Jakarta.go.id
  •  •  English
  •  •  Login
  •  •  Signup
  • Balai Warga 2977

    mandala:

    kpd, humas pemda dki. dimana saya dapat men-download DPA APBD 2014, kel gunung sahari utara? yg ter...

    Lie:

    Sore Pak, saya ingin bertanya, apakah diperlukan permintaan PM1 dan PM2 sebagai persyaratan perijina...

    Nendra:

    Selamat pagi Humas DKI Jakarta. Saya ingin melaporkan tentang kemacetan yang sering terjadi di perem...

    hendriko:

    ass.... humas DKI jakarta..untuk surat surat lainnya sudah lengkap hanya terkendala pada akte cerai ...

    hendriko:

    ass.... humas DKI jakarta.. saya ingin membuat kk baru atau pisah kk dari mantan istri saya, tp saya...

  

PD Pasar Jaya Diharapkan Menjadi Raksasa Ritel

Posted: Jan 22, 2012 Category: Jakarta Kini
 

pd_pasar_jaya_ancolDi tengah serbuan keberadaan pasar modern di ibu kota, kontribusi PD Pasar Jaya selaku pengelola pasar tradisional di Jakarta hingga saat ini masih terbatas. Alhasil, PD Pasar Jaya pun belum mampu menyaingi para pengusaha ritel di Jakarta. Untuk itu, Pemprov DKI Jakarta berharap, dalam lima tahun ke depan, PD Pasar Jaya diharapkan menjadi raksasa ritel di ibu kota.

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo mengatakan, perjalanan 45 tahun PD Pasar Jaya selama saat ini masih terbentur peraturan. Karenanya, dalam waktu lima tahun ke depan, Pemprov DKI bertekad menjadikan PD Pasar Jaya sebagai raksasa ritel terbesar sehingga kesejahteraan para pedagang pun terjamin.

"Aturannya akan kita ubah dan lebih mengembangkan asetnya. Ini tekat saya, menjadikan PD Pasar Jaya menjadi raksasa ritel pada tahun 2017," ujar Fauzi Bowo, Gubernur DKI Jakarta, saat menghadiri HUT ke-45 PD Pasar Jaya di Pasar Festival Ancol, Minggu (22/1).

Dikatakan Fauzi, aset PD Pasar Jaya terdapat di mana-mana dengan jumlah aset mencapai Rp 2 triliun. Namun, karena banyak terkendala aturan, membuat PD Pasar Jaya terlihat belum berkontribusi secara maksimal. "Saya yakin kalau ditekuni dan bekerjakeras, lima tahun ke depan PD Pasar Jaya akan menjadi raksasa ritel," kata Fauzi.

Fauzi juga mengungkapkan, semua punya hak untuk tumbuh dan berkembang yang sama di Jakarta. Namun, PD Pasar Jaya yang memiliki aset besar belum mampu bersaing dengan para pengusaha ritel dan lainnya. Tentunya, ini merupakan tantangan untuk mengubah PD Pasar Jaya agar dapat bersaing dan menjadi pemain utama. "Saya kira siapapun yang memimpin Jakarta tentu akan memanfaatkan aset ini dan menjadikan PD Pasar Jaya ritel utama di Jakarta," tegasnya,

Pada kesempatan itu, Fauzi juga meresmikan 14 pasar yang telah selesai dibangun sejak tahun 2009, 2010 dan 2011 dan menandatangani prasasti yang terdiri dari 12 pasar peremajaan dan 2 pasar revitalisasi. Ke-14 pasar itu, diantaranya Pasar Melawai Blok M Square, Pasar Lenteng Agung, Pasar Cidodol, Pasar Pejagalan, Pasar Tomang Barat, Pasar Kedoya, Pasar Joharbaru, Pasar Perniagaan, Pasar Jambul Baru, Pasar Cipinang Muara, Pasar Cipinang Besar, Pasar Ciracas, Pasar Pademangan Barat, dan Pasar Palmeriam.

Dirut PD Pasar Jaya, Djangga Lubis menuturkan, persaingan antara pasar tradisional dengan pasar modern semakin ketat. PD Pasar Jaya pun berkomitmen untuk dapat terus bersaing dengan keberadaan pasar modern. "Kami memiliki keunggulan dibandingkan pasar modern. Pasar tradisional bisa tawar menawar dengan pedagang, dan barang dagangannya lebih fresh. Sedangkan, pasar modern tidak bisa ditawar," tuturnya.

Pada kesempatan ini, selain meresmikan 14 pasar tradisional, PD Pasar Jaya juga turut memberikan santunan kepada 1.000 anak yatim yang berada di sekitar pasar.

Asisten Manager Divisi Humas PD Pasar Jaya, Yohanes Daramonsidi menambahkan, saat ini, PD Pasar Jaya mengelola sebanyak 153 pasar di DKI Jakarta. Pada tahun 2009 telah diinventarisasi sebanyak 97 pasar yang kondisinya rusak. Namun, sejak tahun 2009 hingga 2011 sudah 26 pasar tradisional yang telah direnovasi, dan sisanya 71 pasar tradisional belum direnovasi.

Diharapkan pada tahun 2012 pasar yang direnovasi tersebut akan selesai pada tahun 2014. "Perbaikannya bermacam-macam ada yang perbaikan kecil, sedang, besar dan renovasi total. Kami berkomitmen akan menyaingi pasar modern," tandasnya.

 

Reporter : al furqon

Sumber : Beritajakarta.com


© 1995 - 2014 Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 8-9 Blok F Lt 1 Telp: (+6221)3822255 Fax: (+6221)3822255 email: dki@jakarta.go.id | site map