Jakarta.go.id
  •  •  English
  •  •  Login
  •  •  Signup
  • Balai Warga 3034

    QuamillaRaverla:

    mau tanya dong.. pergub jakarta tentang kenaikan tarif angkutan sudah ada di publish belum ya? teri...

    tedi:

    info ke pada pemda jakarta timur.....di jakarta timur khusus nya di klinik kecamatan Ciracas masih b...

    mochammad:

    Yth Bapak Ahok saya ingin meminta jawaban tentang pengaduan saya ke gubernur dengan nomor agenda 004...

    ancha:

    yth Bp Ahok , saya merupakan pemilik tanah dilokasi waduk Marunda Jakut yg saat ini sedang proses pe...

    Lambok:

    Yth, Pak Gubernur, Mohon informasi perihal pengadaan penyediaan jasa pembersih/pemungut sampah di da...

  

SAMBUTAN PADA ACARA APEL PERINGATAN HUT KE-485 KOTA JAKARTA

Posted: Jun 21, 2012 Category: Sambutan
 

SAMBUTAN

PADA ACARA

APEL PERINGATAN
HUT KE-485 KOTA JAKARTA

Oleh :
Fauzi Bowo
Gubernur Provinsi DKI Jakarta

 



PEMERINTAH PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA
JUMAT, 22 JUNI 2012




Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera, selamat pagi bagi kita semua.


Yth.

-     Saudara Ketua, para Wakil Ketua dan para Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta;
-      Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta beserta Ibu;
-      Para anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi DKI Jakarta;
-      Sekretaris Daerah dan ParaDeputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta;
-      Para Pejabat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta;
-      Ketua Tim Penggerak PKK beserta jajarannya;
-      Para Pimpinan BUMD di Provinsi DKI Jakarta;
-      Para Pimpinan Partai Politik, Tokoh Ulama dan Pemuka Masyarakat;
-      Peserta Upacara dan hadirin yang saya hormati.

Hari ini, Jumat 22 Juni 2012, kita semua sepantasnya untuk kembali mengungkapkan rasa syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, dapat menyelenggarakan Apel Pegawai Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dalam rangka memperingati HUT ke-485 Kota Jakarta.

Peringatan HUT ke-485 Kota Jakarta tahun ini mengusung tema dua kata sederhana yaitu: “Jakartaku Harapanku”. Dengan semangat yang terkandung dalam tema tersebut, seluruh jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan komponen masyarakat Ibukota menyambut dan memeriahkannya dengan berbagai kegiatan, acara dan upacara.


Momentum peringatan HUT ke-485 Kota Jakarta tahun ini memiliki makna khusus. Bagisaya dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, tahun 2012 ini merupakan tahun terakhir dari 5 tahun periode pengabdian. Bagi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, tahun 2012 merupakan penuntasan pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2007-2012. Makna khusus tahun 2012 bagi seluruh warga ibukota, adalah pelaksanaan pesta demokrasi Pemilukada untuk memilih Gubernurdan Wakil Gubernur periode 5 tahun ke depan.


Saudara-saudara sekalian,

Tak terasa 5 tahun sudah kita melaksanakan RPJMD Provinsi DKI Jakarta 2007-2012.  Hari-hari yang kita lalui saat ini, sepantasnya kita gunakan sebagai ajang evaluasi, koreksi dan introspeksi atas hasil-hasil kinerja yang telah kita capai. Evaluasi diperlukan untuk mengukur seberapa jauh capaian kinerja yang menjadi tanggungjawab kita. Koreksi diperlukan karena tantangan yang kita hadapi sangat berat dan beragam, sehingga kondisi riil di lapangan kadang-kadang tidak sejalan dengan program yang kita tetapkan. Sedangkan introspeksi dibutuhkan karena kita sebagai manusia tidak luput dari alpa dan lupa, salah dan khilaf.

Dalam periode 5 tahun terakhir pembangunan Jakarta,dapat kita katakan bahwa secara umum telah berada pada jalur yang tepat dan benar. Ketika tahun pertama kami memimpin Jakarta, dunia dilanda krisis keuangan global pada tahun 2008, namun ekonomi Jakarta tetap mampu tumbuh 5,02% (suatu pertumbuhan tertinggi dibanding kota-kota besar lain di kawasan Asia Pasifikpada periode yang sama).

