibatkan Dana Begulir tersebut tidak sampai kepada sasarandan  jangan menggunakan Dana Bergulir untuk kepentingan pribadi.

· Lakukan pengadministrasian yangtertib dan terdokumentasi dengan baik.

· Sosialisasikan Program Dana Bergulir kepada seluruhusaha mikro  yang ada di kelurahan Saudara, sehingga usaha mikro mengetahui bahwa KJK PEMK dapat membantu kebutuhan modal yang diperlukan.

· Dana Bergulir yang sudah berjalan saat ini perlu  ditingkatkan dan dikembangkan, agar KJK PEMK dapat menjadi lembaga yang mampu memberi solusi masalahpermodalan usaha yang saat ini menjadi kebutuhan utama usaha mikro. Untuk itu mari kita bersama-sama  melaksanakan tugas mulia dengan ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab.

Demikian  sambutan saya semoga Allah SWT selalu memberikan lindungan dan bimbingan Nya kepadakita semua.Aamiin.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Jakarta, 6 Juni 2012


© 1995 - 2014 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map