Jakarta.go.id
  •  •  English
  •  •  Login
  •  •  Signup
  • Balai Warga 3054

    Yusuf:

    Eksplorasi voice media pertama di Indonesia dan kami hadir untuk menjadikan masyarakat Indonesia unt...

    achmad:

    Kepada Yth Ibu Kepala Biro Hukum Pemprov DKI Jakarta di Jakarta. Perihal: Belum di terima Surat dar...

    Nala Jati:

    Hai Pemprov DKI Jakarta, saya hendak menanam satu pohon dihalaman muka rumah yang lahannya sudah say...

    dedi:

    pak gub tlg di sidak sekali2 kelurahan kalibaru kecamatan cilincing,kasie pemerintahan&trantib; seri...

    linda:

    Selamat sore... Mohon informasi bagaimana cara pengurusan pembuatan AKTE KEMATIAN dan persyaratan ap...

  

Acara Penyerahan Beasiswa dan Bantuan Yayasan Beasiswa Jakarta Tahun 2011/2012

Posted: May 01, 2012 Category: Sambutan
 

Assalamualaikum Wr. Wb,

Salam sejahtera bagi kita semua.

Yth.   

-   Ketua Komisi E DPRD Provinsi DKI Jakarta;

-   Ketua Umum Yayasan Beasiswa Jakarta, Dr. H. Margani M Mustar, M.Sc;

-   Para Pejabat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta;

-   Para Kepala Sekolah dan Pimpinan Perguruan Tinggi;

-   Para Siswa/Mahasiswa Penerima Beasiswa;

-   Hadirin yang saya hormati.

Terlebih dahulu, marilah kita persembahkan puji syukur kehadirat Allah SWT,atas limpahan rahmat dan karunia-Nya kita dapat hadir pada“Penyerahan Dana Beasiswa kepada Siswa dan Mahasiswa Berprestasi Tahun 2011/2012,di Hall A Gelanggang Mahasiswa Sumantri Brojonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan.

Saya mengucapkan terimakasih kepada Ketua Umum Yayasan Beasiswa Jakarta beserta jajarannya, yang telah melaksanakan seleksi penetapan siswa dan mahasiswa untuk memperoleh dana beasiswa dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada Tahun Ajaran 2011/2012.

Saudara-saudara yang saya hormati,

       Saya bersyukur, kwalitas pendidikan di DKI Jakarta pada Tahun Ajaran 2010/2011 lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Tingkat Kelulusan Ujian Nasional (UN) di DKI Jakarta pada Tahun Ajaran 2010/2011, untuk tingkat SD mencapai 100%, SMP 99,99%, SMA 99,53%, SMK 99,82% dengan nilai rata-rata UN untuk tingkat SD 7,6, SMP 6,94, SMA 7,89 dan SMK 7,38, serta meningkatnya Angka Partisipasi Kasar. Semua capaian itu membuat Indeks Pembangunan Manusia di DKI tetap bertahan di posisi terbaik di Indonesia, bahkan saat ini UNDP telah memasukkan Jakarta dalam kelompok High Human Developmentsejajar bersama kota Rio De Janeiro, Beijing, Guang Dong, dan Kuala Lumpur.

       Seiring dengan upaya mempertahankan dan meningkatkan kwalitas pendidikan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengalokasikan anggaran beasiswa bagi siswa SMA/Madrasah Aliyah dan SMK serta Perguruan Tinggi yang kurang mampu dan berprestasi.

Beasiswa adalah tunjangan yang diberikan kepada pelajar atau mahasiswa sebagai bantuan biaya belajar agar yang bersangkutan belajar dengan tenang dan sungguh-sungguh untuk menyelesaikan studinya. Di DKI Jakarta, pemberian beasiswa kepada siswa dan mahasiswa yang berprestasi, merupakan kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menggali potensi SDM, dan mendorong masyarakat agar dapat mempertahanan prestasinya di dunia pendidikan.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, pemberian beasiswa kali ini diprioritaskan kepada siswa dan mahasiswa yang berprestasi,  berasal dari keluarga kurang mampu, memiliki prestasi, peraih medali pada event-event  nasional dan internasional, antara lain di bidang olahraga dan pendidikan. Pemberian beasiswa ini juga sebagai penghargaan atas prestasi yang telah disumbangkan penerima beasiswa kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, sehingga meningkatkan citra DKI Jakarta.

Saudara-saudara yang saya hormati,

Menghadapi tantangan global yang semakin berat,kita membutuhkan generasi muda dengan SDM berkwalitasyang siap bersaing, dalam berbagai dimensi kehidupan. Pendidikan  berkwalitas, adalah kata kunci terciptanya  warga dan generasi muda Ibukota yang mandiri, cerdas, berkepribadian, bermartabat, memiliki mental dan karakter bangsa serta rasa percaya diri tinggi, sehingga siap menghadapi tantangan di masa datang.

