Jakarta.go.id
  •  •  English
  •  •  Login
  •  •  Signup
  • Balai Warga 3004

    Danu:

    Yth. Pemprov DKI Jakarta. Saya ingin bertanya, untuk pengumuman hasil ujian TKD CPNS DKI Jakarta Tah...

    sis:

    Yth. Bpk Basuki TP / Ahok...mana janji bapak yg katanya akan memangkas birokrasi..nyatanya saya meng...

    Alex:

    Yth. Gubernur DKI Jakarta. Tolong wilayah Rawamangun (Jaktim) diperhatikan. Jalan Rawamangun Muka Ba...

    fabby:

    selamat siang Bapak/Ibu saya mau tanya besarnya retribusi izin undang-undang gangguan untuk bagunan ...

    sagimin:

    selamat pagi pak/ibu mau tanya bagaimana cara mengurus nomor ktp ganda. soalnya nomor ktp 3173020905...

  

DKI Akan Berangkatkan 7.200 Calon Haji

Posted: Sep 13, 2012 Category: Jakarta Kini
 

7.200 Calon HajiMinat warga DKI Jakarta menunaikan ibadah haji ke tanah suci, terus mengalami peningkatan setiap tahun. Tahun ini, sebanyak 7.200 calon jamaah haji DKI Jakarta diprediksi akan berangkat ke tanah suci. Jumlah tersebut tidak jauh beda dengan jumlah musim haji tahun 2011 lalu.

Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kementerian Agama DKI Jakarta, Mahrus Umar, mengatakan saat ini pihaknya belum mengetahui secara pasti jumlah calon jamaah haji Provinsi DKI Jakarta yang diberangkatkan pada musim haji tahun 2012. Namun, mengacu pada jumlah tahun 2011 yang mencapai 7.200 jamaah haji yang dibagi dalam 16 kloter dengan jumlah setiap kloter mencapai 450 orang, maka diperkirakan jumlahnya akan sama untuk tahun 2012 yaitu sebanyak 7.200 jamaah.

“Saya belum tahu berapa calon haji yang akan diberangkatkan tahun ini. Karena tidak menutup kemungkinan adanya jamaah yang batal ikut karena banyak faktor. Tapi pastinya untuk tahun ini tidak jauh beda dengan tahun lalu yaitu kisaran 7.200 jamaah,” ungkap Mahrus, saat kegiatan halal bihalal Petugas Haji Provinsi DKI Jakarta Tahun 1433/2012 di Slipi, Jakarta Barat, Rabu (12/9).

Panitia Kegiatan Halal Bihalal Petugas Haji Provinsi DKI 2012, Muchsin menambahkan, seperti tahun-tahun sebelumnya Pemprov DKI Jakarta sudah mempersiapkan segala kebutuhan jamaah haji. Yaitu dari jumlah panitia yang mencapai 64 orang, katering yang sama dengan tahun lalu di mana setiap jamaah mendapat jatah makan dua kali dalam sehari, posko kesehatan, pemondokan jamaah haji yang jaraknya hanya dua sampai dua setengah kilometer hingga penyediaan 18 bus gratis.

Disinggung soal penyakit yang biasa diderita calon haji, ia menyebut biasanya jamaah terkena meningitis yang disebabkan serangan akibat hawa panas di kepala sehingga membuat kepala pening. Selain itu radang tenggorokan, batuk, flu dan pilek. "Tapi soal itu sudah kami antisipasi dengan adanya posko kesehatan yang siap melayani 24 jam,” terangnya.

Asisten Kesehatan Masyarakat (Askesmas) DKI Jakarta, Mara Oloan Siregar menuturkan, calon jamaah haji DKI Jakarta harus berbangga. Sebab, sesuai komitmen, Pemprov DKI Jakarta selalu membantu warganya, dan dalam soal pelayanan lebih baik dari Provinsi lain. Ia menyebut, komitmen itu dengan penyediaan makanan bagi jamaah haji DKI Jakarta dua kali sehari gratis.

"Mengacu pada pengalaman tahun lalu, 65 persen jamaah haji usianya di atas 60 tahun yang umumnya pensiunan, dan dalam pelaksanaannya berjalan lancar dan sukses. Jamaah haji Indonesia selalu paling banyak dibanding negara lain. Agar tahun ini berjalan lancar kiranya panitia selalu berkoordinasi dengan sesama panitia dari Kementerian Agama (Kemenag).

“Semoga panitia haji dan juga calon haji dapat selalu menjaga citra bangsa hingga tetap baik di mata dunia,” tandasnya.



Reporter : moan
Sumber : beritajakarta.com


© 1995 - 2014 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map