Kinerja ekonomi Jakarta terus menunjukan trend positif. Tahun 2009 tercatat 6,23%, 2010 meningkat menjadi 6,51%, tahun 2011 mendekati 6,7% dan tahun 2012 diproyeksikan lebih dari 7% seiring dengan makin membaiknya ekonomi nasional maupun global. Pertumbuhan ekonomi Jakarta tersebut, telah mendorong pendapatan per kapita penduduk Jakartadari Rp.89,73juta per tahun pada tahun 2010menjadi Rp. 101,01juta per tahunpada tahun 2011, lebih tinggi dari pendapatan per kapita penduduk secara nasionalyang tercatat sebesar Rp. 30,80 juta per tahun.Demikian pula terjadi perluasan lapangan kerja sehingga tingkat pengangguran menurun dari 12,57% pada tahun 2008 menjadi 10,9% pada tahun 2011 dan diharapkan turun lagi menjadi 10,3% pada tahun 2012.
The Brookings institutiondi Washington juga telah merilis ranking masing-masing kota setiap tahun dalam ”Global Metro Monitor 2011”. Laporan tersebut mendasari pada pendapatan per kapita (GDP) dan perubahan terhadap terbukanya lapangan tenaga kerja periode tahun 2010 sampai dengan 2011,bagi 200 kota metropolitan terbesar di dunia dalam perspektif ekonomi. Dalam hal ini, Jakarta menempati peringkat 17 dan meraih ranking sangat baik (very good) dalam bidang bisnis dan jasa keuangan, manufaktur, perdagangan dan pariwisata. Menurut the Brookings Instituion, Jakarta dapat menciptakan peningkatan sebesar 5,5 persen dalam pendapatan per kapita dan sebesar 3 persen mengalami pertumbuhan dalam lapangan pekerjaan.

Jumlah penduduk miskin juga menurun signifikan dari 379 ribu jiwa pada tahun 2008 menjadi hanya 309 ribu jiwa pada tahun 2011 dan di tahun 2012 ini diperkirakan hanya 304 ribu jiwa. Di lain pihak usia harapan hidup meningkat dari 74,42 tahun pada 2008 menjadi 77 tahun pada 2010, dan pada tahun 2011menjadi 78 tahun, di mana usia laki-laki 74.6tahun dan usia wanita 78.0 tahun.

Sementara itu, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) selama 5 tahun terakhir terus mengalami peningkatanyang cukup menggembirakan. Pada tahun 2007 nilai IPM DKI Jakarta sebesar 76,59menjadi 78,0 pada tahun 2011 jauh di atas rata-ratatingkat nasional yang baru mencapai 72,60.Pencapaian IPM tersebut juga merupakan yang tertinggi provinsi secara nasional. Ini menunjukkan bahwa tingkat kesehatan, pendidikan, dan kemampuan daya beli masyarakat Jakarta lebih tinggi dibandingkan daerah laindi Indonesia.

Saya sampaikan pula bahwa IPM Indonesia saat ini termasuk dalam kategori medium human development dan berada pada peringkat 124 di antara negara-negara lain. Pada level Kota, Jakarta berada pada kelompok high development sejajar dengan kota-kota dunia seperti Rio De Janeiro, Beijing, Guang Dong, dan Kuala Lumpur.

Semua itu dapat kita capai berkat kerja keras seluruh aparatur pemerintah daerah yang didukung oleh seluruh komponen masyarakat ibukota. Atas dedikasi saudara-saudara, perkenankanlah saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya.
Peserta Apel yang saya hormati,

Tantangan dan problematika pembangunan Jakarta pada seluruh sektor masih menyimpan “pekerjaan rumah” yang berat, kompleks dan beragam bagi aparatur pemerintah daerah dan seluruh masyarakat ibukota. Kita bersyukur, ditengah tantangan yang berat itu kita mampu menyelesaikan sejumlah pekerjaan besar dan mendasar.
Seluruh anak usia sekolah telah dapat menikmati pendidikan bermutu tanpa bayar melalui program Wajib Belajar 9 tahun, yang Insya Allah akan kita tingkatkan lagi menjadi Wajib Belajar 12 Tahun mulai Tahun Ajaran 2012/2013 ini. Layanan kesehatan tanpa bayar telah menjangkau hampir seluruh keluarga yang kurang/tidak mampu melalui program JPK-GAKIN, SKTM, dan Jamkesda.
Kerja keras kita juga sangat diperlukan untuk menyelesaikan program penanggulangan banjir, transportasi massal yang terintegrasi, pembangunan sarana, prasarana, fasilitas dan utilitas kota.

