Jakarta.go.id
  •  •  English
  •  •  Login
  •  •  Signup
  • Balai Warga 2918

    Ali:

    Terima Kasih untuk informasi yang diberikan, saya sebagai Warga Jelambar melihat ada proyek pembangu...

    Lady:

    meresahkan masyarakat, saya harapkan bisa menuangkannya dengan segera disini. Saya harapkan perhatia...

    Lady:

    situasi jalanan yang tidak tertib atau MEMBAHAYAKAN pengguna jalan seperti angkutan umum yang ugal2a...

    Lady:

    tidak bisa atau tidak mau membesarkan dengan kerja keras malah ikut menjerumuskan anaknya. Selain it...

    Lady:

    yang lebih muda dibanding saya. Saya sudah menolak secara halus tapi dia masih kokoh menyodorkan top...

  

17 Trayek Angkutan Perbatasan Disiapkan

Posted: Jun 01, 2012 Category: Jakarta Kini
 

aptb dkiPemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) tahun ini menyiapkan 18 trayek angkutan perbatasan terintegrasi busway (APTB). Upaya ini dilakukan untuk mengurangi jumlah pemakai kendaraan pribadi yang diharapkan juga bisa mengurai kemacetan di ibu kota. Saat ini, dari 18 trayek yang disiapkan, Dishub DKI Jakarta telah mengoperasikan satu treyek yakni, jurusan Pulogadung-Bekasi. Artinya, masih akan ada 17 trayek lagi yang rencananya akan dioperasikan tahun ini juga. 

Kepala Dishub DKI Jakarta, Udar Pristono mengatakan, rencananya seluruh APTB ini akan dioeprasikan perusahaan angkutan umum seperti, PO Sinar Jaya, Perum PPD, Mayasari Bakti dan Bianglala. Nantinya, APTB akan melayani warga yang bermukim di wilayah Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi yang hendak menuju Jakarta maupun sebaliknya. Masing-masing trayek, nantinya akan dilayani oleh 15 unit armada.

Melalui APTB, dikatakan Pristono, diprediksi mampu mengangkut sebanyak 90 ribu penumpang per harinya. Diungkapkan Pristono, untuk pengeoperasian APTB ini, Pemprov DKI tidak mengeluarkan biaya sepeser pun. Seluruh biaya ditanggung pihak operator. Pemprov DKI hanya memberikan izin dan kemudahan lainnya dalam pengeoprasian APTB ini.

"Dalam waktu dekat, kami akan mengoperasikan trayek APTB jurusan Kampungrambutan-Bekasi. Setelah itu, Kalideres-Tangerang, Pasarminggu-Depok dan seterusnya," ujar Pristono, Jumat (1/6).

Ke depan, diungkapkan Pristono, seluruh APTB akan melalui jalur bus Transjakarta. Sebab, fungsi APTB memang sebagai bus pengumpan atau feeder bus Transjakarta. Ditambahkan Pristono, seluruh operator APTB, harus terlebih dahulu melakukan perjanjian kerjasama dengan Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta. Hal ini terkait masalah tiketing dan sistem integrasi dengan bus Transjakarta.

 

Reporter: nurito

Sumber: beritajakarta.com


© 1995 - 2014 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map