Jakarta.go.id
  •  •  English
  •  •  Login
  •  •  Signup
  • Balai Warga 2757

    mochammad:

    sampai saat ini saluran air di pulogebang RT.4 RW.6 Cakung Jaktim masih Terlantar, saya akan report ...

    mochammad:

    sampai saat ini saluran air di pulogebang RT.4 RW.6 Cakung Jaktim masih Terlantar, saya akan report ...

    mochammad:

    sampai saat ini saluran air di pulogebang RT.4 RW.6 Cakung Jaktim masih Terlantar, saya akan report ...

    Alex:

    Yth. Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, tolong dibantu, mengenai masalah TPS liar yang ada di ...

    Bayu:

    Saya sarankan di Indonesia ini memiliki hari libur nasional atau hari spesial untuk nostalgia/mengen...

  

Berkat Wajar 12 Tahun, Warga Miskin Bisa Terus Sekolah

Posted: Aug 12, 2012 Category: Jakarta Kini
 

 

program wajar 12 tahunKebijakan wajib belajar (wajar) 12 tahun yang diterapkan Pemprov DKI Jakarta, sangat dirasakan sekali manfaatnya bagi warga ibu kota, khususnya warga miskin. Dengan wajar 12 tahun, kini warga tidak mampu bisa terus sekolah setidaknya hingga jenjang SMA.
 
 
"Alhamdulillah warga sudah merasakan pelayanan kesehatan maupun sekolah gratis hingga SMA. Terima kasih atas perhatian Pemprov DKI terhadap anak-anak kami, karena di sini kebanyakan warganya tidak mampu," ujar Asnidar (36), warga RW 03 Kampung Baru, Sunteragung, Tanjungpriok, Jakarta Utara, saat kegiatan sahur bersama dengan jajaran pejabat Pemprov DKI Jakarta, Sabtu (11/8).
 
Sebagai komitmen mengawal kebijakan wajar 12 tahun itu, dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taufik Yudi Mulyanto, juga turut membagikan kartu wajib belajar 12 tahun kepada 6 anak tidak mampu. Dengan pemberian kartu wajib belajar 12 tahun, diharapkan tidak ada lagi anak usia sekolah tidak mendapatkan fasilitas pendidikan hanya karena terkendala biaya.
 
Walikota Jakarta Utara, Bambang Sugiyono mengatakan, upaya menciptakan masyarakat Jakarta menjadi cerdas dan sehat jasmani maupun rohani merupakan tekad Pemprov DKI. Sebab, dua hal tersebut sangat penting agar Jakarta semakin maju dan sejahtera.
 
"Minimal warga Jakarta berpendidikan SMA atau sederajat, sehingga mereka lebih cerdas membedakan dan menganalisa mana yang benar dan salah. Inilah yang membuat gubernur getol terhadap pendidikan gratis dari SD hingga SMA atau wajib belajar 12 tahun," ujar Bambang.
 
Begitu pun dengan pelayanan kesehatan bagi warga tidak mampu di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) maupun swasta, dan juga para manula khususnya di rumah sakit umum daerah telah digratiskan oleh Pemprov DKI. Pelayanan tersebut termasuk pelayanan ambulans gratis, cuci darah maupun operasi gratis.
 
"Ini untuk mewujudkan masyarakat sehat. Selama ini survei menunjukkan usia harapan hidup warga Jakarta tinggi yaitu hingga sekitar 76 tahun. Hal itu dikarenakan fasilitas kesehatan yang lebih baik yang diberikan pemerintah," tandasnya. 
 
 
 
Reporter : al furqon
Sumber : beritajakarta.com


© 1995 - 2014 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map