Dengan semangat perubahan kita telah melakukan pembaruan paradigma kerja melalui reformasi birokrasi pemerintahan daerah. Kita telah berada pada jalur yang benar untuk melanjutkan pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang baik seraya meningkatkan terus menerus kualitas pelayanan masyarakat. Simpul-simpul pemerintahan daerah terdepan, kecamatan, kelurahan dan unit-unit kerja teknis telah diperkuat kemampuannya, diperluas kapasitasnya agar mampu berperan sebagai front liner dalam pelayanan publik pada semua aspek.

Kita menyadari, untuk mampu melaksanakan tugas-tugas pelayanan sesuai harapan masyarakat, diperlukan tenaga-tenaga ahli, energik dan terampil. Untuk itu, saya menaruh perhatian besar dalam merekrut pegawai baru dengan kualifikasi dan spesialisasi keahlian yang beragam dan makin ketat. Mereka juga terus dibekali pengetahuan kedinasan melalui berbagai jenis program pendidikan dan pelatihan.

Selain itu, peningkatan kinerja pun harus menjadi komitmen kita bersama, dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. Alhamdulillah, peningkatan kerja tersebut telah dibarengi peningkatan kesejahteraan melalui kebijakanTunjangan KinerjaDaerah (TKD) dan fasilitas layanan JPK-PNS bagi seluruh pegawai.

Saya juga bersyukur dan berterima kasih kepada segenap rekan-rekan karyawan Pemprov DKI Jakarta atas perolehan opini “Wajar Tanpa Pengecualian” yang diberikan BPK RI terhadap kinerja keuangan asset Pemprov DKI Jakarta tahun 2011.
Ucapan terima kasih yang sama saya sampaikan pula atas begitu banyak penghargaan dan capaian Pemrov DKI Jakarta dan Pemerintah Wilayah Kota/Kabupaten, antara lain Penghargaan Adipura yang kesemuanya ini mencerminkan kerjasama yang baik diantara kita.
Hal-hal yang saya sampaikan ini merupakan harapan kita dan harapan seluruh warga ibukota. Inilah salah satu makna yang terkandung dalam tema peringatan HUT ke-485 tahun 2012 “Jakartaku Harapanku”.

Mengakhiri sambutan ini saya mengajak seluruh aparat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menyukseskan PemiluGubernur - Wakil Gubernur DKIJakarta periode 2012-2017. Sesuai dengan amanat Undang-Undang, setiap aparatur Pemerintah Provinsi DKI Jakarta agar menghindari terlibat dalam kegiatan “politik praktis”. Para pejabat daerah, khususnya para walikota, camat dan lurah harus menjaga iklim kemasyarakatan yang kondusif, agar pelaksanaan tahap-tahap Pemilukada berjalan lancar dan sukses.

Kepada547 orang PNS masa kerja 15 tahun, 335 orang PNS masa kerja 20 tahun, 446 orang PNS masa kerja 30 tahun, 4 orang Tenaga Kesehatan Teladan Berprestasidi Puskesmas Tingkat Provinsi DKI Jakarta, 3 Rumah Sakit Sayang Ibu dan Bayi (RSSIB) Tingkat Provinsi, dan 46 orang PNS Berprestasi pada tahun 2012 yang meraih penghargaan, saya ucapkan selamat. Kepada seluruh pegawai, marilah kita tingkatkan disiplin kerja untuk berlomba-lomba meningkatkan kinerja guna meraih prestasi demi prestasi ke depan.
Dirgahayu Kota Jakarta tercinta.

Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melindungi dan meridhoi kita semua dalam mewujudkan kota Jakarta yang aman, nyaman dan sejahtera untuk kita semua.
Terima kasih.                                          

Wasssalamu’alaikum Wr. Wb.


Jakarta, 22 Juni 2012
GUBERNUR PROVINSI DAERAH KHUSUS
IBUKOTA JAKARTA,

 

SAMBUTAN
PADA ACARA
APEL PERINGATAN
HUT KE-485 KOTA JAKARTA

Silang Monas Selatan
Jumat, 22 Juni 2012
Pukul : 08.00


© 1995 - 2014 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map