Jakarta.go.id
  •  •  English
  •  •  Login
  •  •  Signup
  • Balai Warga 2941

    Agus:

    Situs yang beralamatkan sosialisasirdtrdkijakarta.com, agar masyarakat luar bisa mendapatkan informa...

    imam:

    mohon info nya, untuk pendaftaran cpns tahun ini, apakah hanya bisa daftar di panselnas.menpan.go.id...

    Agus:

    Yth Humas DKI Jakarta, Mohon bantuannya untuk memberikan downloadan Peraturan Daerah (Perda) nomor 1...

    Anafiatul:

    salam.. CPNS DKI kpn ya dibuka pendaftarannya.......?? terimakasih...

    maharani:

    Mohon maaf apabila terdapat ketidaknyamanan atas sisipan komentar untuk mengisi kuesioner penelitian...

  

Personil Damkar DKI & Tokyo Gelar Latihan Bersama

Posted: Feb 18, 2012 Category: Jakarta Kini
 

Personil Damkar DKI & Tokyo Gelar Latihan BersamaUntuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), khususnya dalam penanggulangan bencana kebakaran, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar dan PB) DKI Jakarta menggelar latihan bersama dengan personil pemadam kebakaran kota Tokyo atau Tokyo Fire Departement. Pendidikan dan pelatihan tersebut berlangsung di Pusdiklat Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI Jakarta di Ciracas, Jakarta Timur pada 5-14 Februari.

Kepala Dinas Damkar dan PB DKI Jakarta, Paimin Napitupulu mengatakan, pelatihan itu melibatkan sebanyak 30 petugas dari Dinas Damkar dan PB DKI Jakarta serta Tokyo Fire Departement. Selama pelatihan, para peserta mendapatkan beragam pelajaran keahlian penanggulangan bencana selama 200 jam. Lima instruktur dari Jepang yang terlibat dalam pelatihan ini adalah, Ozaki Jun, Shimoyama Masatoshi, Shinada Hirofumi, Matsuda Kouchirou dan Ikeda Yasunori.

"Pelatihan ini untuk meningkatkan kualitas SDM petugas Damkar dan PB DKI dalam hal kemampuan keterampilan pemadaman kebakaran dan bencana serta penyelamatan jiwa dan harta benda," ujar Paimin, Kamis (16/2).

Usai mengikuti pelatihan ini, Paimin berharap, para peserta dapat lebih terampil dan efisien saat melaksanakan tugas-tugasnya menanggulangi bencana dan kebakaran dengan baik. "Yang paling pokok adalah, mempererat kerja sama yang baik antara Indonesia dan Jepang," katanya.

Materi yang diberikan dalam pelatihan ini antara lain, kesamaptaan, tutorial pimpinan, dinamika kelompok, krisis mental dan disiplin, keselamatan petugas, rescue berbeda ketinggian, pedoman pencarian, serta menyelamatkan dan menstabilkan korban.

Sebelumnya, dua petugas Dinas Damkar dan PB DKI yakni, Muhtasor dan Heru lebih dulu menempuh pendidikan pelatihan penanggulangan kebakaran di Jepang selama dua pekan. "Setelah lulus, keduanya saat ini ikut menularkan ilmu yang diperolehnya kepada rekan-rekannya yang lain," tandas Paimin.
 



Reporter: erik  | Editor: erik

Sumber  : beritajakarta.com


© 1995 - 2014 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map