Jakarta.go.id
  •  •  English
  •  •  Login
  •  •  Signup
  • Balai Warga 2949

    Lie:

    Pertanyaan lain Pak : 1. Apakah semua warga DKI berhak mendapatkan BPJS tanpa kecuali ? 2. Dimana ...

    Lie:

    Sore Pak, saya ingin bertanya, saya sudah melihat bagian Pegurusan SIUP dan sudah melengkapi persyar...

    Eddy:

    Selamat siang Pak, saya mahasiswa di Jakarta sedang menulis tugas akhir kuliah. Dan berniat mau wawa...

    Faray:

    selamat sore pak, saya mau tanya kalau saya mau lihat laporan saya yang terdahulu bagaimana caranya ...

    Franata:

    selamat siang, pada waktu sekitar 3 s.d 28 Februari 2014,, sesuai arahan di Balai Warga maupun UP4K,...

  

Taman Jakarta

Posted: Jun 05, 2012 Category: Jakarta kita
 

lennyTaman di sebut – sebut sebagai paru – paru dari sebuah kota. Dalam tata hijau, kita mengenal berbagai macam fungsi tanaman, yg dalam hal ini kita manfaatkan untuk merencanakan dan merancang taman. Tanaman dapat berfungsi sebagai pembatas, pelindung dan sebagainya, dengan memperhatikan nilai lebih dari tanaman tersebut.
    Di Jakarta sendiri mempunyai banyak Taman yg tersebar di seluruh wilayah Jakarta, seperti Taman Suropati, Taman Menteng, Taman Situ Lembang, Taman Langsit, Taman Medan Merdeka dan lain sebagainya. Berdasarkan data dari Dinas Pertamanan DKI Jakarta pada tahun 2011 disebutkan bahwa Jakarta memiliki 81 taman interaktif dari 450 taman interaktif yang ditargetkan.
    Untuk edisi kali ini Jakarta.go.id mendapatkan kesempatan untuk mewawancarai salah satu warga Jakarta yang berprofesi sebagai penyiar berita di Televisi Republik Indonesia (TVRI) TV Nasional yaitu lenny hadiawati. Berikut wawancara kami dengan lenny.

Jakarta.go.id    : Apa kabar Lenny?
Lenny                 : Alhamdulillah baik.


Jakarta.go.id    : Selain beraktifitas menjadi  penyiar TVRI apa lagi kegiatan Lenny saat ini?
Lenny          : Saya ini saya juga mempunyai kesibukan menjadi  MC professional di acara-acara formal maupun nonformal baik dilingkungan Pemerintahan maupun swasta, dan saya saat ini juga mengelola usaha batik walaupun skalanya masih  kecil-kecilan, Oleh karenanya saya juga mengurus Usaha batik saya.
 

Jakarta.go.id  : Bagaimana menurut lenny tentang taman dan Ruang terbuka hijau di Jakarta misalnya Taman Menteng, Taman Suropati, Taman Situ Lembang dan Taman-taman lainnya di Jakarta?
Lenny             : Bagus sekali, karena saat ini saya fikir kita memang sangat membutuhkan ruang terbuka hijau setelah sebagian orang banyak menghabiskan waktu di dalam ruang tertutup yang ber AC misalnya dikantor, mal dan bahkan ditempat olahraga sekalipun dan ini tentu dikhawatirkan menurunkan kualitas hidup dari individu masyarakat Jakarta. Dan Saya berharap ini dapat diteruskan dan dijaga secara bersama sehingga dapat terus dinikmati dimasa-masa mendatang

Jakarta.go.id    : Menurut Lenny seberapa penting fungsi taman bagi lingkungan sebuah Kota?
Lenny             : Fungsi Taman sangat penting di tengah tingginya tingkat polusi saat ini. Dan Taman juga merupakan paru – paru Kota. Namun lebih dari itu menurut Saya Taman juga bisa menjadi ruang interaktif Masyarakat. Masyarakat saat ini  bisa duduk dan menikmati udara segar serta suasana hijau di tengah kebisingan dan polusi kota ini. Dan yang Saya sangat memberikan apresiasi saat Saya mendengar adanya sebuah taman yang diperuntukkan langsung kepada masyarakat kita yang sudah menginjak lanjut usia(lansia), sebuah taman yang nyaman dan jauh dari kebisingan yang juga dilengkapi infrastruktur pendukung sederhana bagi lansia.


Jakarta.go.id   : Taman mana yang menjadi favorit Lenny dan mengapa?
Lenny        : Taman Langsat, di daerah bintaro Jakarta Selatan. Saya biasa membawa anak – anak Saya untuk bermain dan jogging di sana.
 

Jakarta.go.id   : Harapan lenny untuk Taman Jakarta di masa depan?
Lenny             : Harapan saya agar bisa kita temui Taman Kota lebih banyak lagi, sebagai penyeimbang bangunan – bangunan yang ada di Jakarta. Agar udara segar masih bisa kita dapatkan.

Demikian ulasan dan wawancara kami dengan salah satu warga Jakarta mengenai keberadaan taman dan lahan hijau yang berada di Jakarta. Taman kota dapat memberikan kenyamanan dan kenikmatan kepada. Apalagi bila kita dapat mengembangkan dan membangun Taman kota yang berstruktur, dengan keanekaragam jenis tumbuh-tumbuhan dan jumlah yang banyak serta ditata dengan baik. Diharapkan Taman kota dapat memenuhi tingkat kenyamanan yang dikehendaki, karena hutan kota dapat memodifikasi iklim mikro. Jangan lupa bahwa yang paling penting kita perlu menanam jenis-jenis khas daerah sehingga Taman kotanya akan mempunyai ciri spesifik, mungkin tiap daerah sudah menetukan maskot jenis tanaman.

 

Laporan: Bayu


© 1995 - 2014 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map