Jakarta.go.id
  •  •  English
  •  •  Login
  •  •  Signup
  • Balai Warga 3003

    sis:

    Yth. Bpk Basuki TP / Ahok...mana janji bapak yg katanya akan memangkas birokrasi..nyatanya saya meng...

    Alex:

    Yth. Gubernur DKI Jakarta. Tolong wilayah Rawamangun (Jaktim) diperhatikan. Jalan Rawamangun Muka Ba...

    fabby:

    selamat siang Bapak/Ibu saya mau tanya besarnya retribusi izin undang-undang gangguan untuk bagunan ...

    sagimin:

    selamat pagi pak/ibu mau tanya bagaimana cara mengurus nomor ktp ganda. soalnya nomor ktp 3173020905...

    maulana:

    Yth , maaf sy bertnya , apakah bisa mengurus izin usaha melalui online mohon jawabanny...

  

ACARA PEMBUKAAN KEGIATAN DONOR DARAH SENAYAN CITY KE-12

Posted: Aug 29, 2012 Category: Sambutan
 

Assalamualaikum Wr Wb,

Selamat Siang, salam sejahtera untuk kita semua.

 

Yth.

-  Pimpinan PT Manggala Gelora Perkasa;

-  Hadirin dan Peserta Donor Darah yang saya hormati;

Mengawali sambutan ini, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT, atas segala limpahan rahmat dan  hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga kita masih diberikan semangat, kekuatan, serta nikmat sehat untuk hadir bersama guna mengikuti acara “Pembukaan Kegiatan Donor Darah PT Manggala Gelora Perkasa (Senayan City) ke-12”

Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin menyampaikan selamat dan sekaligus terima kasih kepada seluruh Pimpinan dan karyawan PT Manggala Gelora Perkasa (Senayan City), atas kiprah dan sumbangsihnya membantu memenuhi kebutuhan darah di Provinsi DKI Jakarta, sebagai bagian dari pembangunan Bidang Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Hadirin para pendonor darah yang berbahagia,

Darah sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam menjalankan metabolismenya, untuk itu ketersediaan darah dalam tubuh harus benar-benar terjaga dengan baik, karena kekurangan dan kelainan darah dalam tubuh dapat mengakibatkan penyakit.

Darah hanya dapatdiproduksi oleh tubuh, belum ada teknologi yang mampumemproduksi darah buatan, karenanya kebutuhan darah masyarakat hanya dapatdipenuhi dengankehadiran para ”pahlawan kemanusiaan” yaitu para Donor Darah Sukarela  yang  menyumbangkan darahnya yang sangat berharga itu,bagikepentingan kemanusiaan.

Kepada para pendonor Darah Sukarela di Senayan City ini, secara khusus saya ucapkan terima kasih, semoga amal baik yang telah dipersembahkan memperoleh pahala dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, dan darah yang disumbangkan bermanfaat bagi mereka (saudara-saudara kita) yang membutuhkan darah.

Saudara-saudara para pendonor darah yang saya hormati,

Target ketersediaan Darah di Provinsi DKI Jakarta tahun 2012 adalah 400- 500ribu kantong darahper tahun.Jumlah ini akan terus meningkat dari tahun ke tahun.Saya optimis target 400 ribu kantong darah untuk Provinsi DKI Jakarta, Insya Allahtercapai, karena hal ini guna mendukung pencapaian darah secara nasional sebanyak 4,5 juta kantong darah per tahun.

Kegiatan Donor Darah Sukarela di Ibukota perlu terus ditingkatkan secara lebih intensif, baik melalui instansi pemerintah maupun organisasi masyarakat. Hal ini perlu saya tekankan, karena meskipun pengumpulan kantong-kantong darah di PMI seluruh daerah,”mungkin” telah mencapai target, namunupayamengantisipasi meningkatnya kebutuhan darah, harus tetap menjadi prioritas utama.

Sebagai contoh bahwa persediaan darah yang ada di PMI DKI Jakarta,pada hakekatnya tidak hanya dimanfaatkan warga Ibukota yang membutuhkan,tetapijuga korban bencana dari berbagai daerah lain di Indonesia. Untukmengantisipasi semakin meningkatnyakebutuhan darah pada tahun 2012 ini, peran para Donor Darah Sukarela menjadi sangat penting.

Atas nama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, maupun secara pribadi, saya tidak akan berhenti menyerukan dan mengajak segenap masyarakat Jakarta untuk bersedia menjadi donor darah. Terlebih lagi dalam kondisi berbagai daerah di Indonesia termasuk Jakarta sering dilanda berbagai bencana, seperti gempa bumi, banjir, kebakaran, tanah longsor serta berbagai kecelakaan lalu-lintas yang kesemuanya membutuhkan bantuan darah dalam jumlah tidak sedikit bagi para korban.

Kepada calon Pendonor perlu memperoleh penjelasan bahwa menjadi  pendonor darah tidak perlu memenuhi persyaratankhusus,yang terpenting adalah “berbadan” sehat, tidur cukup sekitar enam sampai dengan delapan jam setiap hari.Bagi wanita tidak dalam keadaan haid, dan bagi pemula berusia paling muda 17 tahun dan paling tua 50 tahun. Setelah 24 jam mendonorkan darahnya, volume darah akan kembali normal. Sel-sel darah akan terbentuk kembali dalam waktu empat sampai dengan delapan minggu.

Dengan penjelasan secara terus-menerus kepada masyarakat, saya percaya DKI Jakarta tidak akan kekurangan pendonor setia, tidak akan kekurangan darah dan dapat memenuhi kebutuhan darah bagi masyarakat yang membutuhkan. Bahkan juga menyumbangkan darah ke daerah bencana di luar Provinsi DKI Jakarta.

Pesan saya berkaitan dengan akan diselenggarakannya Pemilu Kada Provinsi DKI Jakarta, saya menghimbau seluruh warga Jakarta untuk ikut berpartisipasi aktif menggunakan hak suaranya dalam menyukseskan Pemilu Kada tersebut yang insya Allah akan berlangsung tanggal 11 Juli 2012. Sukses Pemilu Kada Provinsi DKI Jakarta menjadi jaminan bagi keberlangsungan pembangunan Ibukota Jakarta.

Akhirnya,dengan mengucap Bismillahirrahmannirahim “Kegiatan Donor Darah PT Manggala Gelora Perkasa (Senayan City)ke-12”,secara resmi saya nyatakan dibuka.Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa senatiasa memberi petunjuk dan bimbingan terhadap upaya kita memenuhi kebutuhan darah bagi kepentingan kemanusiaan.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Jakarta, 2 Mei 2012


© 1995 - 2014 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map