Jakarta.go.id
  •  •  English
  •  •  Login
  •  •  Signup
  • Balai Warga 3027

    bambang:

    halo, alamat untuk pelayanan pendaftaran hak cipta dan SNI merk saya http://pengrajinkarpet.com di d...

    Rizki:

    Salam Persatuan Merdeka!, saya mengucakan selamat atas pelantikan Gebenur DKI Jakarta Bapak Basuki "...

    ismail:

    Yth. Pemprov DKI. kenapa pertanyaan saya mengenai syarat pecah PBB tgl 05-11-2014 belum ada tanggapa...

    firman:

    bendungan di jakarta bernama JEMBATAN. ambil contoh lagi di tendean. Jembatan di samping sekolah. be...

    firman:

    Yth Pak Ahok, saya kira ada banjir di kampung pulo dan rawajati disebabkan karena jembatan. Coba per...

  

ACARA PENGUKUHAN PENGURUS LEMBAGA PENGEMBANGAN JASA KONSTRUKSI PROVINSI DKI JAKARTA

Posted: Apr 17, 2012 Category: Sambutan
 

ACARA PENGUKUHAN PENGURUS LEMBAGA PENGEMBANGAN JASA KONSTRUKSI PROVINSI DKI JAKARTA

Assalamu’alaikum Wr. Wb,
Salam sejahtera bagi kita semua.

Yth. -    Menteri Pekerjaan Umum;
       -    Menteri Keuangan;
       -    Menteri Perhubungan;
       -    Menteri Perumahan Rakyat;
       -    Menteri Dalam Negeri;
       -    Menteri BUMN;
       -    Kepala Bappenas;
       -    Ketua Komisi D, DPRD Provinsi DKI Jakarta;
       -    Sekda Provinsi DKI Jakarta beserta jajarannya;
       -    Para Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta;
       -    Ketua Umum Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional;
       -    Para Pengurus LPJKD Provinsi DKI Jakarta;
       -    Ketua Umum KADIN Provinsi DKI Jakarta
       -    Para Ketua Asosiasi Perusahaan;
       -    Para Ketua Asosiasi Profesi;
       -    Para Rektor PerguruanTinggi;
       -    Para Undangan dan hadirin yang berbahagia;    

    
Pertama-tama, marilah kembali kita memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat dan karunia-Nya, sehingga hari ini kita dapat hadir pada acara Pengukuhan Pengurus Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Daerah Provinsi DKI Jakarta Periode 2011-2015.


Atas nama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, saya mengucapkan selamat atas terpilihnya saudara-saudara untuk duduk dalam kepengurusan LPJKD periode 2011-2015, setelah melalui rangkaian proses rekruitmen yang cukup panjang, ketat dan selektif. Harapan saya, semoga di bawah kepemimpinan dan kepengurusan yang baru ini, LPJKD Provinsi DKI Jakarta dapat terus melanjutkan pengabdiannya khususnya dalam pengembangan dan pembinaan sektor jasa konstruksi di Provinsi DKI Jakarta.


Seiring dengan rasa syukur, juga saya ucapkan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang terlibat dalam proses penyelenggaraan rekruitmen dan seleksi pengurus Lembaga Tingkat Daerah ini, karena rangkaian proses ini saya pandang merupakan langkah penting untuk memperoleh individu yang handal, dan kompeten, duduk sebagai pengurus Lembaga yang memiliki integritas dan itikad baik, dan dapat mewakili kelompok unsurnya serta memiliki tanggung jawab moral yang tinggi dalam memajukan jasa konstruksi di Provinsi DKI Jakarta.


Hadirin yang berbahagia,


Membangun bangsa dan negara ini, merupakan tanggung jawab kita bersama. Ini berarti, bahwa daerah  yang maju itu tidak mungkin terwujud, tanpa ikhtiar dan kerja keras dari semua pihak. Salah satu pilar pembangunan ekonomi nasional untuk mewujudkan pertumbuhan dan pemerataan tersebut, adalah pembangunan infrastruktur yang terkait erat dengan  konstruksi. Untuk itu, target pertumbuhan ekonomi yang dicanangkan pemerintah dapat terlaksana, apabila didukung oleh struktur usaha yang kokoh.


