Jakarta.go.id
  •  •  English
  •  •  Login
  •  •  Signup
  • Balai Warga 3034

    QuamillaRaverla:

    mau tanya dong.. pergub jakarta tentang kenaikan tarif angkutan sudah ada di publish belum ya? teri...

    tedi:

    info ke pada pemda jakarta timur.....di jakarta timur khusus nya di klinik kecamatan Ciracas masih b...

    mochammad:

    Yth Bapak Ahok saya ingin meminta jawaban tentang pengaduan saya ke gubernur dengan nomor agenda 004...

    ancha:

    yth Bp Ahok , saya merupakan pemilik tanah dilokasi waduk Marunda Jakut yg saat ini sedang proses pe...

    Lambok:

    Yth, Pak Gubernur, Mohon informasi perihal pengadaan penyediaan jasa pembersih/pemungut sampah di da...

  

13 Daerah Ikuti Pelatihan di Pusdiklat Damkar & PB DKI

Posted: Mar 07, 2012 Category: Jakarta Kini
 

Pusdiklat Damkar & PB DKISebanyak 30 peserta yang mewakili 13 daerah di Indonesia mengikuti Program Diklat Inspektur Kebakaran Tingkat I Program 200 Jam Pelajaran di Pusdiklat Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar dan PB) DKI Jakarta di Ciracas, Jakarta Timur.

Kepala Dinas Damkar dan PB DKI Jakarta, Paimin Napitupulu mengatakan, diklat kali ini bertujuan memberikan pengetahuan dan kecakapan serta keterampilan teknis operasional pemadam kebakaran dan penanggulangan bencana. “Pelatihan ini untuk meningkatkan kualitas petugas Damkar dan PB dari berbagai  daerah  dalam hal kemampuan keterampilan pemadaman kebakaran dan penanggulangan bencana serta penyelamatan jiwa dan harta benda," ujar Paimin, usai membuka diklat tersebut, Selasa (6/3).

Dikatakan Paimin, para peserta diklat ini berasal dari petugas pemadam kebakaran DKI Jakarta, Kabupaten Badung (Bali), Kota Pekanbaru, Batam, Kota Bukittinggi (Sumatera Barat), Kota Sumbawa (Nusa Tenggara Barat), Kabupaten Batanghari (Jambi), Kota Kupang (Nusa Tenggara Timur), Kota Jambi, Kota Mataram, Kabupaten Nunukan (Kalimantan Timur) dan Kabupaten Karawang (Jakarta Barat) serta PKTN Batan Serpong.

Adapun materi yang diberikan kepada peserta yakni, kesamaptaan, tutorial pimpinan, dinamika kelompok, sistem pemadaman otomatis, pengetahuan hidran kebakaran, sistem tanda bahaya kebakaran, pengetahuan alat pemadam ringan (apar) dan beroda, prosedur pemeriksaan dan pengisian cek list, serta sistem pemercik otomatis.

Dalam kesempatan itu, Dinas Damkar dan PB DKI juga melakukan pelepasan terhadap lima  personil pemadam kebakaran kota Tokyo atau Tokyo Fire Departement yang telah memberikan pelatihan kepada personel Dinas Damkar PB DKI selama sebulan di Pusdiklat Damkar dan PB DKI Jakarta di Ciracas, Jakarta Timur.

Lima instruktur dari Jepang yang terlibat dalam pelatihan ini adalah, Ozaki Jun, Shimoyama Masatoshi, Shinada Hirofumi, Matsuda Kouchirou dan Ikeda Yasunori.

Instruktur asal Jepang itu mengaku memperoleh banyak pengalaman berharga selama bertugas di Jakarta. “Yang pasti disiplin anggota Damkar dan PB DKI makin meningkat setelah mengikuti pelatihan. Mereka juga bertambah mahir dalam hal penyelematan jiwa manusia saat bencana,” kata Shimoyama Masatoshi.

 

Reporter : erik

Sumber : beritajakarta.com


© 1995 - 2014 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map