Jakarta.go.id
  •  •  English
  •  •  Login
  •  •  Signup
  • Balai Warga 2996

    dewi:

    sangat memberatkan persayratan pemasangan baru maupun + daya listrik di jakarta karna IMB samapi 5 j...

    dewi:

    saya sudah tanya pembuatan IMB jakarta pusat kemayoran sebesar diatas 5 juta mohon tinjauannya benar...

    Agus:

    Yth,Admin" mau nanya Keputusan Gubernur No. 1653 Tahun 2010 Tentang : Pemberian Uang Insentif Ope...

    firman:

    Yth dinas perhubungan, kapan dibetulkan jembatan pejaten barat raya, di depan pejaten village yang l...

    firman:

    Yth Dinas PU DKI, tolong segera dikeruk sungai Ciliwung di kampung melayu. Mumpung air sedang surut,...

  

ACARA KONFERENSI ANMC21 BIDANG KESEHATAN

Posted: Apr 17, 2012 Category: Sambutan
 

ACARA KONFERENSI ANMC21 BIDANG KESEHATAN "COUNTERMEASURES TO COMBAT INFECTIOUS DISEASES: ONE HEALTH"


Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua.  

Yth. -    Ketua Delegasi Tokyo;
       -    Dirjen P2PL (Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Kemenkes RI);
       -    Sdri. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta;
       -    Perwakilan dari Negara-negara Sahabat Indonesia;
       -    Para Peserta Konferensi Anggota ANMC21;
       -    Undangan dan hadirin yang saya hormati.

Dalam kesempatan ini, atas nama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta saya mengucapkan selamat datang kepada para peserta konferensi ANMC21 dari Tokyo, Seoul, Hanoi, Taipei, Kualalumpur, Jakarta dalam rangka partisipasi pada Konferensi ANMC21 Bidang Kesehatan dengan tema “Countermeasures to Combat Infectious Diseases: One Health” dari tanggal 31 Oktober s.d. 3 November 2011 di Hotel Borobudur Jakarta.


Suatu kehormatan bagi Jakarta sebagai tuan rumah penyelenggara Konferensi ANMC21 Bidang Kesehatan. Kehadiran kerjasama ANMC21 bidang kesehatan dengan tema “Countermeasures to Combat Infectious Diseases: One Health” sejalan dengan tujuan Millennium Developments Goals (MDGs). Hal ini menunjukkan bahwa kerja sama ANMC21 memiliki peran penting dan strategis dalam upaya pencapaian target MDGs di berbagai kota di Asia.


Para peserta konferensi dan hadirin yang saya hormati,


Di era globalisasi, mobilitas barang dan manusia serta kemajuan teknologi berkembang semakin dinamis dan inovatif, bahkan telah menghilangkan batas-batas negara (borderless nation). Masyarakat dunia menjadi mega komunitas, bersama-sama bergerak menuju tingkat kesejahteraan yang semakin baik.


Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan penduduk dunia disepakati melalui dokumen Millennium Development Goals (MDGs) yang menyelaraskan arah pembangunan pada masing-masing negara/kota. Dalam bidang kesehatan, butir-butir tujuan MDGs menunjukkan tantangan masalah terbesar dalam kesehatan yang masih dihadapi hingga saat ini, adalah pengendalian penyakit menular.


Tingginya mobilitas penduduk dunia memberikan peluang dan tantangan bagi pelayanan kesehatan, terutama peluang untuk memperoleh akses kesehatan yang merata dan berkualitas, juga sebaliknya membuka tantangan semakin mudah dan cepatnya penyebaran penyakit menular.


Untuk menjawab peluang dan tantangan tersebut saat ini maupun masa mendatang, dibutuhkan pendekatan yang strategis dengan memperkuat jejaring kerjasama dan sistem teknologi informasi. Dengan kehadiran kerjasama ANMC21, khususnya bidang kesehatan yang memfokuskan pada pencegahan penyakit menular, dinilai memiliki peran tepat dan strategis dalam upaya pencapaian target MDGs di berbagai kota di Asia.   


Hadirin sekalian,


Asian Network of Major Cities 21 (ANMC21) merupakan jejaring kerja sama antar ibukota dan kota besar Negara-negara di Asia yang telah berdiri  sejak tahun 2000 dan menjadi pendorong bagi kemajuan pembangunan di wilayah Asia. Oleh karenanya Pemprov DKI Jakarta memanfaatkan kerjasama tersebut dalam berbagi informasi dan pengalaman pada berbagai sektor, tidak hanya kesehatan, tetapi juga di bidang penanganan krisis, lingkungan hidup, transportasi dan industri serta bidang potensial lainnya.  


Salah satu kegiatan bersama (joint project) ANMC21 adalah melakukan joint research di bidang penanggulangan tuberculosis. Pemprov DKI Jakarta mengangkat permasalahan tuberculosis yang menitikberatkan pada upaya penanggulangan di kelompok masyarakat miskin. Alasan penyakit tuberculosis diangkat dalam joint project ANMC21 karena penyakit tersebut hingga saat ini masih menjadi masalah kesehatan yang menimbulkan dampak kerugian ekonomi dan menurunkan produktifitas penduduk di kota-kota besar.


Saya berharap output kegiatan ini, adalah untuk memperoleh informasi terkini tentang penyakit-penyakit menular dan program pengendalian penyakit di kota-kota anggota ANMC21. Dan dalam jangka menengah dan panjang, diharapkan kegiatan ini akan memberikan dampak menurunnya angka kesakitan dan kematian akibat penyakit menular dan meningkatnya indeks pembangunan manusia di DKI Jakarta.


Akhirnya, atas nama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Konferensi ANMC21 “Countermeasures to Combat Infectious Diseases: One Health” secara resmi saya buka.  Kepada para peserta Konferensi ANMC21 saya ucapkan selamat mengikuti dan semoga joint project ANMC21 bidang kesehatan berlangsung sukses dan memperoleh hasil yang diharapkan.


Terima kasih.

Jakarta, 1 November 2011
 


© 1995 - 2014 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map