Hadirin yang saya hormati,

Seperti kita ketahui, alokasi dana pendidikan dari total APBD yang ditetapkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dari tahun ke tahun terus meningkat. Pada Tahun 2012 alokasi tersebut mencapai 28,93% dari total APBD, atau sekitar Rp 9,78 Trilyun.Oleh karena itu, pada Tahun 2012 ini, saya tidak ingin mendengar informasi masih adanya warga DKI Jakarta yang dalam usia sekolah, tetapi tidak bersekolah karena tidak mampu.

Sehubungan dengan itu, kepada Yayasan Beasiswa Jakarta dan SKPD terkait, khususnya Dinas Pendidikan dan Kanwil Kementerian Agama,  saya minta melakukan monitoring yang lebih intensif, dan membantu para siswa dan mahasiswa yang tidak mampu untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi, baik melalui pemberian beasiswa maupun cara lain, seperti subsidi silang di Komite Sekolah.

Perlu saya sampaikan, pada tahun 2013 Insya Allah Wajib Belajar 12 Tahun, akan dilaksanakan di DKI Jakarta.Saat ini dana yang dibutuhkan sedang dikaji, antara lain melalui optimalisasi penggunaan Biaya Operasional Pendidikan (BOP), dan Biaya Operasional Sekolah (BOS).

Hadirin yang saya hormati,

Saya menyambut baik prakarsa Yayasan Beasiswa Jakarta membangun Sistem Jaringan Informasi Beasiswa se-DKI Jakarta. Saya berharap, melalui sistem ini, kebijakan menyalurkan beasiswa yang bersumber dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan pihak masyarakat yang disalurkan melalui BAZIS DKI Jakarta, Dinas Pendidikan dan Yayasan Beasiswa Jakarta  lebih terintegrasi, komprehensif dan meningkatkan kwalitas pelayanannya.

Menyimak dinamika pendidikan dan minat para siswa dan mahasiswa yang ingin memperoleh beasiswa, saya sampaikan pesan-pesan sebagai berikut.

· Kepada Yayasan Beasiswa Jakarta dan SKPD terkait, saya harapkan dapat  mengembangkan jejaring kerjasama yang lebih kuat dengan berbagai pihak, baik instansi pemerintah maupun swasta khususnya yang memiliki kepedulian terhadap bidang pendidikan, khususnya yang memiliki program pemberian beasiswa.

· Kepada siswa dan mahasiswa penerima beasiswa agarmemanfaatkan sebaik-baiknya dana beasiswa yang diterima,sehingga dapat meringankan beban orang tua dan memotivasi semangat dalam meraih prestasi, cita-cita dan masa depan yang lebih cerah.

· Kepada para Kepala Sekolah dan Pimpinan Perguruan Tinggi, agar dapat mengikuti proses dan mekanisme pemberian beasiswa yang ditetapkan Yayasan Beasiswa Jakarta, memonitor perkembangan pendidikan siswa dan mahasiswa yang menerima beasiswa, serta turut mengawasi mekanisme pemberian beasiswa yang diberikan oleh Yayasan Beasiswa Jakarta.

· Kepada PT. Bank DKI saya berharap agar kerjasama dengan Yayasan Beasiswa Jakartaterus ditingkatkan dalam mendistribusikan dana beasiswa kepada penerima beasiswa, dandalam rangka peduli pendidikan, diharapkan PT. Bank DKI dapatbersinergi denganYayasan Beasiswa Jakarta.

· Kepada Kepala Dinas Pendidikan, saya instruksikan untuk menjembatani proses sinkronisasi antara sesama lembaga pemberi beasiswa, khususnya yang menggunakan dana APBD, agar dapat dilaksanakan dalam suatu kerjasama pemberian beasiswa (joint management) yang tepat sasaran, dan menghindari duplikasi penerima beasiswa.

Sebelum menutup sambutan, saya sampaikan kata-kata bijak dari Sastrawan Louis L’ammor (1908-1988), “Sebagian orang mengatakan, kesempatan hanya datang satu kali. Itu tidak benar. Kesempatan itu selalu datang, tetapi Anda harus siap menanggapinya”.

Akhirnya,kepada seluruh pihak yang telah membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan ini saya ucapkan terimakasih.Kepada para siswa dan mahasiswa yang menerima beasiswa pada Tahun Ajaran 2011/2012 saya ucapkan selamat. Saya harapkan dana beasiswa yang diterima, bermanfaat untuk meningkatkan semangat belajar,  prestasi dan meraih cita-cita.

         Semoga Allah SWT, senantiasa memberikan rahmat dan ridho-Nya, dalam upaya kita bersama meningkatkan kwalitas pendidikan,dan menciptakan Sumber Daya Manusia berkwalitas di Ibukota.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Jakarta, 23 FEBRUARI 2012


© 1995 - 2014 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map