Jakarta.go.id
  •  •  English
  •  •  Login
  •  •  Signup
  • Balai Warga 2921

    Hamdi:

    Lapor !!! Kondisi besi penyanggah saluran air di fly over Cawang, Jakarta Timur sangat mengkuatirkan...

    Eddy:

    Dear Pemprov Jakarta. Kami telah memproduksi jus untuk ternak di Gunung Sitoli, Nias dengan bahan da...

    Hary:

    Meminta Lahan Parkir Park And Ride di stasiun dengan tarif yang wajar bukan dengan hitungan perjam k...

    Ali:

    Terima Kasih untuk informasi yang diberikan, saya sebagai Warga Jelambar melihat ada proyek pembangu...

    Lady:

    meresahkan masyarakat, saya harapkan bisa menuangkannya dengan segera disini. Saya harapkan perhatia...

  

2.083 Pelajar Ikuti Kejuaraan Pencak Silat

Posted: Feb 27, 2012 Category: Jakarta Kini
 

kejauaran_silat-pelajarSebanyak 2.083 pelajar SMP/Madrasah Tsanawiyah SMA/SMK se-Jakarta mengikuti kejuaraan pencak silat yang digelar Dinas Pendidikan DKI Jakarta, di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Kejuaraan yang memperebutkan 2.015 nomor pertandingan ini berlangsung mulai Senin (27/2) hingga Sabtu (3/3) mendatang. Kejuaraan ini dibuka langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo.

Fauzi Bowo mengatakan, seni beladiri pencak silat, merupakan salah satu warisan budaya bangsa. Oleh karenanya, agar tidak punah harus terus dilestarikan. Salah satunya kejuaraan pencak silat antar pelajar se-DKI Jakarta seperti yang dihelat hari ini.

"Pemprov DKI sangat mendukung kesukseskan kejuaraan pencak silat antar pelajar. Sebab kejuaraan ini mempunyai nilai strategis sebagaimana telah tercantum dalam tema kejuaraan kali ini, yakni pencak silat merupakan wahana dalam menciptakan peserta didik dan generasi Indonesia yang berkarakter, sportif, dan ksatria," ujar Fauzi Bowo, Senin (27/2).

Gubernur menyebutkan, pencak silat bagi masyarakat etnis Betawi adalah sarana efektif untuk membangun jiwa yang kuat dan mental tangguh. Karena itu, ia meminta pada para pesilat dari kalangan pelajar ini untuk tidak pantang menyerah dalam bertanding. Mereka juga harus meningkatkan perjuangan, mengembangkan kemampuan seni beladiri dan menghargai lawan-lawannya, dengan cara menjunjung tinggi sportivitas.

"Saya gembira bahwa kejuaraan pencak silat terus berlanjut. Dulu saya juga pernah memimpin IPSI di DKI. Saat ini pembinaan pencak silat sangat luar biasa. Tentunya saya berharap agar warisan budaya ini terus dilestrikan. Perlu ada pelatihan secara kontiniu, seperti kegiatan lomba antar pelajar ini. Selanjutnya saya berharap, para pelajar di DKI dapat mengikuti kejuaraan pekan olahraga nasional (PON), pekan olahraga pelajar nasional (Popnas), dan pekan olahraga wilayah (Popwil) dan menjadi juara umum," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taufik Yudi Mulyanto, mengatakan, kejuaraan pencak silat ini diikuti 2.083 pelajar, terdiri dari 1.250 pelajar SMP/sederajat dan 833 pelajar SMA/sederajat. Mereka berasal dari 328 sekolah di DKI.

"Kejuaraan ini untuk pembinaan dan pengembangan lebih lanjut dari kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Selain itu, untuk menggali dan menyalurkan bakat dan minat siswa dalam seni beladiri. Kemudian untuk melestarikan nilai-nilai karakter bangsa melalui seni beladiri pencak silat. Kegiatan ini juga untuk menyiapkan calon atlet di ajang Popwil tahun 2012," kata Taufik Yudi.

 

Reporter : nurito 
Sumber  : beritajakarta.com


© 1995 - 2014 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map