Untuk mewujudkan struktur usaha yang kokoh tersebut, dibutuhkan adanya iklim usaha yang sehat dan dilakukan berdasarkan hubungan komplimenter antar pengguna jasa dan penyedia jasa, pemerintah dan swasta secara transparan, jujur, dan tentunya adil.


Saya yakin, di masa datang jasa konstruksi di Provinsi DKI Jakarta akan berkembang pesat ketika Pemerintah dan dunia usaha khususnya penyedia jasa konstruksi saling bahu  membahu sesuai dengan koridor tata kelola organisasi yang baik dan transparan, sesuai dengan peraturan yang berlaku,  sehingga penyedia jasa konstruksi memiliki kemampuan dan kompetensi serta daya saing yang mampu berkiprah memainkankan peranannya baik pada skala lokal, nasional maupun regional.


Hadirin yang berbahagia,


Permasalahan daya saing dalam pasar dunia konstruksi yang semakin terbuka, menjadi isu kunci dan tantangan yang tidak ringan. Tanpa dibekali kemampuan dan keunggulan daya saing yang tinggi niscaya produk suatu daerah tidak akan mampu menembus pasar Nasional, terlebih pasar internasional.


Salah satu elemen penting untuk meningkatkan daya saing di sektor konstruksi agar dapat menjaga eksistensi dan memenangi persaingan usaha yang semakin ketat tersebut, adalah dengan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) konstruksi. SDM konstruksi merupakan salah satu faktor kunci dalam mendukung terwujudnya reformasi ekonomi, yakni bagaimana menciptakan SDM konstruksi yang berkualitas dan mampu bersaing dalam kompetisi global.


Guna menciptakan SDM konstruksi yang berkualitas dan handal, pendidikan dan pelatihan merupakan salah satu kebutuhan yang mendasar.  Oleh karena itu, saya mengajak semua pihak khususnya LPJKD yang memiliki tugas di antaranya, mengembangkan Litbang dan Diklat sesuai amanat UU Jasa Konstruksi, supaya mendukung terwujudnya SDM konstruksi yang terlatih, kompeten, berdaya saing tinggi, dan memiliki orientasi untuk memenuhi pasar domestik dan merespon peluang pasar global.


Hadirin yang berbahagia,


Pada kesempatan ini, saya tegaskan bahwa LPJKD merupakan lembaga mitra pemerintah dalam mengembangkan jasa konstruksi Daerah. Saya berharap agar LPJKD terus konsisten menyuarakan perjuangan untuk mengembangkan jasa konstruksi Daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dengan terbitnya berbagai peraturan dan kebijakan, pesan saya kepada LPJKD ke depan untuk melaksanakan 5 tugas sesuai amanat Undang-Undang Jasa Konstruksi, antara lain:


1.  Lakukan penelitian dan pengembangan jasa konstruksi;
2.  Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan jasa konstruksi;
3. Melakukan registrasi tenaga kerja konstruksi, yang meliputi klasifikasi, kualifikasi dan sertifikasi keterampilan dan keahlian kerja;
4.  Melakukan registrasi badan usaha jasa konstruksi; dan
5.  Mendorong dan meningkatkan peran arbitrase, mediasi, dan penilaian ahli di bidang jasa konstruksi.


Hadirin yang berbahagia,


Demikian pesan dan harapan saya. Kepada seluruh pengurus LPJKD Provinsi DKI Jakarta yang baru saja dikukuhkan, sekali lagi saya ucapkan selamat bekerja,  semoga  pengukuhan ini dapat dijadikan sebagai salah satu momentum bagi pengembangan jasa konstruksi di Provinsi DKI Jakarta di masa yang akan datang.


Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua.


Wassalamuaalaikum Wr. Wb.

Jakarta, 8 Februari 2012


© 1995 - 2014 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map