Jakarta.go.id
  •  •  English
  •  •  Login
  •  •  Signup
  • Balai Warga 2954

    Pury:

    Selamat siang pak, Saya ingin mengurus akte kelahiran saya, usia saya sekarang 22 thn. karena akte s...

    Nadia:

    Yth. Admin Balai Warga, Sehubungan dengan pertanyaan Ibu Anna, mohon info terkait dengan statistik ...

    anna:

    selamat sore pak... adakah peraturan mengenai perlindungan anak di jakarta?.. jika iya.. bisakah pe...

    Nala Jati:

    Hai jakarta.go.id, untuk wilayah RW 3, Kelurahan Petogogan, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selat...

    Handi:

    Mohon agar dokumen Pedoman Lembaga Musyawarah Kelurahan disediakan dalam format yang lebih baik. Saa...

  

MRT Jakarta

Posted: May 01, 2012 Category: Jakarta kita
 

aviPada Tahun 2013 nanti Pembangunan MRT di Jakarta akan segera dilaksanakan, Pembangunan MRT Jakarta tahap I adalah (Lebak Bulus – Bunderan HI) Jalur sepanjang 15,7 kilometer ditaksir l sudah bisa dioperasikan pada tahun 2016.

Untuk mengetahui lebih jauh sudut pandang dari masyarakat Jakarta tentang hal ini, Jakarta.go.id kali ini mendapatkan kesempatan mewawancarai Avisatya, dara Kelahiran 9 September 1991 ini adalah None Jakarta Pusat Tahun 2011 dan Harapan 1 None Jakarta 2011. Berikut adalah wawancara kami dengan Avisatya atau yang akrab di panggil dengan nama panggilan Avi:

Jakarta.go.id : Apa kabar Avi?

Avi : Sehat Alhamdulillaah

Jakarta.go.id : Selain Menjadi Abnon Jakarta apa lagi kegiatan sehari-hari Avi sekarang?

Avi : Sekarang masih sibuk kuliah dan lagi merintis usaha kuliner

Jakarta.go.id : Sejauh mana Avi mengetahui pembangunan MRT di Jakarta?

Avi : Yang pasti MRT (Mass Rapid Transit) itu sarana transportasi yang menggunakan kereta sebagai medianya, menghubungi beberapa stasiun di dalam kota, dan bisa beroperasi di bawah tanah yg kita sebut subway, atau yang relnya terletak di atas tanah atau monorail.

 

Jakarta.go.id : Bagaimana pendapat Avi tentang perkembangan pembangunan MRT di Jakarta?
Avi : Untuk pembangunan MRT di Jakarta sendiri sudah terlihat perkembangannya, saat ini setidaknya masyarakat Jakarta telah dapat melihat model dari kereta yang akan beroperasi nanti, serta telah terkonsep dengan jelas rute-rute yang akan dilewati oleh MRT tersebut. Mudah-mudahan pada tahun 2016 nanti MRT dengan rute Lebak Bulus - Bundaran HI sudah bisa kita rasakan bersama.

 

Jakarta.go.id : Menurut Avi apakah dengan adanya MRT tersebut akan berjalan efektif mengatasi kemacetan?
Avi :  SANGAT! Apalagi kalau ditunjang dengan fasilitas yang memadai dan terawat. Sudah terlihat dari transportasi Busway, sebagian besar masyarakat Jakarta telah berpindah menggunakan transportasi tersebut dikarenakan efektif dan juga lebih efisien di banding menggunakan mobil pribadi

Jakarta.go.id : Apa yang Menarik tentang MRT menurut Avi?
Avi :  Yang menarik? Hmm, MRT punya jalur sendiri, jadi tidak akan mungkin ada kendaraan umum yang bisa memasukinya. Serta jam kedatangan + keberangkatan MRT sudah bisa dipastikan tepat waktu, jadi tidak perlu menunggu lama

Jakarta.go.id : Apa harapan untuk infrastruktur di Jakarta masa depan?
Avi : Kalau di tahun 2016 MRT sudah benar-benar bisa direalisasikan itu akan sangat menolong untuk mengurangi kemacetan di Jakarta, dan alangkah lebih baik lagi apabila pajak mobil dinaikkan, harga bensin dinaikkan (guna untuk menekan kenaikan angka pembelian transportasi pribadi). Dan juga apabila taman hijau di Jakarta di perbanyak, serta pembagunan untuk mall atau apartment akan lebih baik kalau dikurangi atau dihentikan.

Sebagai informasi, untuk koridor tahap I (Lebak Bulus-Bundaran HI) ini diperkirakan membutuhkan biaya sekitar Rp 17 triliun. Kehadiran proyek ini akan diharapkan dapat memberikan rasa optimis kepada warga Jakarta terhadap penyelesaian beban transportasi di ibu kota negara ini. Dengan kapasitas daya angkut sekitar 400 ribu penumpang per hari, kapasitas layanan transportasi publik di Jakarta akan naik tajam saat MRT beroperasi awal 2016 nanti. Proyek ini dibiayai sepenuhnya oleh pemerintah melalui pinjaman luar negeri Jepang, yaitu Japan International Cooperation Agency (JICA) dengan bentuk kerja sama Government to Government dalam bentuk Special Term for Economic Partnership (STEP loan) dengan bunga pinjaman rendah di bawah satu persen.

Demikian tadi wawancara kami dengan Avi salah seorang warga Jakarta, tentu Kita berharap Jakarta akan semakin nyaman dan sejahtera diwaktu-waktu mendatang, sampai jumpa Pada edisi mendatang.

 

Laporan : Bayu


© 1995 - 2014 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map